Mempercepat Kinerja Laptop Dengan mSATA SSD: Prosedur Installasi Part 1

Ada banyak cara untuk mempercepat kinerja laptop anda; diantara sekian banyak cara, mengganti hard drive dengan mSATA SSD adalah cara terbaik karena laptop anda akan memiliki kinerja tiga kali lebih cepat. Walaupun harganya agak mahal, tapi dengan memiliki laptop berkapasitas hard drive besar (yang mendukung SSD) dan mSATA SSD sebagai media penyimpanan data, anda memiliki sebuah laptop berdaya tampung besar.

Sebelum Mulai Pemasangan mSATA SSD

Sebelum memulai pemasangan SSD untuk mempercepat kinerja laptop, ada beberapa hal penting yang harus anda lakukan. Pertama, pasanglah software disk imaging, yang memuat informasi lengkap tentang hard disk storage. Software yang kami rekomendasikan adalah Maacrium Reflect. Kedua, backup keseluruhan system dalam external drive laptop anda. Backup system bisa anda lakukan dengan software yang disebutkan diatas.

Ketiga, jangan lupa untuk membersihkan hard drive dalam laptop. Pastikan tidak ada lagi data pada hard drive yang tidak mampu ditampung oleh mSATA yang bisa mempercepat kinerja laptop. Lalu pasang software yang membantu dalam pengaturan boot drive –Easy BCD adalah software gratis yang bisa melakukan tugas ini. Selanjutnya, pastikan anda memiliki hak sebagai admin sistem operasi laptop anda; dalam proses ini, hanya administrator yang bisa melakukan perubahan pada hard drive laptop.

Prosedur Pemasangan Fisik

Setidaknya ada dua jenis pemasangan SSD untuk mempercepat kinerja laptop: pemasangan fisik dan non-fisik (software). Mari kita mulai dengan pemasangan fisik. Pertama, buka panel upgrade pada notebook dan temukan slot PCIe. Ini adalah slot yang dibuat untuk menampung PCIe, dan biasanya letaknya tepa di sebelah RAM. Bila laptop anda tidak memiliki panel upgrade, sebaiknya cek lagi buku/website perusahaan pembuat laptop anda untuk menemukan akses ke slot PCIe.

Mempercepat Kinerja Laptop

Proses kedua untuk mempercepat kinerja laptop dengan memasang SSD: hapus cache drive yang ada, dan apabila slot PCIe kosong, lompati proses ini.

lepaskan skrup pada slot tersebut, dan letakkan di sebelahnya.

Mempercepat Kinerja Laptop

Masukkan mSATA SSD ke dalam slot yang tersedia. Karena mungkin akan ada sedikit lekukan, maka memasukkan SSD tidak bisa dilakukan secara terbalik.

Mempercepat Kinerja Laptop

Proses ke lima untuk mempercepat kinerja laptop adalah memasang kembali skrup yang menutup slot, agar mSATA yang anda pasang tidak terlepas dan tetap di tempatnya.

Ganti panel upgrade atau tutup bagian-bagian dari chasis yang tadi anda buka.

Setelah anda memasang drive ini, seharusnya dia sudah muncul sebagai drive baru pada laptop anda. Bila tidak muncul, coba cek di Windows’ Disk Management Utility. Bila tidak muncul juga, ulangi proses diatas, dan pastikan mSATA terpasang dengan baik.

Ikuti terus artikel seri Mempercepat Kinerja Laptop ini, karena part 2 segera meluncur…

Tagged with 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>