10 Komputer Tablet Pengganti iPad – Bagian 2

5. Dell Streak

Dell Streak ini awalnya ingin menjadi pesaing serius pertama untuk iPad, tetapi sayangnya tidak untuk berbagai alasan. Dell Streak hanya memiliki layar 5 inci, sehingga dampak visual iPad tidak dapat direplikasi oleh tablet Dell. Kedua, Streak dapat digunakan sebagai ponsel, dengan asumsi Anda tidak keberatan memegang sesuatu berukuran roti tawar ke telinga Anda.

Namun Streak telah menunjukkan bahwa Android cocok untuk sebuah perangkat yang secara signifikan lebih besar dari telepon. Salah satu hal yang cukup mengecewakan adalah bahwa Dell memilih untuk meluncurkan Streak dengan Android 1.6, bukan versi 2.1, yang melengkapi sebagian besar ponsel pada saat itu.

Dell Streak adalah produk yang berbeda dengan iPad, tapi juga yang sangat baik, sehingga Dell Streak boleh masuk dalam pertimbangan Anda. Jadi, jika Anda mencari perangkat tablet yang lebih kecil dari iPad, Dell streak layak dipertimbangkan.

4. Toshiba Folio

Toshiba memamerkan tablet baru Folio kepada wartawan di IFA bulan lalu. Folio dengan layar 10.1-inci-nya memang ditujukan untuk bersaing dengan iPad, melalui pengalaman visual yang mirip dengan Apple iPad.

The Folio menggunakan platform Nvidia Tegra 2 dan menjalankan Android terbaru yaitu Froyo 2.2. Versi yang kami lihat di IFA mendukung Wi-Fi dan konektivitas Bluetooth, tapi tanpa 3G. Toshiba sudah berencana membuat versi 3G, tapi versi pertama dari Folio jelas ditujukan untuk bersaing dengan versi Wi-Fi dari iPad.

Fitur-fitur yang dimiliki antara lain sebuah slot SD card untuk memperluas penyimpanan, webcam menghadap depan untuk panggilan video dan output HDMI untuk memutar ulang konten video HD pada TV atau monitor. Kekurangannya adalah beratnya yang 760g, membuat Folio 80 g lebih berat daripada iPad, yang tidak terlalu ringan.

Harga jual di Indonesia untuk Toshiba Folio sekitar 5,8 juta, membuat Folio lebih murah dibandingkan dengan iPad versi WiFi.

3. HP PalmPad

HP Slate mungkin tidak muncul, tetapi itu tidak berarti bahwa HP telah menyerah. Ketika HP membeli Palm, jelas sekali bahwa WebOS adalah salah satu faktor pendorong akuisisi itu. Sekarang, dengan bersenjatakan antarmuka berbasis sentuhan yang benar-benar mengesankan, HP tinggal datang dengan perangkat kerasnya saja.

HP telah mengakui bahwa tablet berbasis WebOS sedang disiapkan untuk peluncuran awal 2011, jadi kita mungkin akan melihatnya di CES pada bulan Januari. Petinggi HP, Todd Bradley juga menyebutkan perangkat yang akan datang sebagai “PalmPad”, tapi apakah itu benar?

Tidak ada kabar sama sekali mengenai PalmPad, namun mengingat betapa baik WebOS ada di smartphone PalmPre, cukup adil untuk mengasumsikan bahwa hal itu akan sangat mengesankan pada perangkat yang lebih besar dan lebih kuat. Dan, HP jelas tahu bagaimana membuat hardware yang bagus.


2. RIM BlackBerry Playbook

BlackBerry buatan RIM, pada dasarnya, berhasil membuat aplikasi email menjadi mobile. Tapi dalam hal perangkat dengan layar sentuh, RIM perlu berjuang untuk bersaing dengan iPhone dan perangkat Android. Meskipun demikian, RIM memberanikan diri untuk masuk ke pasar tablet dengan BlackBerry Playbook.

