Tips Panduan Membeli Laptop / Notebook

Tips Panduan Membeli Laptop Notebook

Panduan membeli laptop bisa Anda jadikan panduan sebelum membeli Laptop / Notebook. Untuk membeli sebuah laptop tentu anda dihadapkan dengan banyak pertimbangan, tentunya agar anda bisa mendapatkan laptop yang paling sempurna dan tepat dengan semua kebutuhan dan aktifitas anda. Pertimbangan seperti performa dan konektifitas tentunya menjadi isu paling penting, namun disamping itu masih ada beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan juga yang tak kalah penting. Seperti ukuran, berat, lebar layar, battery life, dan kualitas dari keyboard. Dibawah ini ada sejumlah faktor yang akan dibahas yang mungkin dapat sedikit banyak membantu anda mempertimbangkan laptop mana yang pas untuk anda.

Processor

Prosesor dengan Intel dual-core dapat membantu laptop meningkatkan performa secara nyata. Banyak test telah dilakukan pada laptop dengan membandingkan prosesor single-core dan dual-core, dan terbukti prosesor dual-core memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam hal kecepatan dan multi-tasking dibanding laptop dengan prosesor single-core. Saat ini ada cukup banyak referensi untuk pemilihan laptop dengan prosesor dual-core seperti Core Duo, Core 2 Duo, dan Core 2 Extreme, yang terbukti jelas meningkatkan performa laptop secara nyata.

Beberapa laptop juga memakai AMD’s Athlon Turion 64 X2 dual-core processor, yang juga meningkatkan kinerja laptop dengan sangat bagus. Baik Turion 64 X2 maupun Core 2 Duo sama-sama men-support 64-bit yang dapat mengeksekusi banyak aplikasi baru tanpa hambatan.

System memory

Jika anda membeli laptop dengan harga yang sedikit mahal rata-rata akan dibekali dengan memori 1GB. Namun saat ini juga sudah banyak laptop yang tersedia dengan kapasitas memori sampai 2GB. Yang menjadi pertimbangan adalah apabila anda saat ini membeli laptop dengan kapasitas memori 2 GB maka anda tidak perlu terburu-buru untuk mengupgrade-nya lagi kedepannya.

Graphics memory

Pada kebanyakan portable PC terbagi menjadi dua tipe video chip sets, yaitu dedicated video dan integrated graphics. Pada video chip set sebagian besar diproduksi nVidia dan ATI/AMD , sementara untuk integrated graphics biasanya berlabel Intel. Apabila anda ingin menggunakan laptop anda untuk menjalankan game-game sederhana juga, maka pilihlah dedicated graphics, dan untuk anda yang benar-benar ingin bermain game di laptop, tidak hanya yang sederhana saja, laptop harus dibekali dengan 3D graphic memory yang lebih tinggi lagi, karena tentu saja game-game berat akan memakan cukup banyak memori pada laptop. Pilih dedicated graphic memori dengan kapsitas 256MB sampai 512MB ataupun lebih. Pada laptop tipe high-end desktop-replacement biasanya laptop sudah dibekali dengan graphic memory yang cukup canggih. Sementara integrated graphic memory rasanya cocok untuk laptop-laptop yang digunakan untuk kepentingan bisnis semata, akan tetapi untuk penggunaan Windows Vista pada laptop bisnis tentu membutuhkan graphic memory yang lebih powerful lagi.

Saat ini ada beberapa laptop yang menawarkan kemudahan Scalable Link Interface (SLI), yang artinya pada laptop dengan teknologi ini dapat menjalankan multiple graphic chips sekaligus. Seperti pada Alienware’s Area 51M m15x yang mengusung dua buah nVidia GeForce 8800M GTX cards pada kabin mesinnya.

Screen

Layar laptop secara langsung mencerminkan kenyamanan dalam berkomputer di portable PC, yang pada dasarnya semakin besar dan lebar maka akan semakin nyaman mata kita menikmati display laptop tersebut, terlebih lagi saat menonton film di laptop. Saat ini terdapat banyak sekali ukuran laptop yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan anda, dan untuk segi kualitas sangat berbanding lurus dengan harga laptop secara keseluruhan. Semakin mahal laptop tersebut maka pasti semakin baik kualitas layarnya.

Besar kecilnya layar laptop sangat berpengaruh terhadap berat dan kepraktisan mobilitas. Apabila anda punya beragam aktifitas yang mengharuskan anda kesana kemari, naka pilihlah laptop dengan ukuran 12.1 atau 13.3 inch, dengan model widescreen lebih baik. Namun apabila anda bukan orang yang perlu untuk kesana kemari untuk aktifitas berkomputer, maka pilihlah laptop dengan ukuran sekitar 17 inch atau lebih lebar lagi, disamping nyaman, anda juga memperoleh hasil maksimal saat berkomputer.

Dan untuk anda yang kadang-kadang kesana-kemari namun kadang-kadang juga dia di tempat, laptop paling ideal adalah laptop dengan ukuran 14.1 atau 15 inch, baik yang widescreen maupun tidak.

