50 aplikasi Linux terfavorit

Linux telah menjadi fenomena baru beberapa tahun lalu, namun hingga kini masih saja ada sejumlah pengguna komputer yang enggan memakai Linux dengan berbagai kendala mereka masing-masing. Dan salah satunya adalah anggapan bahwa Linux banyak memiliki keterbatasan, terlebih pada aplikasi yang dapat digunakan di Linux. Untuk itu artikel ini akan sedikit banyak memperkenalkan sejumlah aplikasi yang dapat digunakan di Linux dan tentunya fitur-fitur yang disediakan aplikasi-aplikasi ini pun tidak kalah dengan banyak aplikasi yang telah kita kenal terlebih dahulu lewat OS Windows.

ANIMATION SOFTWARE

Blender 3D

Blender 3D merupakan salah satu aplikasi pengolah grafis dengan kualitas 3D yang sangat tinggi. Bahkan aplikasi ini tidak jarang digunakan untuk memproduksi animasi 3D komersil. Dengan beragam fitur dan kelengkapan yang disediakan pada aplikasi ini, betapa beruntungnya kita karena aplikasi ini bisa didapat dengan gratis.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-1a.jpg

 

Pencil (2D)

Pencil adalah aplikasi grafis 2D yang mengolah traditional hand-drawn animations, dengan mengompilasikannya pada “page-page” yang disediakan sehingga membentuk sebuah digital flipbook.

KPovModeler

KpovModeler adalah software composition/modeling untuk sarana pembuatan POV-Ray scenes, termasuk salah satu alternative Blender 3D yang cukup menjanjikan.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-1b.jpg

 

Stopmotion

Merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk meng-capture dan atau mengkombinasikan foto secara bersamaan untuk menciptakan sebuah Stopmotion video yang cukup halus. Tidak hanya mampu menangani pembuatan claymation video dan sejenisnya, namun juga handal untuk pembuatan timelapsed video.

Synfig (2D)

Synfig adalah software animasi 2D gratis yang bisa anda coba, di package-nya tertuliskan "two-dimensional animation has long been the domain of proprietary software…Synfig, a free software/open source tool for producing feature-film quality animation with fewer people and resources." Sangat menarik.

Anime Studio 5 (2D)($199.99)

Anime Studio 5 juga diplot sebagai aplikasi pembuat animasi, walaupun aplikasi ini tidak gratis seperti yang lain, namun Anime Studio 5 menghadirkan banyak sekali fitur dan performa yang sepadan dengan harga yang harus dibayarkan untuk membawanya ke komputer anda. Dilengkapi dengan import/export OBJ files, special effects scripting, layered animation, vector animation, dan advanced timeline controls.

 

 

AUDIO SOFTWARE

Audio CD Extractor (ripper)

Aplikasi ini pertama lebih dikenal dengan nama Sound Juicer, aplikasi CD ripper yang sangat mudah penggunaannya. Aplikasi ini juga handal dan cepat dalam proses pembuatan CD musik, interfacenya yang simpel tetap membuatnya menjadi salah satu aplikasi pengolah audio terdepan.

Audacity (recorder)

Audacity adalah salah satu yang terkenal dari sekian banyak aplikasi audio gratis lainnya. Kemampuan recording dan editor audio-nya dapat men-support hampir seluruh format file audio. Beberapa fitur unggulannya adalah record multiple channels, split channels, merge audio, dan sejumlah fitur menarik lainnya.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-2a.jpg

 

Sound Converter

Aplikasi dari GNOME ini sangat handal dalam penanganan converter berbagai jenis file audio ke dalam bentuk mp3, wav, flac, ataupun ogg.

Last Exit (player)

Last Exit adalah aplikasi standalone player untuk Last.fm yang akan memudahkan anda untuk menambah dan mencari station secara lebih spesifik. Sejumlah fitur lain seperti set preferences, password protect, dan save changes juga disertakan pada aplikasi ini. 

Hipo iPod Management Tool

Bila perangkat iPod selalu menyertai hari-hari anda, aplikasi ini akan sangat berguna. Hipo iPod Management Tool adalah aplikasi manager untuk mengatur segala sesuatu yang anda butuhkan pada iPod anda.

Utube-Ripper

Anda salah satu YouTube freak? tentu anda tak akan melewatkan aplikasi yang satu ini, dengan YouTube Ripper anda bisa men-download dan menyimpan setiap video yang ada di YouTube, bahkan aplikasi ini juga memperbolehkan anda hanya menyimpan file audio-nya saja.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-2b.jpg

 

Freqtweak

FreqTweak adalah aplikasi pengolah audio yang dapat me-manipulasi audio spectral dan menampilkannya. Dengan sejumlah proses pengolahan audio data pada frekuensi domain tertentu yang didukung dengan interaktif GUI, FreqTweak mampu menghasilkan high resolution spectral displays untuk file audio anda.

