Panduan Perawatan Baterai Notebook

Panduan Perawatan Baterai Notebook

Panduan Perawatan Battery Notebook adalah topik yang umum dibicarakan, dan banyak orang bertanya bagaimana merawat Baterai Laptop supaya lebih awet dan berumur panjang. Banyak informasi yang beredar dan banyak juga yang salah pengertian. Petunjuk sederhana dibawah ini akan membahas beberapa pertanyaan umum mengenai cara perawatan battery notebook / laptop.

Berapa lama baterai saya dapat bertahan?

Kemampuan battery notebook akan menurun seiring waktu apakah Anda menggunakannya atau tidak. Sekalipun industri battery Li-Ion tidak mempublikasikan kenyataan ini, jam battery Anda mulai bergerak pada saat dirakit. Elemen didalam battery akan bereaksi, dan lambat laun battery tersebut tidak akan mampu mensuplai power yang cukup untuk notebook Anda. Sebagai tambahan, battery Anda dirancang untuk bertahan antara 300-800 kali siklus charge/recharge. Dan secara bertahap akan berkurang kemampuannya untuk mensuplai daya ke notebook.

Secara umum, battery notebook akan bertahan antara satu hingga tiga tahun. Anda mungkin bisa memperlambat penurunan kemampuannya, tapi tidak bisa menghentikan prosesnya. Suhu baterai, cara dan frekuensi pemakaian notebook akan mempengaruhi panjang pendeknya usia baterai. Anda bisa memperlambat proses ini dengan merawatnya sesuai dengan beberapa petunjuk pemeliharaan. Ikuti Panduan Perawatan Baterai Notebook dibawah ini.

Suhu
Suhu rendah akan memperlambat proses discharge (kehilangan daya ketika dipakai tanpa dihubungkan ke power listrik) dan proses penuaan dari elemen didalam baterai. Sebaliknya, suhu tinggi akan memperpendek usia baterai. Membiarkan baterai Anda terpasang ketika terhubung dengan power listrik akan menyebabkan suhu didalam baterai meningkat. Melepas dan menyimpan baterai pada suhu dingin akan memperlambat proses penuaan. Membiarkan notebook pada lingkungan yang panas juga tidak baik untuk baterai.

Pemakaian
Baterai Lithium-Ion yang digunakan didalam notebook dirancang untuk dapat digunakan sekitar 300-800 kali siklus charge/discharge. Beberapa siklus ini sudah digunakan ketika Anda membiarkan baterai terpasang ketika notebook menggunakan daya power listrik. Pada saat terhubung dengan power listrik, notebook akan secara rutin melepaskan baterai ketika sudah mencapai level penge-charge-an tertentu (contoh: 95%). Melepaskan battery dan menyimpannya dalam tempat yang kering dan dingin akan melindungi beberapa siklus.

Kebiasaan pemakai
Battery Li-Ion tidak dipengaruhi oleh efek memori (baterai perlu dipakai sampai habis sama sekali sebelum diisi lagi untuk menghindari penurunan kapasitas) seperti baterai isi ulang model lama. Pengulangan siklus isi-pakai hingga habis akan meningkatkan hilangnya kapasitas per-siklus. Beberapa kali ‘isi-pakai sebagian’ lebih baik daripada satu kali ‘pakai habis’. Bagaimanapun, Anda juga harus mengkalibrasi baterai secara rutin.

Ketika terhubung dengan power listrik, sebaiknya baterai dilepas atau terpasang?

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, jika:

Anda melepas beterai ketika terhubung dengan power listrik:
Pro:

• Melindungi siklus isi ulang

• Membiarkan baterai pada suhu rendah, sehingga memperlambat proses penuaan

Kontra:

• Kehilangan fungsi backup dari baterai ketika power listrik mati

• Data bisa hilang atau bahkan rusak jika tanpa fungsi backup power dari baterai

• Perlu UPS (uninterruptible power supply) untuk menggantikan fungsi backup

Anda membiarkan baterai terpasang:
Pro:

• Baterai berfungsi sebagai cadangan jika listrik tiba-tiba mati.

