10 Best Netbook

best-netbook-2008-11a.jpg

Apakah anda bingung untuk memilih berbagai netbook dengan semakin banyaknya netbook yang beredar di pasaran? Apakah anda juga bingung akan membeli sekarang atau menunggu sampai netbook yang anda dambakan hadir di pasaran? Mungkin anda bingung apakah Eee PC 701 atau 900, mungkin juga netbook lain yang menjadi saingan keduanya yang menurut anda lebih hebat.

Apabila anda saat ini masih benar-benar bingung untuk memilih netbook mana yang paling bagus secara keseluruhan, jangan khawatir lagi, karena beberapa waktu lalu situs resmi Crave telah mencoba untuk membandingkan berbagai netbook dari kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Persaingan terjadi antara Eee PC 700, 1000 dan S101, MSI Wind, Acer Aspire One, dan masih banyak lagi. Siapakah yang akan tampil di urutan teratas menjadi netbook terbaik tahun 2008? Berikut ulasannya

 

 

best-netbook-2008-1.jpg

10. Apricot Picobook Pro

Sebagian dari anda mungkin terlalu muda untuk mengingat sepak terjang produsen teknologi ini, Apricot mulai mengembangkan sayapnya sudah sejak beberapa dekade lalu, tepatnya tahun 1980. Dan kini brand ini kembali datang dengan sebuah misi yang mereka emban, yaitu tumbuh di ladang-ladang yang subur, dan ladang yang mereka pilih kali ini adalah pasar netbook.

 The good

Display-nya cukup nyaman dengan diusungnya resolusi 1024×600 dalam bingkai layar 8.9inch. Sangat bersahabat untuk beraneka halaman web. Memiliki 802.11a/b/g Wi-Fi, Bluetooth, dan yang cukup menarik untuk ukuran sebuah netbook adalah hardisk-nya yang berukuran 60GB. Laptop ini juga sangat mudah dibawa-bawa dengan beratnya yang hanya 1kg. Baterainya juga diatas rata-rata dengan menggunakan 4,400mAh battery.

 The bad

Darimana kita harus memulai?Picobook menggunakan processor yang jika saya sebutkan anda pasti langsung berniat untuk tidak membelinya, Picobook menggunakan VIA C7-M, bahkan kabarnya dengan kapasitas 1,2GHz…

Apakah layak beli?

Tidak

 

 

best-netbook-2008-2.jpg

9. Asus Eee PC 700/701

Di nomor 9 kami hadirkan salah satu pencetus revolusi laptop ke bentuk yang lebih mungil, Asus Eee PC 700/701. Tidak bisa dipungkiri berkat deretan varian Asus dengan Eee PC-nya, netbook menjadi bahan pembicaraan paling santer di kalangan PC gadget tahun ini.

The good

Eee PC 700 dapat dikategorikan sebagai netbook paling kecil diantara yang lain, namun tidak untuk kualitasnya yang terbilang lumayan. Dibekali dengan 900MHz Intel Pentium M CPU dan 512MB RAM (1GB pada 701) yang sudah mampu menjalankan Windows XP dan Linux dengan lancar. Kamera 0.3 MP-nya juga dapat anda gunakan untuk membuat foto diri sendiri dan video chat dengan kerabat anda. Tidak hanya itu, untuk urusan harga, Asus Eee PC 700 ini cukup terjangkau. 

The bad

Layarnya yang hanya 7inch memang cukup memudahkan saat mobilitas tinggi, namun akan menjadi sangat mengganggu ketika kita memakainya terlalu lama. Dan sebagian besar halaman web pun kadang tidak fit untuk layarnya yang kelewat imut. Dan tentunya itu juga akan berpengaruh pada ukuran keyboard yang juga kecil. Satu lagi yang cukup menghambat adalah kapasitas SSD-nya yang hanya 2GB dan 4GB untuk seri 701.

Apakah layak beli?

Netbook-netbook yang keluar belakangan ini menjadikan Eee PC 700/701 terlihat tidak menarik lagi, namun dikarenakan harganya yang terbilang sangat murah, seri ini mungkin cocok untuk anda yang mencari netbook murah untuk second laptop sebagai teman browsing dan menonton film di tempat tidur atau di jalan.

