Cara Flash Custom ROM Android

Flashing Android dengan custom ROM seakan-akan menjadi hal yang harus dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone yang gemar mengotak-atik perangkat kesayangan mereka. Hal ini dikarenakan custom ROM memiliki berbagai keunggulan, diatanranya membuang hal-hal yang hanya memberatkan kinerja handphone. Kelemahannya yang membuang garansi resmi tidak dihiraukan karena cara ini bisa dibalikkan kapan saja.

Cara flash Android sendiri sebetulnya sudah bermacam-macam, namun kebanyakan sedikit rumit. Berikut ini adalah salah satu cara untuk melakukan flashing Android, terutama menggunakan custom ROM.

Tutorial ini edikit lebih panjang dari yang seharusnya karena Anda akan dipandu untuk membuat backup juga, untuk menghindari hal yang tiak iinginkan ketika terjadi kesalahan. Langsung saja, cara flash Android menggunakan custom ROM adalah sebagai berikut:

  1. Temukan custom ROM yang anda sukai. Saat ini banyak developer yang mengembangkan berbagai custom ROM untuk Android, beberapa dapat disimak dari forum-forum besar.
    Simpan custom ROM pada folder root SD Card. Biarkandalam bentuk ZIP.Cara flash Android

  2. Rekomendasi custom ROM adalah CyanogenMod 7 karena memiliki jumlah pengguna yang banyak dan memudahkan pross guide ketika ingin memperoleh suatu informasi

  3. Cara flash Android paling nyaman adalah dengan mengInstall aplikasi ROM Manager dari Google Play (3.2 MB, gratis).

  4. Jalankan ROM Manager, pilih fitur untuk mem-backup ROM.

  5. Masih pada ROM Manager, pilih menu “Install from SD Card”

  6. Pilih nama ROM-nya, lanjutkan prosesnya.
    Menu Backup Existing ROM dipilih untuk melakukan proses backup ROM.
    Menu Wipe Data and Cache dipilih untuk melakukan clean install.

  7. Lanjutkan cara flash Android ini ke tahap selanjutnya. Tunggu sampai proses flash selesai.

  8. Tunggu booting perangkat Anda selesai. Proses ini memakan waktu agak lama, sampai dengan 20 menit.

    Cara flash Android

  9. Perangkat kesayangan Anda akan selesai terinstall ustom ROM. Silakan cek detil software yang ada dan selamat menikmati ROM barunya. Selamat, Anda berhasil menyelesaikan cara flash Android ini dengan baik.

Tagged with 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>