 

 

VIDEO SOFTWARE

VLC

Anda sering mendengar namanya? tentu saja, aplikasi ini memang cukup sering dipakai dan banyak juga yang menjadikannya aplikasi “must have”. Karena pada dasarnya VLC memang dilengkapi fitur yang cukup banyak, mensupport hampir semua format file video, dan pengaturan audio yang lengkap. Ringan dan mudah digunakan, merupakan alasan utama aplikasi ini banyak dicari.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-3a.jpg

 

AcidRip

AcidRip merupakan aplikasi simpel yang berfungsi untuk copying DVD ke dalam bentuk digital video file, dengan codec seperti XviD, x264, MPEG, dan masih banyak lagi tipe codec yang dapat diprosesnya. Di dalam aplikasi ini anda bisa menentukan ukuran file, setting audio, kualitasnya, cropping, dll.

Avidemux

Salah satu aplikasi editing video yang handal. Avidemux dapat digunakan untuk memberikan filter pada video, maipulasi audio dan video dengan dangat teliti, mengkombinasikan VOB, kengkombinasikan video, dan fitur-fitur editing video lainnya.

DVD::RIP

Sama halnya dengan AcidRip yang handal dalam pembuatan digital video melalui DVD, DVD::RIP juga sangat piawai menangani proses convert melalui ISO ataupun VOB file. Langkah-langkah dalam aplikasi ini pun sangat mudah dan cepat, cukup dengan me-load file, pilih setting video yang akan dihasilkan, dan DVD::RIP akan segera bekerja.

Gnome Subtitles

Edit, menambahkan, dan memanipulasi subtitle pada sebuah video adalah keahlian utama dari software gratis pengolah video ini.

iriverter

irivirter cukup simpel dan bisa digunakan untuk men-convert video dengan mudah melalui berbagai macam portable video device, seperti the Creative Vision M dan iRiver players. Single dan batch conversions dapat ditangani dengan baik.

Wink

Aplikasi pengolah video gratis yang dapat menghasilkan video screencasts, dapat anda pilih sebagai aplikasi pendamping anda saat membuat video tutorial ataupun presentasi. Beberapa fitur pelengkapnya juga sangat membantu dan fungsional.

XBMC Media Center

Pernah dengar aplikasi ini? XBMC sempat meraih beberapa peghargaan, media center dengan multiple platform. Aplikasi ini sangat tangguh di Ubuntu. Keseluruhan dari aplikasi ini sangat menarik dan berkualitas tinggi, bahkan bisa dikatakan yang terbaik untuk kualitas sebuah media player yang dapat mengorganisir dan memainkan video, musik, dan foto, termasuk menampilkan preview dan cover album.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-3b.jpg

 

 

GRAPHICS

GIMP

GIMP merupakan alternatif dari Adobe Photoshop di Linux. Menawarkan editing dan authoring image tingkat lanjut. GIMP juga mendukung pembuatan animasi dengan berbagai jenis tool, plugins, filter, dan brush. Hampir semua yang bisa dilakukan oleh Photoshop dapat juga dilakukan oleh GIMP, walaupun pada awalnya kita harus berkenalan dahulu dengan tiap-tiap tool dan fitur yang ada di aplikasi ini.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-4a.jpg

 

Hugin

Hugin adalah aplikasi panorama maker yang cara kerjanya yaitu mengkombinasikan dua atau lebih foto dan menjadikannya sebuah panorama. Aplikasi ini akan sedemikian rupa memadukan warna untuk menyamarkan perbedaan antara kedua foto agar menjadi sebuah panorama yang bagus. Hugin juga menyediakan sejumlah fitur yang cukup berguna lainnya.

Comix

Comix merupakan salah satu aplikasi untuk penggemar komik digital. Dengan kualitas yang sangat baik, dan didukung berbagai fitur yang sangat berguna seperti double-page support, zoom, rotation, mirroring, fullscreen mode, fit-to-screen mode, image enhancement, image quality toggle, dan bookmarks, Comix layak dan harus anda miliki.

FlickrUploader

FlickUploader akan memudahkan anda untuk meng-upload images secara instant ke account flickr anda.