 

 

best-netbook-2008-3.jpg

8. Dell Inspiron Mini 9

Michael Dell dari produsen netbook ini sempat berargumen jika dirinya dan perusahaannya tidak akan terlalu serius menanggapi tren netbook akhir-akhir ini. Namun dapat kita lihat pada kenyataannya Dell sudah resmi meluncurkan tiga netbook yang penetrasinya cukup hebat di pasaran netbook tahun ini.

The good

Mini 9 menggunakan layar 8.9inch yang tentunya lebih baik dari Eee PC 700. Salah satu yang terbaik dari netbook ini adalah built-in HSDPA modem yang dapat anda gunakan hanya dengan kartu SIM card 3G anda, dan koneksi internet sudah ada di netbook anda. Mini 9 juga menggunakan Intel Atom N270 1.6GHz CPU dan 1GB RAM yang sudah pasti lebih baik dari dua netbook di peringkat sebelumnya. Anda juga dapat memilih untuk memakai Ubuntu atau Windows XP. Baterainya juga bisa diandalkan untuk berpergian.

The bad

Walaupun layarnya jauh lebih baik dibanding dengan Eee PC 700, namun tidak untuk keyboardnya, karena keyboardnya ternyata juga tidak begitu nyaman dibanding netbook lain dengan ukuran layar yang sama. Produk Dell yang lain memungkinkan kita untuk melakukan konfigurasi pada spesifikasi dasarnya, namun tidak untuk Mini 9. Mungkin Mini 9 bisa berada di peringkat yang lebih baik apabila netbook ini mengijinkan kita untuk melepas dan mengganti 16GB SSD-nya dan 4-cell baterainya.

Apakah layak beli?

Mini 9 merupakan netbook yang nyaman untuk dibawa kemana saja, terlebih lagi akses 3G-nya dimanfaatkan.

 

 

best-netbook-2008-4.jpg

7. Eee PC 901

Peringkat 7 jatuh pada saudara dekat Eee PC 700, yaitu Eee PC 901. Berbagai kendala yang ada pada saudara tuanya, seri 700, segera diselesaikan oleh Asus dengan meluncurkan seri 901 ini. Misi lainnya yaitu menjaga Eee PC tetap berada di tingkat teratas pada silsilah rantai makanan di populasi netbook. 

The good

901 membawa pengganti yang sepadan dan lebih powerful dari 900MHz Intel Pentium M yang digunakan pada seri 700, yaitu 1.6GHz Intel Atom CPU dan 1GB RAM pada sistemnya. Dan terbukti bahwa Intel Atom yang dibawanya menghadirkan performa yang lebih cepat dan penghematan tenaga yang lebih baik. Dan setelah di test dengan 6-cell baterai, 901 dapat bertahan hingga 4,5 jam, dan netbook lain di kelasnya tertinggal 1 jam lebih cepat dibanding seri ini.

The bad

Keseluruhan 901 tidak berbeda jauh dengan seri 900. Menggunakan layar 8.9 inch dan keyboard yang ternyata masih kurang nyaman untuk aktifitas mengetik yang terlalu lama. 

Apakah layak beli?

Apabila anda mencari netbook dengan harga terjangkau dan baterai yang tahan lama, juga penggunaan anda bukan untuk aktifitas mengetik yang lama, Eee PC 901 lah pemenangnya.

 

 

best-netbook-2008-5.jpg

6. HP Mini 1000

Mungkin sebagian konsumen laptop akan memandang sebelah mata apabila mendengar HP Mini 1000, dikarenakan HP yang waktu lalu telah meluncurkan 2133 Mini Note dapat dibilang gagal menembus jajaran netbook idola. Namun hal itu menjadi pelajaran yang sangat berarti bagi HP. Dan kali ini HP memberikan yang terbaik dari mereka dalam wujud sebuah Mini 1000.

The good

Secara garis besar tampilan Mini 1000 tidak ada yang kurang sedikitpun dibanding para pesaingnya. Kali ini HP membalut netbooknya dengan lapisan plastik berbalut metal. Dan satu hal penting bahwa kini beratnya hanya 1,1 Kg, tidak seperti pendahulunyadengan berat 1,3 Kg. Dan yang tidak kalah penting kesalahan fatal pada 2133 Mini Note sudah diperbaiki dengan memberikan Intel Atom N270 pada prosesornya. Jadi dengan mudah dapat diketahui performanya sudah sangat jauh lebih baik dibanding pendahulunya.

