Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data

Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS - Jika Anda mempunyai flash disk atau eksternal hard disk dala format FAT32, ada baiknya segera Anda convert ke format NTFS, karena FAT32 tidak dapat memproses data yang lebih besar dari 4 GB, selain itu juga merupakan format disk lama yang tidak stabil. Melakukan perubahan atau konversi ke format NTFS bukan hanya sebuah tugas sekaligus masalah, karena selain itu kehilangan data di dalamnya setelah dikonversi menjadi NTFS merupakan ancaman lain yang dapat menimpa Anda. Alasan merubah ke format NTFS karena format ini lebih stabil, mendukung file berukuran besar, lebih aman dan juga lebih cepat ketika di defragt.

Di artikel ini saya akan memberikan panduan Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan satupun data di flash disk atau eksternal hard disk Anda, namun jika Anda merasa ragu, praktekkan Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS ini ke flash disk dengan data minimal dahulu, setelah terbukti silahkan dipraktekkan ke eksternal hard disk Anda yang sebenarnya.

Trik Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan, yang kita butuhkan cuma tool Command Prompt, mari kita coba.

  • Tekan tombol ikon Windows + R, kemudian ketikkan cmd lalu tekan Enter atau tombol OK.
Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS
  • Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, lihat nama drive yang hendal di konversi dan pastikan Anda mengingat dengan baik.
  • Di jendela Command Prompt ketikkan chkdsk h: /f lalu tekan Enter, H adalah lokasi flash drive/eksternal drive Anda. Perintah ini berfungsi untuk melakukan scan dan memperbaiki sistem error pada drive secara otomatis.
Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS
  • Kemudian ketikkan Convert H: /FS:NTFS lalu tekan Enter di mana H adalah lokasi drive yang akan dikonversi. Perintah ini akan menjalankan sistem untuk melakukan konversi dari format FAT32 ke NTFS, tunggu hingga Anda melihat pemberitahuaan bahwa proses telah berhasil dilakukan.
Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS
  • Sekarang coba buka Windows Explorer anda dan klik kanan pada drive yang dikonversi lalu klik Properties dan perhatikan file format yang muncul di jendela Properties, seharusnya sudah berubah menjadi NTFS.

Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS

Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS ini dapat bekerja dengan baik di Windows XP, Vista, Windows 7 dan 8. Namun harap dicatat, bahwa Anda hanya dapat melakukan konversi dari format FAT ke NTFS tetapi tidak dapat kembali merubah dari NTFS ke FAT kecuali dengan cara melakukan format ulang dengan resiko kehilangan seluruh data di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>