Cara Menghapus Malware Dari PC Windows

Cara Menghapus Malware Dari PC WindowsApakah komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya? Apakah Anda mendapatkan banyak pop-up? Jika demikian, kemungkinan PC Anda terinfeksi oleh virus, spyware atau malware lainnya. Meskipun masalah lain seperti masalah hardware dapat menghasilkan gejala yang sama, tapi alangkah baiknya Anda memeriksa apakah itu malware atau bukan. Untuk melakukan ini Anda tidak perlu membawanya ke teknisi, berikut ini cara menghapus malware dari PC Windows.

Langkah 1: Masukkan Safe Mode
Mematikan sambungan internet Anda dan tidak menggunakannya sampai Anda siap untuk membersihkan PC Anda. Hal ini dapat membantu mencegah malware menyebar dan mencuri data pribadi Anda.

Jika Anda yakin PC Anda terinfeksi malware, booting PC Anda ke Safe Mode Microsoft. Dalam mode ini, hanya program minimum yang diperlukan dan layanan yang dimuat. Jika malware yang menyerang diset untuk load secara otomatis ketika memulai Windows, masuk dalam mode ini dapat mencegah hal tersebut.

Untuk booting ke Windows Safe Mode, pertama matikan PC Anda. Cari tombol F8 pada keyboard PC Anda, lalu hidupkan PC Anda dan segera setelah Anda melihat sesuatu di layar, tekan tombol F8 berulang kali. Ini harus membuka menu Advanced Boot Options, pilih Safe Mode dengan Networking dan tekan Enter.

Anda mungkin merasa PC Anda berjalan lebih cepat dalam Safe Mode. Ini bisa menjadi tanda bahwa sistem Anda telah terinfeksi malware, atau bisa juga Anda memiliki banyak program yang start up bersama Windows.

Langkah 2: Hapus Temporary File
Anggap Anda berada di Safe Mode dan Anda akan menjalankan scan virus. Sebelum Anda melakukannya, hapus temporary file Anda. Melakukan hal ini dapat mempercepat scan virus, membersihkan disk space dan bahkan menyingkirkan beberapa malware. Anda dapat menggunakan utility Disk Cleanup yang disertakan dengan Windows. Caranya, pilih Start > All Programs, lalu ketikkan Disk Cleanup pada kolom search.

Langkah 3: Download Scanner Malware
Jika Anda telah memiliki program antivirus yang aktif di komputer, Anda harus menggunakan scanner yang berbeda untuk memeriksa malware. Karena perangkat lunak antivirus Anda saat ini mungkin tidak mendeteksi malware. Ingat, tidak ada program antivirus dapat mendeteksi 100 persen dari jutaan jenis malware dan variannya.

Ada dua jenis program antivirus, Anda mungkin lebih akrab dengan program antivirus real time yang terus menerus memeriksa malware. Pilihan lain adalan on demand scanner, yang mencari infeksi malware ketika Anda membuka program secara manual dan menjalankan scan. Anda harus hanya memiliki satu program antivirus real time yang terinstal pada suatu waktu, namun Anda dapat menyimpan beberapa on demand scanner yang berguna untuk menjalankan scan dengan beberapa program. Sehingga memastikan komputer Anda tetap terlindungi.

Jika Anda berpikir PC Anda terinfeksi, kami sarankan Anda pertama menggunakan on demand scanner dan kemudian menindaklanjuti dengan full scan menggunakan program antivirus real time Anda. Beberapa on demand scanner yang gratis dan berkualitas adalah BitDefender Free Edition, Kaspersky Virus Removal Tool, Malwarebytes, Norman Malware Cleaner dan SuperAntiSpyware.

Langkah 4: Perbaiki Web Broser
Infeksi malware dapat merusak file sistem Windows dan pengaturan lainnya. Salah satu sifat malware yang umum adalah memodifikasi situs web browser Anda, mengubah pengaturan koneksi untuk menginfeksi PC, menampilkan iklan, mencegah browsing dan gangguan lainnya.

Cara Menghapus Malware Dari PC WindowsSebelum menjalankan browser Web Anda, periksa situs Anda dan pengaturan koneksi. Pada Internet Explorer, klik Start > Control Panel dan buka Internet Options. Cari pengaturan Home Page dan verifikasi bahwa itu bukan situs Anda.

Cara Menghapus Malware Dari PC WindowsSelanjutnya pilih tab Connections dan klik tombol LAN setting. Anda mungkin ingin memilih deteksi otomatis pada pengaturan berikutnya, kecuali pekerjaan Anda atau ISP memerlukan proxy.

Langkah 5: Ricover File Anda Jika Windows Corrupt
Jika Anda tidak dapat menghapus malware atau jika Windows tidak bekerja dengan benar, Anda mungkin harus menginstal ulang Windows. Tapi sebelum itu, Anda harus backup semua file Anda ke USB eksternal atau flash drive. Jika Anda memeriksa email Anda dengan sebuah program klien (seperti Outlook atau Windows Mail), pastikan bahwa Anda mengekspor pengaturan dan pesan Anda untuk menyelamatkan mereka.

Anda juga harus membuat backup driver Anda dengan utilitas seperti Double Driver. Ingat Anda tidak dapat menyimpan program yang diinstal, sebaliknya Anda harus menginstal ulang program dari disk atau redonwload mereka.

Jika Windows tidak bekerja dengan baik untuk membuat file backup, Anda dapat membuat dan menggunakan Live CD seperti Hiren BootCD (HBCD) untuk mengakses file Anda. Setelah Anda melakukan semua hal di atas,  segera instal ulang Windows Anda.

Menjaga PC Anda tetap Bersih
Selalu pastikan Anda memiliki program antivirus real time pada PC Anda, dan pastikan selalu update. Jika Anda tidak ingin membeli antivirus yang mahal, Anda dapat memilih salah satu program gratis yang memberikan perlindungan yang memadai. Sperti Avast, AVG, Avira dan Microsoft Security Essentials.

Incoming search terms:

cara menghapus malware, menghapus malware, cara menghilangkan malware, cara membersihkan malware, cara menghilangkan malware di komputer, cara mengatasi malware di komputer, membersihkan malware, cara hapus malware, menghilangkan malware di komputer, cara mengatasi malware, hapus malware, cara menghilangkan malware di laptop, cara menghapus malware di komputer, membersihkan malware di lan, cara hilangkan malware, cara membersihkan virus malware, cara menghapus malware dari komputer, mencegah malware

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>