Apa itu SSD, Bagaimana Memilih dan Merawatnya (Part II)

Melanjutkan artikel Apa itu SSD, bagaiamana memilih dan merawatnya part 1, kali ini saya akan mengulas lanjutan tips memilih SSD yang benar.

Apa itu SSD

Memilih SSD yang Benar Sebelum Dibeli

Memilih SSD sebenarnya tidak begitu sulit, tetapi proses memilih SSD bisa sangat menyulitkan terutama dengan adanya berbagai macam pilihan merek. Pada bagian II seri Apa itu SSD ini saya akan memberikan beberapa tips dan juga rekomendasi yang terbukti ampuh, dari pengalaman tim AnugrahPratama.com.

Semua SSD mempunyai kecepatan proses yang sama, dan merupakan sebuah pilihan yang tepat untuk mengupgrader hardi disk lama Anda. Tetapi ketika kita menghabiskan dana yang lebih besar untuk disk yang lebih kecil kapasitasnya tentu kita harus tahu dan yakin bahwa keputusan itu sudah tepat dan haruslah yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa hal penting terkait kualitas SSD yang harus Anda temukan pada sebuah SSD:

Tinggi Kecepatan Maksimum

Kecepatan maksimum berkisar antara 400MB per detik dan kecepatan maximum dalam kemampuan writing sekitar 300MB per detik. Angka ini tidak dapat dipastikan secara mata telanjang, karena perbedaan per sekian tidak akan memberikan perbedaan yang signifikan.

Bukti Kecepatan Sesungguhnya

Pada umumnya perusahaan SSD tidak memberikan informasi secara gamblang mengenai kecepatan read dan write produk mereka. Syukurnya, ada beberapa pengguna yang dengan senang hati memberikan hasil test yang menunjukkan kecepatan sesungguhnya sehingga seluruh dunia akan tahu seberapa bagus SSD tersebut, lihat hasil test di SINI.

Multi-Level Cell (MLC) NAND flash memory

Ketika ingin membeli SSD, Anda akan dihadapkan pada dua jenis memori yaitu Multi level cell (MLC) dan single level cell (SLC). Perbedaan terbesar keduanya terletak pada kemampuan menyimpan informasi. MLC mempunyai kemampuan yang lebih baik karena setiap informasi akan disimpan pada tiap cell.

Mendukung SATA III

Sebagian besar SSD menggunakan Serial ATA atau SATA interface, tetapai tidak semua menggunakan versi terbaru sehingga dapat membatasi performa SSD Anda. Jadi, jika Anda ingin membeli SSD yang mendukung SATA III maka pastikan terlebih dahulu komputer Anda juga mendukung SATA III, jika tidak maka SSD tidak dapat digunakan.

Fitur ECC

ECC atau error correcting code membantu SSD menganalisa kemungkinan adanya masalah kemudian melakukan perbaikan dan membersihkan disk dari data-data yang tidak diperlukan. Pilihlah SSD yang  mempunyai fitur ECC.

Apa itu SSD

Dari beberapa poin di atas, merek SSD manakah yang memenuhi kriteria-kriteria tersebut? Pertanyaan yang bagus, untuk menjawabnya saya akan berikan saja beberapa rekomendasi merek yang dapat menjadi alternatif bagi Anda. Rekomendasi pertama adalah OCZ Vertex dan Agility series. OCZ dengan kapasitas 120GB dijual seharga Rp. 980.000-1.000.000 dan untuk kapasitas 240GB dijual seharga Rp 1.760.000-1.800.000. Merek Crucial juga dapat menjadi pilihan cermat lain dengan kapasitas mulai 128GB dan 256GB yang dijual Rp. 1.030.000 dan 1.060.000.

One thought on “Apa itu SSD, Bagaimana Memilih dan Merawatnya (Part II)

  1. [...] Tips n Trik0 Jangan lupa untuk membaca Apa itu SSD, Bagaimana Memilih dan Merawatnya (Part I) dan Apa itu SSD, Bagaimana Memilih dan Merawatnya (Part II) agar mendapatkan versi lengkap Apa Itu SSD.Pada Apa itu SSD Part I kita membahas secara umum [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>