Cara Root Galaxy Nexus Android Jelly Bean 4.2

Up date terbaru Jelly Bean 4.2 untuk smarpthone Galaxy Nexus resmi dirilis beberapa bulan lalu, update android terbaru ini sangat bermanfaat bagi pengguna ponsel Galaxy Nexus karena akan mendapatkan fitur dan keamanan terbaru. Namun begitu, ternyata update Jelly Bean 4.2 ini juga memberikan dampak kurang baik karena ponsel yang telah diroot akan kembali terkunci apabila melakukan update Android Jelly Bean 4.2. Dengan terlock nya ponsel android tentu pengguna akan mengalami kesulitan untuk menginstal aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses super user. Berdasarkan masalah itu, kemudian penulis mencari jalan keluar paling tepat untuk masalah tersebut. Ini dia Cara Root Galaxy Nexus Android Jelly Bean 4.2 yang dapat Anda praktekkan guna mengatasi masalah update terbaru Android 4.2.root Galaxy Nexus

Persiapan Sebelum Melakukan Root Galaxy Nexus

Sebelum root Galaxy Nexus dimulai, ada baiknya Anda melakukan beberapa persiapan penting agar jika terjadi sesuatu Anda tetap dapat menyelamatkan data penting di dalam ponsel.

  • Buat Back up Semua Data Penting dengan 2 jenis media, jika memungkinkan simpan file back up di media portabel untuk alternatif.
  • Isi ulang baterai Galaxy Nexus Anda sehingga dapat melakukan root hingga selesai, minimal harus tersedia 30% energi
  • Jangan lupa memeriksa USB Debugging dalam kondisi aktif, caranya klik Setting – Application – Development
root Galaxy Nexus

Apabila ketiga langkah persiapan di atas telah Anda lakukan dengan sempurna, kini kita langsung mulai proses root Galaxy Nexus:

  1. Pertama dan utama download dahulu paket root Galaxy Nexus dan aplikasi super usernya di SINI. Sambungkan ponsel Anda ke komputer melalui kabel USB dan pindahkan file tersebut ke folfer SD card Anda.
  2. Lepaskan ponsel Anda dari komputer lalu matikan. Sekarang, tekan dan tahan tombol volume lalu tekan tombol power, langkah ini akan mengaktifkan mode Recovery. Tunggu hingga muncul gambar android berwarna hijau, lalu akan muncul menu di layar ponsel Anda, gunakan tombol volume untuk melakukan seleksi dan tombol power untuk memilih. Pilih menu Recovery Mode.
  3. Kemudian pilih Install Zip from SD Card – Choose Zip from SD Card – Cari file paket root Google Nexus yang telah Anda pindahkan pada langkah satu (1) tadi, tunggu proses instalasi hingga selesai, biasanya akan memakan waktu 5 menit.
  4. Lakukan kembali langkah ketiga pada file Superuser.
  5. Setelah selesai, kembali ke menu utama dan klik Reboot System Now.
  6. Selesai!
Sekarang Anda telah berhasil kembali melakukan root Galaxy Nexus dan mendapatkan akses sebagai Superuser plus dengan update Android Jelly Bean terbaru.
Jika ingin melakukan ujicoba, silahkan install aplikasi Root Cheker yang dapat Anda download di Google Play. Semoga artikel cara root Google Nexus ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tagged with 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>