Memulihkan Bad Sector pada hard disk

memulihkan-bad-sector-1.jpg

Bad Sector sudah lama menjadi momok yang cukup merisaukan bagi sejumlah pengguna komputer. Cukup banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya Bad Sector, namun tidak sedikit juga cara yang dapat dilakukan untuk memulihkan hard disk yang terkena dampaknya. Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah artikel di salah satu tabloid komputer tanah air, dan berikut tips yang dapat saya rangkumkan khusus untuk anda.

Pertama-tama anda harus sedikit mengenal apakah Bad Sector dan bagaimana Bad Sector bisa terjadi. Hard Disk dapat terkena Bad Sector melalui dua kemungkinan, pertama secara Logic, dan kedua secara Physic. Untuk kemungkinan terakhir, tidak akan dibahas terlalu mendalam karena Bad Sector secara Physic terjadi disebabkan oleh kerusakan fisik pada hard disk.

Sedangkan Bad Sector secara Logic dapat terjadi karena terganggunya operasi read – write pada suatu sektor. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, seperti virus, boot record yang korup, gangguan tegangan listrik, maupun kemungkinan sejenis lainnya.

memulihkan-bad-sector-2.jpg

Apabila Bad Sector secara Logic terjadi pada hard disk, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu mencoba software perbaikan hard disk yang disertakan saat pembelian hard disk tersebut.

Software tersebut sebetulnya tidak memperbaiki sektor yang rusak, melainkan menyembunyikannya. Dengan kata lain kerusakan tetap ada namun sistem operasi akan mengabaikannya. Kira-kira gambaran cara kerjanya adalah seperti ini. Software tersebut akan mengembalikan orientasi magnet hard disk untuk membuat setiap byte dapat melakukan read dan write sehingga memungkinkan recovery hard disk. Bad Sector dapat merembet pada hard disk, terutama pada track 0 hard disk. Kejadian seperti ini juga dapat menyebabkan anda tidak dapat menginstall dan menyalin data pada hard disk.

 

Pemakaian software perbaikan hard disk

Sebelumnya mungkin ada cara simpel yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama saat hard disk terancam mengalami Bad Sector. Pada Windows XP buka lah MS-DOS Prompt. Kemudian ketik “chkdsk /R” kemudian tekan Enter. Perintah ini akan segera mencari posisi Bad Sector kemudian melakukan penyelamatan pada data yang masih bisa terbaca. Untuk seri Windows 95, 98, atau Millenium,  aplikasi Scandisk yang merupakan aplikasi bawaan dari Windows yang dapat dicoba. Namun bila masih belum yakin dan masalah pada hard disk belum teratasi, ada cara lain yang lebih maksimal dibawah ini.

 Pada dasarnya hard disk telah dibekali dengan software perbaikan mana kala tejadi Bad Sector pada hard disk tersebut. Software ini dapat menangani Bad Sector secara Logic. Berikut beberapa contoh software bawaan dari sejumlah hard disk. Maxtor dan Quantum menyertakan MaxBlast, Samsung dengan ClearHDD, Seagate berbekal Seagate Format, sedangkan Western Digital punya Old DLG Diagnostic, dan Fujitsu dibekali FJ-IDE Drive Initializer Utility.

memulihkan-bad-sector-3a.jpg

Namun tidak menutup kemungkinan anda juga dapat memaksimalkan proses penyembuhan hard disk dari Bad Sector menggunakan software lain yang juga cukup ampuh. Dan kali ini software yang akan dicoba adalah SpinRite, software perbaikan hard disk buatan Gibson Research, versi terbarunya yaitu versi 6.0. SpinRite mendukung FAT, NTFS, Linux, Novell, drive dengan multi sistem operasi, dan hard disk yang belum diformat sekalipun. Berikut sekelumit cara penggunaannya.

 

1. Buat booting CD atau disket. Proses pembuatannya dapat dilakukan langsung di SpinRite. Pilih “Crete Boot Diskette”, kemudian “Create ISO or Image File”, atau bisa juga melalui opsi “Install SpinRite on Drive”. Supaya lebih mudah dalam pengaplikasiannya buat saja bootable menggunakan CD. Sekedar informasi, tahapan proses selanjutnya akan lebih banyak memakan waktu di modus DOS.

memulihkan-bad-sector-3b.jpg

 

2. Setelah file image dari SpinRite yang dibuat tadi sudah jadi, kemudian burn ke CD kosong menggunakan Nero maupun perangkat burning CD sejenisnya. Restart komputer dan boot dengan CD yang baru saja dibuat.