Inkscape

Inkscape merupakan aplikasi yang sangat menarik dan patut dicoba, kegunaannya tidak jauh berbeda dengan Adobe Illustrator

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-4b.jpg

 

Phatch Photo Batch Processor

Aplikasi ini sangat membantu anda dalam editing foto dengan cepat dan mudah, dengan aplikasi ini anda bisa melakukan resize, crop, rotate, add rounded corners, change perspective, dan berbagai kegunaan lain yang begitu praktis.

QCaD

QCaD layaknya autoCAD yang dapat ditemui di Ubuntu. Menawarkan banyak kemudahan seperti dapat men-support file dari autoCAD, maupun file sejenis lainnya.

 

 

OFFICE

xPDF

xPDF adalah salah satu dari PDF tool yang ada, aplikasi yang ringan dan dapat men-support standard, Truetype, dan Type 1 fonts. xPDF juga dilengkapi dengan converting PDF ke format lain yang berbeda, terdapat juga fitur multiple languages.

AbiWord

Untuk yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, aplikasi ringan dan mudah sekali penggunaannya, bekerja sangat baik di Linux. handal dalam pemrosesan document.

OpenOffice Writer

Aplikasi word processing kali ini pastinya sudah pernah anda coba, aplikasi word processing high-end yang mempunyai segudang fitur dan layanan yang kita butuhkan dalam pemrosesan document. Jika anda ingin mencari pengganti MS Office, OpenOffice adalah alternatif terbaik.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-5a.jpg

 

OpenOffice Spreadsheet

Fungsi dan kegunaannya serupa dengan MS Excel.

OpenOffice Presentation

Fungsi dan kegunaannya serupa dengan MS PowerPoint.

OpenOffice Impress

Fungsi dan kegunaannya serupa dengan MS Publisher.

KAddressBook

Kaddress merupakan aplikasi personal contacts / address manager yang cukup berguna.

KOrganizer

Aplikasi ini dapat membantu anda mengorganisir kegiatan sehari-hari anda, dengan fungsi kalender dan pengaturan jadwal, Korganizer juga menyediakan fitur track important dates, dan add notes.

GnuCash

GnuCash sangat berguna untuk me-manajemen keuangan, baik secara personal maupun badan usaha (bisnis). Aplikasi ini menawarkan beragam fitur seperti dapat men-support banyak tipe file semisal Quickbook files, GnuCash juga menawarkan multiple accounts, dan secara konstan mengkalkulasi balance, hampir semua yang dibutuhkan dalam me-manage keuangan anda ada disini.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-5b.jpg

 

xCHM

Sesuai namanya, xCHM berfungsi sebagai CHM HTML viewer, cocok untuk membaca HTML ebook berkapasitas besar dan sejumlah file yang di-save dalam format CHM.

 

 

UTILITIES

GPSDrive

Siystem navigasi yang didesain untuk bekerja dengan GPS receiver.Dilengkapi juga dengan fasilitas zoom dan display map downloaded melalui OpenStreetMap. Tentunya terpercaya dan bisa diandalkan.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-6a.jpg

 

Gnome Partition Editor

Partition Editor akan memudahkan anda untuk memanipulasi partisi yang dapat juga men-support multiple file structures.

Virtual Box OSE

Virtual Box merupakan aplikasi virtual machine, yang sangat membantu untuk menjalankan OS lain di Linux.

ClamAV

Seperti kita tau ClamAV adalah anti virus yang cukup tangguh dan bekerja sangat baik di Linux.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-6b.jpg

 

Gmount-ISO

Anda pernah mendengar aplikasi Daemon? jika pernah, aplikasi satu ini tiadk jauh berbeda dengan Daemon. Tugasnya adalah mengaplikasikan file ISO baik DVD maupun CD sehingga dapat terbaca di sistem.

 

 

INTERNET

Opera

Opera, aplikasi browser ringan yang mendukung interface launch page dan sejumlah fitur unggulan lainnya.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-7a.jpg

 

Mozilla Firefox

Tidak mungkin anda tidak tau dengan aplikasi browser yang satu ini, dari sekian banyak aplikasi browser dari Linux, inilah aplikasi yang paling terkenal hingga kini. Stabil dan didukung banyak plugin.

Thunderbird

Thunderbird adalah aplikasi email client dari Mozilla. Menawarkan fitur-fitur seperti multiple account access, IMAP dan SMTP, password protection, address books, dan masih banyak lagi.

SeaMonkey

SeaMonkey secara garis besar berbasis pada Firefox, hanya saja SeaMonkey terasa lebih stabil.

Evolution

Evolution merupakan aplikasi email client yang bisa ditemui di Linux, hampir terlihat sama persis seperti Microsoft’s Outlook.