Battery

Life battery pada laptop setiap saat selalu dikembangkan untuk memperoleh hasil yang baik dan tahan lama. Pada sejumlah test yang telah dilakukan, laptop yang mengunakan Core Duo atau Core 2 Duo rata-rata dapat bertahan hingga 3,5 jam. Tapi pada prakteknya penggunaan tidak hanya pada prosesor saja namun juga akan terpakai untuk wireless receiver atau burning yang memakan banyak tenaga dari baterai. Yang perlu anda perhatikan adalah jumlah cell pada baterai yang dibawa oleh laptop tersebut, semakin banyak maka semakin tahan lama. Contoh 6-cell battery akan jauh lebih tahan lama dibandingkan 3-cell battery. Namun konsekuensinya juga akan semakin menambah berat pada laptop. Namun ada beberapa vendor laptop yang menyertakan juga extended battery. Secara umum laptop dengan ukuran kecil mempunyai ketahanan baterai yang lebih dari laptop tipe desktop-replacement dengan ukuran besar.

Keyboard and pointing device

Walaupun cepat atau lambat anda dapat menyesuaikan dengan berbagai jenis dan ukuran dari keyboard laptop, tidak ada salahnya bila anda mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli. Laptop-laptop dengan tipe thin-and-light maupun UMPC pastinya memiliki keyboard dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari tipe desktop-replacement, yang berarti apabila anda mempunyai jari-jari yang besar, anda tidak akan cocok dengan keyboard ultraportable tersebut, dan tentunya jika anda memaksakan untuk membelinya tentunya tidak akan nyaman untuk digunakan.

Untuk urusan trackpad juga perlu diperhatikan sebelum membeli suatu varian laptop. Trackpad pada laptop yang ingin anda beli sebaiknya anda coba dahulu, karena pada beberapa trackpad sensitifitasya dapat berbeda dan itu sangat berpengaruh kelak. Namun untuk amannya lebih baik gunakan USB mouse daripada anda kesusahan memilih trackpad laptop.

Hard drive

Untuk ukuran hard drive sangat bergantung pada kebutuhan anda, banyak sekali pilihan kapasitasnya. Bahkan beberapa ada yang menyediakan tambahan hard drive maupun upgrading hard drive. Mulai dari 60GB samapi 200GB bahkan lebih. Kapasitas yang cukup standar adalah 120GB dengan 7200-rpm atau 160GB dengan 5400-rpm SATA hard drive.

Weight and bay design

Yang perlu anda pertimbangkan adalah pada ketersediaan optical drive (CD/DVD rom). Apabila anda tidak terlalu membutuhkan perangkat ini, tidak terlalu masalah apabila anda ingin membeli ultraportable laptop. Karena masih ada external drive yang dapat mensupport ultraportable laptop dalam hal tersebut.

Juga yang perlu anda perhatikan bukan hanya pada berat laptop, namun juga berat AC adapter, extra battery, external modul, dan kabelnya. Karena pada kenyataannya anda tidak mungkin membawa laptop berpergian tanpa sebagian dari perangkat-perangkat tersebut.

Communications

Beberapa laptop mempunyai full set port yang memenuhi setiap inci bagian tepi laptop. Serial port yang saat ini sudah jarang terpakai adalah PS/2 port (untuk mouse atau keyboard) dan infrared ports. Kebanyakan laptop sekarang mempunyai banyak parallel port dan sebuah PC Card slot, juga kadang terdapat ExpressCard slot juga.

Sebagian besar laptop harus memiliki sedikitnya dua buah port USB, walaupun ada yang menyediakan empat buah, bahkan sampai enam buah port USB. Tidak hanya itu, kini laptop hampir semuanya mempunyai FireWire (IEEE 1394) port untuk mengkoneksikan dengan external drive maupun digital-video camcorder.

Built-in ethernet juga seolah sudah menjadi standar tiap laptop keluaran terbaru. Beberapa juga membekali dengan Bluetooth untuk multimedia yang lebih baik. Dan pada hampir seluruh laptop dengan prosesor Intel Core Duo atau Core 2 Duo dan AMD’s Turion 64 X2 disediakan juga koneksi Intel’s wireless 802.11a/b/g chip set.

Ada beberapa fitur tambahan yang juga melengkapi untuk konektivitas, yaitu CompactFlash, Secure Digital, MultiMediaCard, Memory Stick, dan SmartMedia. Walaupun fitur-fitur tersebut masih jarang dipakai.

Incoming search terms:

Tips Membeli Laptop, panduan membeli laptop

Tagged with 

3 thoughts on “Tips Panduan Membeli Laptop / Notebook

  1. tante desi says:

    saya suka dgn infonya..

    perbanyak ya!!

  2. waw, so that meaning.. “kita harus ngerti dulu apa yang mau kita beli”
    Thank’s To Creator Atas Infonya..

  3. terima kasih infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>