Cara Instal Ulang Tanpa Kehilangan Files dan Settings

Instal ulang dapat dikatakan sebuah solusi atas masalah berat yang menimpa komputer, tetapi jika bicara biaya dan waktu tentu akan membutuhkan pengorbanan lebih karena Anda harus melakukan instalasi semua driver dan aplikasi mulai dari nol besar. Berikut ini saya akan berikan cara instal ulang tanpa kehilangan files, aplikasi dan settings.

Bagian 1: Persiapan

Sebelum melakukan instal ulang, tentu Anda ingin beberapa aplikasi dan pengaturan tetap berada di komputer tanpa terhapus. Pada bagian 1 kita akan melakukan persiapan dengan cara memilah program-program apa saja yang dipertahankan.

Langkah 1: Eksport Semua Program

Sebelum Anda lakukan apapun, pertama Anda harus membuat daftar aplikasi yang sudah diinstal di komputer Anda dan pengaturan yang akan dibackup. Cara termudah melakukan hal tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi CCcleaner [saya asumsikan Anda mempunyai aplikasi ini].

  • Jalankan aplikasi CClenar
  • Klik menu Tools
  • Klik tombol Save to text file.
  • Simpan file di Dropbox atau media lain sehingga dapat Anda ambil kembali nanti.
Cara Instal Ulang Tanpa Kehilangan Files

Langkah Kedua: Back Up Windows Settings

Langkah selanjutnya Adalah melakukan back up pengaturan Windows sehingga Anda tidak harus melakukan banyak pengaturan ketika instal ulang telah dilakukan. Cara paling mudah melakukan hal ini adalah dengan menggunakan fitur Windows File Transfer.

  • Klik tombol Start Menu
  • Ketikkan Windows Easy Transfer, klik pop up yang muncul.
  • Klik Next, pastikan Anda telah menyiapkan media penyimpanan lain misalnya flash disk atau eksternal harddisk. Pilih flash disk atau hard disk tersebut dan sistem akan memindai item yang ingin di back up.
  • Klik tombol Customize – Windows Settings dan klik Next untuk memulai proses back up.
Cara Instal Ulang Tanpa Kehilangan Files
Langkah Ketiga: Back Up Documents dan Files
Sebelum instal ulang, tentu Anda ingin beberapa data yang berada di documents, music dan movies tetap dapat dipertahankan. Anda dapat menggunakan langkah kedua di atas untuk melakukan back up documents dan lainnya.
Langkah Keempat: Back Up Pengaturan Aplikasi
Untuk melakukan back up pengaturan aplikasi perlu diketahui dahulu lokasi-lokasi yang biasa digunakan oleh aplikasi untuk menyimpan data program. Berikut ini adalah beberapa lokasi yang dapat Anda periksa.

Folder AppData: Folder AppData biasanya terletak di  C:\Users\yourusername\AppData, temukan folder Roaming, sebuah subfolder yang bisa gunakan oleh aplikasi untuk menyimpan pengaturan aplikasi. Copy file tersebut ke dalam flash disk atau hard disk Anda.

Folder My Documents: Perhatikan folder yang berada di bawah folder My Documents, biasanya menggunakan nama AppData.

Folder Program Files: Sebagian besar aplikasi biasanya tidak menggunakan folder Program Files sebagai lokasi penyimpanan pengaturan aplikasi, tetapi tetap saja folder ini terdapat beberapa item penting.

Registry: Beberapa aplikasi, Fences misalnya, menyimpan seluruh pengaturan program di Registry. Untuk memback up registry caranya cukup mudah, klik tombol Start Menu dan ketikkan regedit dan tekan Enter. Temukan Folder HKEY_CURRENT_USER\Software dan temukan folder Stardoc\Fence kemudian klik kanan pada mouse dan klik Export.

Cara Instal Ulang Tanpa Kehilangan Files

Part Two: The Restoration

Setelah Anda back up beberapa item pada bagian satu, sekarang silahkan instal ulang komputer Anda. Apabila proses instal ulang telah selesai, sekarang saatnya untuk melakukan restoration atau pengembalian semua back up.

Langkah Kelima: Mengembalikan pengaturan windows

Buka tool Windows Easy Transfer dan hubungkan flash disk atau hard disk tempat Anda menyimpan fiel back up pengaturan Windows yang Anda lakukan pada langkah Kedua di atas. Pilh “This is My New Computer” dan sistem akan memproses pengambalian back up.

Langkah Keenam: Instal ulang aplikasi

Untuk melakukan instal ulang program-program yang paling sering digunakan terdapat beberapa pilihan.

Ninite: Ninite masih menjadi pilihan pertama yang sering digunakan untuk menginstal aplikasi dengan cepat. Dapatkan Ninite di Sini.

Chocolately: Tool ini juga memberikan kemudahan bagi Anda untuk menginstal banyak aplikasi dengan mudah, dapatkan Chocolately di sini.

Cara Instal Ulang Tanpa Kehilangan Files

Setelah Anda instal seluruh program-program yang dibutuhkan, sekarang saatnya mengembalikan file back up yang Anda dapat via CCleaner pada langkah satu di atas. Instal aplikasi-aplikasi yang tidak Anda temukan di Ninite atau Chocolately sesuai kebutuhan Anda.

Langkah Ketujuh: Mengembalikan Documen dan Program Settings

Untuk mengembalikan file document, music atau video pada langkah keempat di atas. Misalnya aplikasi iTunes, maka kembalikan data ke folder:  C:\Users\yourusername\Music\iTunes\, lakukan hal yang sama pada aplikasi lainnya.

Khusus untuk AppData, biasanya Anda akan diminta untuk mengganti atau Replace file pada folder sebelumnya. Nah, sekarang apabila Anda menjalan aplikasi-aplikasi tersebut, anda tidak perlu melakukan pengaturan lagi karena sudah disesuaikan dengan pengaturan pada komputer sebelum instal ulang.

Demikianlah tips cara instal ulang tanpa kehilangan files dan pengaturan Windows, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>