Blackberry Playbook adalah tablet 7-inci dengan resolusi layar 1024 x 600. Menggunakan prosesor Cortex A9 1GHz ARM CPU dual-core, RAM 1GB dan kapasitas peyimpanan hingga 32GB, tergantung pada model. Layarnya menggunakan jenis layar kapasitif dan RIM menjanjikan bahwa ia akan membuat beberapa teknologi sentuhan yang unik.

Playbook juga dilengkapi dengan kamera depan dan belakang, dengan resolusi 3-megapiksel dan 5-megapiksel. Konektivitas yang dimiliki antara lain Wi-Fi dan Bluetooth, tapi tidak ada 3G, setidaknya untuk produk generasi pertama.

Blackberry Playbook akan menjalankan system operasi buatan sendiri QNX RIM OS, membuatnya menjadi unik di pasar. Ia juga dijanjikan akan mendukung video codec yang mengesankan, dengan kualitas DivX asli, sehingga bias menjadi saingan berat tablet dari Archos.

Blackberry Playbook ini akan mulai dikapalkan pada awal tahun 2011 di Amerika Serikat, sedangkan dunia belahan lain perlu menunggu sampai pertengahan 2011.

1. Samsung Galaxy Tab

Ada banyak alasan mengapa Samsung Galaxy Tab berada pada puncak daftar ini, tetapi yang paling penting adalah bahwa Anda dapat membelinya. Nah, setidaknya Anda akan bisa membelinya dalam waktu singkat. Berbeda dengan BlackBerry Playbook yang baru akan dipasarkan pada pertengahan 2011, Samsung telah resmi mengumumkan bahwa Galaxy Tab telah dijual pada tanggal 1 November lalu.

Samsung Galaxy Tab dilengkapi dengan layar 7-inci, dengan resolusi 1024 x 600 widescreen. Galaxy Tab menggunakan Android versi terbaru Froyo 2.2, yang didukung oleh prosesor CPU 1GHz ARM Cortex A8. Anda mendapatkan konektivitas lengkap dengan Wi-Fi, Bluetooth, GPS dan 3G data. Juga terdapat slot kartu microSD untuk memperluas penyimpanan dengan mudah dan murah – sesuatu yang mungkin belum pernah tersedia dalam produk Apple.

Perangkat komputer tablet dari Samsung ini cukup indah, meskipun belum semanis iPad. Namun, lebih kecil dan lebih ringan dari iPad. Pengalaman secara keseluruhan tidak terlalu terganggu oleh layar yang lebih kecil. Tampak bahwa layar 7-inci adalah yang paling ideal untuk perangkat tablet.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Tab mengalahkan iPad di banyak hal. Namun, perlu diingat, bahwa ini akan mendorong Apple untuk segera merilis generasi kedua dari iPad tahun depan.

Dan bahkan meskipun BlackBerry Playbook kelihatan mempunyai spesifikasi yang lebih baik dibandingkan Apple iPad dan Samsung Galaxy Tab, namun, kita tidak tahu apa yang Apple dan Samsung tawarkan pada saat peluncuran BlackberryPlaybook.

Jadi, jika Anda mencari komputer tablet yang terbaik saat ini, komputer tablet yang kaya akan fitur, Samsung Galaxy Tab harus dalam daftar Anda paling atas.

Incoming search terms:

perbandingan ipad dengan samsung galaxy tab, harga ipad toshiba, 10 pc tablet terbaik, pengganti ipad, daftar komputer tablet

Tagged with 

One thought on “10 Komputer Tablet Pengganti iPad – Bagian 2

  1. lintas backlink says:

    Kayaknya saya tidak sependapat dengan pernyataan ini: Jadi, jika Anda mencari komputer tablet yang terbaik saat ini, komputer tablet yang kaya akan fitur, Samsung Galaxy Tab harus dalam daftar Anda paling atas.

    untuk ukuran saya samsung itu kurang bandel dan sering hang bila dipake game dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>