The bad

Ada beberapa segi yang kurang kami sukai dari Mini 1000, misalnya saja pada port outputnya, mengapa tidak ada output untuk external monitor? Juga untuk port lainnya seperti USB, headphone, dan mic kami rasa akan banyak bermasalah bagi sebagian besar pengguna. Dan satu lagi, mengapa harga yang tercantum begitu mahal?

Apakah layak beli?

Kita tinggal menunggu dan menyaksikan apakah varian dari HP Mini 1000 cukup ampuh untuk menembus pasaran netbook saat ini. Memang soal ketahanan baterai dapat diandalkan, namun anda harus siap untuk tidak memakai monitor eksternal maupun proyektor untuk netbook ini.

 

 

best-netbook-2008-6.jpg

5. Samsung NC10

Samsung seperti hal nya Dell yang sempat berujar tidak akan terlalu menanggapi tren netbook yang sedang panas-panasnya saat itu. Namun dapat ditebak, beberapa minggu setelah pernyataan tersebut, pihak Samsung dengan bangga mempersembahkan Samsung NC10.

The good

Samsung membekali NC10-nya dengan spesifikasi yang standar dipakai kebanyakan netbook di kelasnya (1.6GHz Atom, 1GB RAM), salah satu keunggulan NC10 adalah kapasitas hardrive yang cukup besar, 160GB. Keunggulan lainnya adalah integrated HSDPA modem yang akan memudahkan koneksi internet saat berpergian. Bukan hanya itu, menurut kami keyboard NC10 merupakan salah satu keyboard terbaik yang pernah dimiliki netbook hingga saat ini. Juga teknologi “Silver Nano” antibacterial yang melapisinya dapat meminimalisir kontaminasi kotoran. Tak ketinggalan juga ketahanan baterai-nya yang dijanjikan dapat bertahan hingga 8 jam.

The bad

Trackpad mousenya kecil, sehingga sedikit menyusahkan dalam pengandalian kursornya.

Apakah layak beli?

Kami tidak bisa memberikan alasan untuk kenapa tidak. Keyboard-nya adalah yang terbaik dikelasnya, dan integrated 3G yang dimilikinya sangat fungsional. Keunggulan sebenarnya lebih dari apa yang kami ceritakan.

 

 

best-netbook-2008-7.jpg

4. Acer Aspire One

Acer menggebrak dengan berada di posisi 4 dalam list ini. Aspire One sangat berpotensialuntuk terus mengusik keberadaan Eee PC dan variannya sampai saat ini. Baik dari kemampuan maupun harganya, Aspire One terhitung sangat agresif dan pantas berada di posisi atas netbook terbaik sepanjang tahun ini.

The good

Beberapa faktor yang paling kita sorot dan acungi jempol adalah 1.6GHz Intel Atom CPU, up to 1.5GB RAM, non-glossy 8.9-inch WSVGA screen yang memungkinkan netbook ini untuk dipakai diluar ruangan, keyboard yang sangat nyaman, ditambah optional HDSPA/3G module yang dapat ditanamkan ke mesin, dan juga storage SSD berkapasitas 8GB yang dapat diupgrade hingga 80GB.

The bad

Sebenarnya Aspire One dapat dengan mudah menduduki posisi netbook terbaik tahun ini, andai saja Acer membenahi trackpad-nya yang kurang user friendly. Dan satu lagi nilai minusnya adalah baterai bawaan Aspire One yang hanya berkapasitas 2200mAh.

Apakah layak beli?

Ya, karena harganya yang begitu terjangkau, dan anda bisa mengganti baterai bawaan Aspire One dengan baterai 6-cell.

 

 

best-netbook-2008-8.jpg

3. Asus Eee PC 1000

Saat pertama kali diluncurkan, Eee PC 1000 terlihat begitu besar untuk ukuran netbook pada umumnya, sehingga banyak menimbulkan pertanyaan apakah ini benar-benar netbook atau notebook. Namun terlepas dari itu, Asus telah memberikan label Eee PC pada seri 1000 ini.

The good

Layar 10.2inch dengan resolusi 1024×600 yang sangat nyaman untuk mata. Keyboard yang cukup lebar dan luas (92% dari ukuran full laptop keyboard) menjadi momok bagi pendahulunya seri 700 dan 900, ada persaingan keluarga nampaknya. Performa utamanya ada pada 1.6GHz Intel Atom CPU dan up to 2GB RAM, menjadikan seri 1000 ini netbook paling powerful dikelasnya.