 

3. Setelah berhasil melakukan booting melalui CD tadi, kita akan dibawa pada interface SpinRite yang menyajikan lima pilihan atau bisa disebut juga level perbaikan. Silahkan pilih option mana yang anda butuhkan untuk perbaikan hard disk menurut tingkat kerusakannya. Biasanya pada kebanyak kasus, option nomor dua dan empat yang paling sering dibutuhkan. option nomor dua akan mengembalikan data, dan option nomor empat adalah pemeliharaan dan analisis pada hard disk.

memulihkan-bad-sector-3c.jpg

 

4. Setelah memilih option mana yang dibutuhkan, anda dipersilahkan untuk menentukan drive atau partisi mana yang akan diperiksa ataupun diperbaiki. Ikuti langkah selanjutnya yaitu penentuan option pemeriksaan dan SpinRite akan segera bekerja melakukan tugasnya di hard disk anda.

memulihkan-bad-sector-3d.jpg

 

Waktu pemrosesan berlangsung relatif berdasarkan kecepatan dan kapasitas hard disk. SpinRite mampu melakukan perbaikan hard disk dengan kecepatan maksimal 120Gb per jam-nya. Walapun tetap saja kecepatan dari SpinRite sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti konfigurasi sistem, kerusakan hard disk, ataupun dukungan dari Ultra DMA. Namun jangan khawatir jika anda tidak ingin menunggu lama dan tidak ingin meninggalkan proses perbaikan, SpinRite menawarkan kemudahan berupa penghentian proses perbaikan untuk dilanjutkan di lain waktu. Tinggal catat saja posisi pemeriksaan ketika menghentikan proses.

SpinRite akan secara otomatis masuk ke option nomor empat apabila setelah pengecekkan dirasa perlu adanya perbaikan dan pemeliharaan pada hard disk. Dan proses ini juga memakan waktu yang tidak sedikit, bisa sampai hitungan hari malahan, tergantung tingkat kerusakan pada hard disk itu sendiri. Namun tentunya ini lebih baik daripada anda harus kehilangan data ataupun harus membeli hard disk baru gara-gara Bad Sector menganiaya hard disk anda.

memulihkan-bad-sector-3e.jpg

SpinRite juga dilengkapi dengan screensaver yang aktif saat proses sedang berjalan. Bisa juga menampilkan jalannya proses yang sedang berlangsung. Bila hard disk mendukung fitur pembacaan suhu, SpinRite juga akan menampilkan informasi suhu hard disk. Ada juga fitur menarik lainnya yaitu “DynaStat Data Recovery” yang dapat menampilkan dengan lebih dekat jalannya proses perbaikan yang sedang berlangsung.

 

 

Incoming search terms:

bad sector, software memperbaiki hardisk, harddisk bad sector, Software Perbaikan Hardisk, software untuk memperbaiki hardisk, hardisk bad sector, software bad sector, software memperbaiki hardisk bad sector, hdd bad sector, software hardisk bad sector, bad sector hdd, cara menggunakan spinrite, bad sector hardisk, software untuk bad sector, bad sector software, cara memperbaiki harddisk bad sector, software bad sector hardisk, cara memperbaiki bad sector pada harddisk, bad sector pada harddisk, software untuk memperbaiki bad sector HARDISK, cara perbaiki hardisk bad sector, aplikasi bad sector, download software untuk memperbaiki hardisk, cara memperbaiki hardisk bad sector, bad sector harddisk, software untuk harddisk bad sector, cara menggunakan spinrite 6 0, bad sektor, software untuk memperbaiki harddisk bad sector, hard disk bad sector, software memperbaiki harddisk, apa itu bad sector, program memperbaiki hardisk, software untuk memperbaiki hardisk bad sector, software hdd bad sector, bad sectors on hard drive, hardisk bad sektor, software memperbaiki bad sector hardisk, cara memperbaiki hardisk yang bad sector, hardisk unknown, bad sector pada hardisk, perbaikan hdd, bad sector hard drive, format hardisk bad sector, cara menangani hardisk bad sector, cara menangani bad sector, software utk perbaiki hardisk samsung bad sector, software untuk hardisk bad sector, cara perbaiki hardisk, program perbaikan hardisk

32 thoughts on “Memulihkan Bad Sector pada hard disk

  1. Cari link download software nya dulu neh :-D

  2. gan..
    saya udah burn d.cd..
    kok ngak k.baca..

  3. hdd saya muncu SMART failure gmn mas?