Pidgin IM

Aplikasi messaging instant yang dapat men-support ICQ, Yahoo! IRC, Zephyr, Gadu, Groupwise, SIMPLE, SILC, Sametime, Napster, MSN, dan Jabber.

  top-50-aplikasi-linux-terfavorit-7b.jpg

gFTP

gFTP adalah aplikasi file transfer protocol pada Linux yang menawarkan berbagai fasilitas upload dan download.

 

 

Incoming search terms:

aplikasi linux, aplikasi untuk linux, download aplikasi linux, aplikasi di linux, aplikasi pada linux, program aplikasi linux, software aplikasi linux, aplikasi buat linux, aplikasi for linux, linux aplikasi, download software linux, aplikasi dalam linux, download aplikasi untuk linux, aplikasi linuk, free download aplikasi linux, aplikasi-aplikasi linux, software aplikasi untuk linux, 50 aplikasi linux, applikasi linux, program aplikasi pada linux, aplikasi yang ada di linux, software untuk linux, aplikasi aplikasi linux, aplikasi under linux, download aplikasi linux gratis, aplikasi download di linux, aplikasi linux dan fungsinya, aplikasi download untuk linux, aplikasi linux gratis, download aplikasi for linux, download program linux, aplikasi yang terdapat pada linux, aplikasi software linux, aplikasi untuk linuk, aplikasi-aplikasi di linux, aplikasi taraan linux, aplikasi linux terbaik, applikasi untuk linux, program aplikasi untuk linux, download software aplikasi linux, google, aplikasi-aplikasi pada linux, free download software linux, fungsi aplikasi linux, aplikasi aplikasi di linux, macam aplikasi linux, program aplikasi di linux, aplikasi pengolah video, macam-macam program aplikasi linux, program aplikasi dalam linux

23 thoughts on “50 aplikasi Linux terfavorit

  1. doli anugrah says:

    mkasih banget lah dgn adanya blog ini jadi siap tugas gua….. :)
    thanks ya….

  2. raja galau says:

    di lengkap ii lagii ..
    ini cma sampaii 7 ,,
    minimal 10 gtu ,,
    biar pelajar bidang TKJ gak kesulitan buat nyarii aplikasii linux yg lainnya ..
    thank’s

  3. thia_nuphia says:

    lebih lengkap lebihh baikk ..
    di lengkap ii lagi ya ..
    membantu pelajarr di bidang TKJ ..
    thank’s

  4. ada nggak software linux seperti pagmaker… walau linux bisa menjalankan pagemaker yang sudah terinstal di windows, tapi tidk bisa saat saya gunakan linux sebagai satu-satunya OS… mohon pencerahannnya…. terima kasih

  5. ada ga game yang keren untuk linux???

  6. tutorialnya yang lengkap yach..

  7. ada yang tau ga aplikasi khusus traveller yang ada di linux??

  8. asri bello says:

    wah,thanks mas…top2 posting aplikasinya? sy unduh banyak mas

  9. thank’s for information,
    but……………

    nge download ny d’mna ya ?

  10. thx ya bro

    bersyukur banget dapat blog kamu
    gue sih masih nubie soal linux

    dan kebetulan dapat tugas dari dosen

    eh blog ini membantu saya untuk mencari aplikasi yang cukup menarik

    hidup open source

  11. wine gak termasuk jg ya? hehe

  12. makasih ya atas bantuanya karna aku bisa mendonlotnya…..

  13. NPK PELANGI SUPER says:

    makasih bro…aku download Aplikasi Video editing Untuk PCLinux.

  14. TEMEN” DA YANG TAU NGK GMN CARA MENGATUR AUDIO SUPAYA LEBIH JERNIH N KERAS SUARANYA U/ ‘ACER ASPIRE ONE’?? MAKLUM Q Q SGT GAPLEK GT LOH .. YG TAU BS KRM KE EMAIL Q JG BOLEH “MAYA.CLEO (at) YAHOO.COM”.TQ

  15. Rendi Adiansa says:

    trims…..sangat membantu………downloadnya d mn y????

  16. enis moelyasari says:

    widiiih lengkap bgt………..

  17. temen temen yang kesulitan bisa kujungi website kita doscom.org kita ngoprek bareng linux

  18. kasih donk aplikasi yang terfavorit….

  19. Hehehe ternyata Virtual Box OSE-nya ada. Sorry

  20. Kok Virtual Box ngga masuk?

  21. aku pake linux

  22. Mas kasing dong Link2nya, aku mau download Aplikasi Video editing Untuk PCLinux. Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>