The bad

Tentu saja ukurannya yang besar sedikit mengganggu mobilitas dibanding seri 700 dan 900 yang lebih mungil. Beratnya juga melebihi rata-rata berat netbook, yaitu sekitar 1,33 Kg. Tidak adanya integrated 3G seperti pesaing lainnya, MSI, Dell, dan Acer yang sudah membekali netbook-netbook mereka dengan fitur tersebut.

Apakah layak beli?

Sebenarnya seri 1000 ini sudah agak melenceng dari harapan sebuah Eee PC dengan harga yang ringan dan ukuran yang kecil. Namun apabila anda tidak terlalu mementingkan hal itu, seri 1000 sudah siap untuk anda beli.

 

 

best-netbook-2008-9.jpg

2. MSI Wind U120

Kami sejujurnya sudah jatuh cinta dengan Wind U120, dan kami bersedia menjadi tim promosi netbook ini. Bukan apa-apa, karena kami pastikan di Januari tahun depan saat netbook ini resmi diluncurkan, anda akan membawa pulang satu.

The good

Wind U120 memiliki tampilan yang lebih menawan dari pendahulunya, Wind U110. Walaupun sekilas mempunyai fitur yang sama seperti 10.2-inch display, Windows XP, 1.6GHz N270 Intel Atom CPU dan hard drives up to 160GB. Dan untuk baterai cukup tahan lama.

The bad

Sampai sekarang kami belum menemukan kelemahan berarti. Mungkin trackpad-nya yang bagi sebagian konsumen akan terasa kecil. Satu lagi mungkin 160GB hardrive-nya dapat mengalami masalah apabila terjatuh atau terbanting karena belum memakai SSD, namun bukan masalah berarti karena resiko ini jarang terjadi.

Apakah layak beli?

Beli satu, bila harganya tidak mahal bahkan bisa disebut murah, maka netbook ini akan menjadi saingan berat Eee PC.

 

 

best-netbook-2008-10.jpg

1. Eee PC S101

Saat kami mendengar Asus meluncurkan netbook ini, kami beranggapan akan terjadi kegagalan besar yang dilakukan oleh Asus. Bukan hanya karena harganya yang terbilang mahal, tapi juga netbook ini sengaja didesain untuk konsumen kelas businessman. Namun angapan kami berputar sejauh-jauhnya saat kami melihat lebih dekat netbook ini kami memastikan bahwa Eee PC S101 adalah netbook terbaik di planet ini.

The good

S101 merupakan netbook paling atraktif di pasaran, tanpa perkecualian. Coklat memang bukan warna yang paling sexy, namun Asus memadukan elemen-elemen yang terkandung dalam warna coklat, dan menjadikan coklat sangat sexy untuk sebuah netbook. Belum lagi Swarovski crystals pada setiap ujung hinges (engsel) –nya. Dan sekali lagi Asus berhasil merubah citra sebuah netbook menjadi se-elegan ini. Begitu tipis dan begitu ringan, benar-benar implementasi dari Eee PC seri elegan.

The bad

Mungkin belum adanya integrated HSDPA, sepertinya bukan masalah berarti. Baterainya yang tahan pada catatan waktu 3 jam 23 menit, sebenarnya sudah cukup memadai untuk ukuran sebuah netbook.

Apakah layak beli?

Jika anda punya uang, harus beli. S101 sangat indah, user friendly, ringan, dan tentunya semua orang akan mengingat anda karena anda pernah punya netbook ini.