  4. wah bagus artikelnya,
    memberikan saya pemikiran melihat – lihat hdd saya yg tidak terpakai,

    Link Download sofwarenya ke email saya dong..
    terimakasih sebelumnya

  5. thank you for your knowledge

  6. Mas mau tanya juga dung..klo hdd lama aku ga kebaca & skrg ud d ganti hdd baru (W7)
    tapi file/data yg d hdd lama (OS : XP apaaaaa gitu aku jg ud lupa) mw d data recovery bisa ga?? and gmn caranya y??
    tolong bimbingannya :) makasih sblmnya

  7. Mas, saya punya laptop yang ASUS F5R, dan hard disknya bad sector. Dah tak coba saya format partisi lain dan dijadikan 1 tapi ttap aja gak bisa diformat. trus pas ngeformat malah ada tulisan loading problem pada drive C nya. Tolong bantuin dong mas..kirim ke emailku buat download software spinrite. Uda hampir 5 bulan ni laptopnya tak tersentuh gara2 bad sector.

    Tolong ya mas..biar saya coba softwarenya.
    Thx banget mas…

  8. tolong dong bantu…!!! aku punya laptop acer aspire 2930, tp skrg lagi dalam keadaan rusak. rusaknya… HARD DISK TIDAK TERBACA…., apa hard disknya rusak atau apa ya..? ada yg bisa bantu….tolong…

  9. terimakasih banya yahh

  10. Hadi purnomo says:

    Slm sejahtera n mhn bantuanya:laptop saya dihidupkn dlm ms 20/30mnt sering restart ke blue screen ada tulisan’hardware malfunction please call your hardware vendor
    NMI:channel check/IOCHK
    **system has halted**
    Tp klo diamkn gtu aja gak apa2 mohon masukanya,sy ucpkn TQ..Kirm aja lgsg ke email saya dienjoep@gmail.com

  11. anonymous says:

    ok dah sya kirim mas

  12. anonymous says:

    ok mas akan saya kirimkan ke email mas….
    mohon bantuannya :)

  13. wahh coba deh tolong kirim downloatanya sob ke emailku yah,,rifqycom@yahoo.co.id ty,,,

  14. anonymous says:

    mas sya mw tanya yang di burning ke CD tu isinya cuma spinrite.exe doank kan ya………????
    soalnya sya coba dan juga sudah sya burning tapi ttp ndak bisa booting………
    stelah sya cek hasil burning isinya hanya spinrite.exe……….
    gmn tuh mas……..??
    mhon bantuannya………..

  15. Maturnuwun infone Mas Pratama…….Thanks

  16. mas, mau tanya.
    HDD Maxtor DiamondMax 8 plus 40 GB. terdapat bad, cuma saya belum tahu di mana aja.saya coba install ulang windows, dengan diformat ulang. awalnya windows tidak mengenali tipe format harddisk (unknown), saya delete saja seluruh partisinya, dan saya jadikan satu partisi saja. lalu saya format dengan tipe NTFS,tapi windows gagal memformat.HDD kembali dalam format RAW (mentah).apakah bisa diperbaiki dengan spinrite ini? soalnya HDD ini agak aneh (kalo menurut saya),karena tidak bisa di slave dengan HDD lain yang sudah ada OS nya.
    mohon pencerahannya…

  17. Sebelum dan Sesudahnya saya Minta Maaf, .,.,
    ad cara yg Lbih Simple gx.,.,coz Ribet nih kLo musti Burn CD SGLa.,.,.,.,n kLo berurusan am yg namnya DOS tkut gwwwa.,.,hehehehe
    tkut slah kLik/gmn gto.,.,.,
    kLo ad Sran yg Lbih simple bLas k E-MAIL aj y .,.,pLease coz Laptop wa Lgi kna Bad SECTOR nih.,.,

    one_itoru (at) yahoo.com

  18. terimaksih atas pengalamannya. ini merupakan pengalaman yang berharga yang selama ini tidak q ketahui..

  19. matur suwunnnn bolehhh tak cobanya dulu n bagi teman2 yang mau saring bisa add ID ku oke

  20. Link Download sofwarenya ke emailku donk…

  21. sy pny hardisk msh hdp tapi ngk bs di baca sama bios,kira2 rsk d mana y??? tolong bantuanya.

  22. wahhhh….
    ada versi ternbarunya ndak yang bisa jalan di Vista 64 Bit
    tnks

  23. Wih….. kaya mantap…. tak coba dulu yah,,,,,

    Jajal,.,,,,,

    thank

  24. Kalo aku biasanya make Distro Linux System Rescue CD, untuk memperbaiki harddisk yang Bad Sector.

    • wew kalo aku pakai hirenbot tapi lamane minta ampun ada solusi mengatasi bad sector tar cepe repaire ngak kwkwkwkwkwkwkwkwkw…..

  25. makacih!!!!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>