ASUS Zenbook UX31 vs Apple MacBook Air: Notebook Super Tipis

ASUS Zenbook UX31 vs Apple MacBook 13-inch: Notebook Super TipisSejak kehadiran ASUS Zenbook UX31 di pasaran, Apple MacBook Air sudah tidak lagi menjadi satu-satunya notebook super tipis yang ada di pasaran saat ini. Berikut ini perbandingan ASUS Zenbook UX31 vs Apple MacBook Air, semoga bisa membantu Anda memilih mana yang terbaik dari keduanya.

Desain
MacBook Air memiliki chassis berwarna putih dengan logo Apple yang dapat menyala pada tutupnya. Sedangkan Zenbook UX31 memiliki pola logam berputar yang melingkar berwarna abu-abu gelap pada tutupnya.

Kelemahan yang kita temukan pada desain UX31 adalah panel display berwarna hitam yang terbuat dari plastik.

Pemenang: Zenbook UX31
Meskipun panel display murahan dan ukurannya sedikit lebih tebal, tapi perwatan pada tutup dan dek UX31 cukup untuk mengalahkan MacBook Air.

Port
Karena ukurannya yang kecil MacBook dan UX31 tidak menawarkan jumlah port yang sama sebagai notebook standar. Namun, kedua sistem mengatasi masalah jumlah port mereka yang terbatas dengan menyediakan port paling kuat yang tersedia.

MacBook Air memiliki dua port USB 2.0, satu di sisi kiri dan satu lagi di sisi kanan. Pada sisi kiri juga terdapat port mikrofon dan konektor daya magnetik. Pada sisi kanan memuat ukuran penuh slot SD card, serta dock Intel Thunderbolt. Dimasukkannya Thunderbolt adalah kelebihan untuk MacBook, karena menawarkan 20 kali kecepatan dari USB 2.0 dan dapat mentransfer data serta video dan sinyal audio.

Sementara itu, ASUS UX31 memiliki fitur port USB 2.0, port mikrofon dan ukuran penuh slot kartu microSD pada sisi kiri. Pada sisi kanan terdapat sebuah port USB 3.0, port microHDMI dan port micro display, serta konektor power. ASUS juga memiliki adaptor VGA, sehingga Anda dapat terhubung ke monitor yang lebih tua dan proyektor.

Pemenang: Zenbook UX31
Thunderbolt mungkin 20 kali lebih cepat dari USB 2.0 dan 10 kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0, namun tingkat adopsi hampir tidak ada. Jika Anda sedang mencari koneksi berkecepatan tinggi, Anda bisa menggunakan USB 3.0.

Keyboard
MacBook Air memiliki salah satu keyboard backlit terbaik di pasaran. Tombol yang besar cukup responsif dan kenyal, dan desain mereka yang sedikit cekung memberikan mereka nuansa alami.

Sedangkan kunci logam pada UX31 kurang responsif dibandingkan MacBook. Tombolnya juga sedikit lebih kecil, dengan tombol panah yang juga kecil.

Pemenang: MacBook Air
Dengan tombol yang lebih besar dan konstruksi yang kokoh, keyboard MacBook Air lebih mudah dan lebih cepat untuk mengetik.

Touchpad
MacBook Air memiliki toucpad kaca dengan ukuran 4,1 x 3 inci yang halus dan responsif, membuat navigasi dengan Mac OS X menjadi menyenangkan.

Sementara itu ClickPad pada Zenbook UX31 adalah kelemahan terbesar. ClickPad yang berukuran 4,1 x 2,8 inci dasarnya pecah, sedangkan navigasi di sekitar dekstop halus sehingga melakukan mencoba untuk memilih teks dan gerakan multitouch hampir mustahil.

Pemenang: MacBook Air
Pada kategori ini MacBook Air lebih unggul berkat ketidakakuratan toucpad pada ASUS.

Layar
MacBook memiliki layar 13 inci dengan resolusi 1440 x 900 pixel, serta memiliki sudut pandang yang cukup lebar sehingga kita dapat menonton video dari posisi manapun. Dalam hal kecerahan layar, Macbook menawarkan rata-rata 323 lux sehingga cocok untuk menonton film dan konten lainnya.

Dengan resolusi layar 1600 x 900 pixel, Zenbook UX31 menyediakan pengguna dengan tampilan layar yang lebih nyata daripada MacBook Air. Dengan rata-rata 381 lux, layar Zenbook juga lebih terang.

Pemenang: Seri
Sementara layar MacBook menawarkan sudut pandang yang lebih baik, UX31 menyediakan area tampilan yang lebih besar, cerah dan lebih tajam. Sayangnya sudut pandang ASUS UX31 lebih kecil dibandingkan MacBook.

Speaker
Speaker pada MacBook Air terletak di bawah keyboard, sehingga tidak akan terkesan sangat audiophiles. Sedangkan ASUS UX31 memiliki audio dari Bang & Olufsen ICEpower dan teknologi ASUS SonicMaster yang mampu menghasilkan sound yang jernih.

Pemenang: Zenbook UX31
Berkat teknologi Bang & Olufsen, Zenbook dapat menggantikan stereo Anda.

Kinerja
Dengan tegangan yang sangat rendah, prosesor dual-core Intel Core i5 1,7GHz dan 4GB RAM, MacBook Air adalah salah satu ultraportable yang sangat kuat. SSD 256GB pada MacBook juga mengesankan untuk mentransfer data pada tingkat 127MBps, itu hampir empat kali lebih cepat dari rata-rata ultraportable.

Seperti halnya MacBook, Zenbook UX31 juga dilengkapi dengan prosesor dual-core Intel Core i5 dan 4GB RAM. ASUS Zenbook UX31 adalah notebook pertama yang hadir dengan SSD SATA III dan drive 128GB dengan kecepatan transfer 97,9MBps, itu hampir tiga kali lebih cepat dari rata-rata ultraportabel tapi tidak secepat MacBook.

Pemenang: MacBook Air
MacBook Air memiliki kecepatan tranfer data yang lebih baik dari Zenbook UX31.

Kecepatan Booting
Salah satu manfaat dari memiliki solid state drive (SSD) adalah membantu meningkatkan booting notebook Anda. SSD 256GB pada MacBook membantu sistem untuk booting dalam 17 detik. Sedangkan Zenbook dengan SSD 128GB dapat booting dalam 29 detik.

Pemenang: MacBook Air
Zenbook
memang memiliki waktu booting yang cukup cepat jika dibanding notebook standar lainnya, tapi tidak secepat MacBook Air.

Incoming search terms:

harga asus zenbook ux31, asus zenbook vs macbook air, jual asus zenbook ux31, zenbook vs macbook air, macbook air vs asus zenbook, asus tipis, macbook air vs zenbook, asus vs apple, asus super tipis, ASUS Zenbook UX31 VS MacBook Air, asus zenbook™ ux31, kelemahan zenbook, jual Zenbook UX31

One thought on “ASUS Zenbook UX31 vs Apple MacBook Air: Notebook Super Tipis

  1. Mas,aku lagi nyari netbook yg 12 inch..bajetnya cuma 2,5juta..kira2 dari mrk apa yaa??tlg infonya dong..
    tanks..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>