diambil dari: CNET

Incoming search terms:

netbook paling bagus, netbook yang bagus, best netbook, netbook terbaik, netbook yang paling bagus, netbook bagus, netbook terbaik saat ini, netbook bagus dan murah, netbook murah dan bagus, beli netbook, netbook murah bagus, kelemahan netbook, netbook terbaik 2012, netbook yang bagus dan murah, netbook terbaik dan murah, kelemahan netbook asus, the best netbook, rekomendasi netbook, netbook murah tapi bagus, netbook yg bagus, netbook bagus murah, kelebihan netbook, kelemahan netbook acer, netbook paling bandel, netbook second, kelemahan netbook hp, netbook apa yang bagus, cari netbook yang bagus, netbook rekomendasi, netbook yang bagus apa ya, peringkat netbook terbaik 2012, beli netbook murah, netbook yang murah dan bagus, peringkat netbook, netbook murah terbaik, netbook yang bagus apa, netbook paling handal, netbook paling awet, netbook paling kecil, kelebihan netbook asus, cara memilih netbook yang bagus, memilih netbook yang baik, keunggulan netbook, netbook paling bagus 2012, kualitas netbook dari yang paling bagus, netbook mini terbaik, kelemahan netbook samsung, kelebihan netbook hp, keunggulan netbook hp, netbook apa yang paling bagus

24 thoughts on “10 Best Netbook

  1. Kalo BENQ Siemens bgus ga?
    Thanks referensinya ;)

  2. auliananda says:

    samsung N210 ????

  3. brapa harga netbook samsung

  4. Haduwh…jd bngung milihnya.. truz kesimpulan.nya yg paling bagus dari sisi murah ama spek yg bgus dare netbook2 diatas yg mana???
    Minta saranya donk..

  5. MSI Wind U120, apa ada warna yang lainnya?

  6. kenapa nggak ditampilin harganya sekalian biar lebih jelas.

  7. Rasanya yang paling bagus tu gak ada biar gampang cari saja yang sesuai

  8. klu acer ferrari one gmana?

  9. Andika Ilham says:

    Aku sudah punya netbook ACER Aspire One yg pake 3G tapi ga ada review-nya. Masuk kategori mana ya? Mainkan dunk….

  10. tanya..,tertarih neeh ma Acer Aspire One, tp stlh telusuri harganya di tab “daftar harga”, kan banyak tuh tipe2 AAO, yang mana yg the best?? apa kualitas ssuai dg harga (kan kykna makin kebawah makin mahal tuh)

  11. tolong kupas lebih banyak lagi tentang Always Innovating dong… yg touchbook itu lho,, kapan rilisnya,,, specnya juga,,, apa itu nggak pake herddisk ya koq pake micro sd…. ????????????????

  12. maaf saya mau rekomendasi sedikit saya sudah membeli asus eee 900 ha dahsyat harganya pun sepadan dengan performa yang dihasilkan

  13. Gmn dengan Lenovo S10…? Lebih bagus mana dengan Eee Pc 1000…? Kok disini ga da review lenovo ya? Padahal saya lagi bingung memilih diantara keduanya…bisa bantu kasih review ga ?
    Thanks before…

  14. mas windows apa yg plg cocok untuk netbook asus 701 acpi?

  15. Kalau eeePC 1000H gimana donk, kok gak ada reviewnya????

  16. Mau tanya, saya search di internet tapi tidak mendapatkan toko yang menjual Samsung NC10? Ada yang bisa bantu???

    Mohon email ke ishvarite@yahoo.com

    Really appreciate it. Thanks a lot!

  17. masih ada pertanyaan nih, aku pernah dengar kalau axioo adalah netbook terbaik,apa benar, tapi kok gak masuk disini ya n zyrex jg?

    • mohon maaf…bisa saya tau sumbernya darimana? dan mungkin juga bisa disertakan keterangan netbook terbaik dalam kategori apa?dan dimana?

  18. aku dah pake net book acer nih,emang oke banget tapi gak nyaman baget kl dipake di luar ruangan coz layarnya gloosy jadi kalau dipake di luar ruangan, silau man??? apa ya kelebihan lainnya coz gak ada yahoo mesengernya pula, jadi gak bisa chattingan dong??

    • iya, memang salah satu kelemahan netbook maupun notebook pada umumnya yang menggunakan layar dengan balutan glossy adalah pantulan cahaya yang dihasilkan layar saat dipakai diluar ruangan…
      kenpa tidak di install saja dengan messenger?

  19. harga eepc S101 kalo dpasaran skitar brp y??
    modelluarny sexi abizz!!

    thx infony ^^

  20. nice review, cuman kurang satu nih, harganya berapa yah??? biar bisa lebih ngebandingin antara harga n performa

  21. ok, terus gimana dengan merk asus yg lain dengan n10-nya?sy rasa tidak kalah juga dengan 10netbook diatas..model ok,spek menawan dgn dilengkapi nvidia geforce..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>