• Lebih mudah dan efisien untuk dibawa

• Baterai tidak perlu waktu penghangatan (seperti jika disimpan dilemari es)

Kontra:

• Kehilangan sebagian siklus isi ulang

• Suhu baterai meningkat dan mengakibatkan lebih cepat menurun kemampuannya

Memperpanjang Usia Baterai

  • Kalibrasi baterai dengan ‘pakai habis’ setiap 30 kali pengisian untuk menjaga akurasi elemen didalam baterai. Pakai notebook Anda hingga baterai habis terpakai sebelum dicharge.
  • Hindari pengulangan ‘pakai habis’ yang teratur. Baterai Li-Ion lebih sedikit kehilangan kapasitas penyimpanan ketika dicharge sekalipun belum habis pakai.
  • Lepas baterau dan simpan di tempat yang dingin dan kering. Level pengisian optimum adalah 40% untuk penyimpanan yang panjang. Menyimpan baterai dengan daya yang rendah akan menimbulkan kerusakan secara permanen. Karena itu, biasanya ketika Anda membeli notebook baru, baterainya sudah terisi sekitar seperempat hingga setengah.
  • Jika Anda menyimpan baterai di lemari es, gunakan kantong plastik yang tertutup rapat untuk menghindari kelembaban. Biarkan baterai menghangat pada suhu ruangan sebelum dipakai atau menge-charge-nya.
Perkiraan usia pemakaian baterai

Beberapa program mengklaim dapat memperkirakan usia pemakaian baterai. Tapi tentu saja ini sering tidak akurat.
Aplikasi yang teinstall pada notebook dapat memberikan hasil yang lebih akurat.
Coba lakukan beberapa tes singkat untuk mengetahui apakah baterai Anda sudah ‘drop’ atau tidak. Charge/isi penuh baterai hingga 100%, kemudian, gunakan untuk memutar VCD/DVD, sambil browsing di internet. Secara umum untuk notebook baru, baterai akan bertahan sekitar 2 jam.

Jika Anda membeli notebook bekas, cara ini cukup dapat memberikan hasil yang akurat. Jika sebentar saja meter baterai menunjukkan penurunan yang signifikan, bisa dipastikan baterai notebook sudah tidak baik.

Pertimbangkan baterai cadangan?

Seperti disebutkan diatas, elemen didalam baterai akan menurun kemampuannya seiring waktu, apapun yang Anda lakukan. Karena itu, jangan tergesa-gesa membeli baterai cadangan, jika hanya untuk memperlambat penurunan kemampuan dari dua baterai tersebut.
Beli, jika Anda benar-benar membutuhkan cadangan daya, karena pemakaian tanpa power listrik yang lama.

Bisakah saya menggunakan battery dari merk lain jika pas dipasang?
Dan bisakah saya menggunakan battery generik?

Baterai tiap laptop dipasang mikrochip yang dirancang khusus untuk memenuhi spesifikasi yang diperlukan untuk laptop yang bersangkutan dan ini berhubungan dengan aplikasi yang memantau pemakaian baterai. Sebagai contoh, aplikasi dilaptop tertentu sudah diprogram untuk memberikan peringatan baterai akan habis pada level tertentu dan mematikan laptop secara otomatis pada level tertentu juga. Jika anda menggunakan baterai merk lain, bisa jadi, setting tersebut tidak sesuai. Program tersebut bisa tiba-tiba memerintahkan laptop untuk mati secara otomatis, karena ketidaksesuaian antara program danmikro chip didalam baterai.

Selain itu, baterai generik yang murah, seringkali tidak dibuat dengan standar pengamanan yang baik. Sebaliknya baterai dari merk terkemuka menggunakan komponen yang sudah teruji dan lulus dalam ujian keamanan. Karena itu harga baterai original biasanya mahal, karena harus menggunakan komponen yang mahal. Beberapa kejadian baterai generik tidak berfungsi di laptop tertentu, karena aplikasi didalam laptop tersebut sudah diprogram untuk menolak baterai generik untuk menghindari pemakaian baterai yang berbahaya.

Memang ada beberapa orang yang tidak mengalami masalah dengan baterai generik. Tetapi sebaiknya Anda mempertimbangkan menghemat sedikit uang apakah sesuai dengan potensi resiko yang akan dihadapi.

Bagaimana dengan penarikan produk dan battery yang meledak?

Sekitar tahun 2006, ada laporan mengenai kasus baterai yang meledak, sehingga beberapa vendor menarik produk mereka dari pasaran. Tetapi sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini, kasus tersebut nyaris tidak terdengar lagi.
Artikel mengenai hal tersebut bisa Anda baca di sini

Beberapa petunjuk praktis perawatan baterai notebook:
  • Panas adalah musuh Anda. Hindari untuk menaruh baterai Anda ditempat yang panas, seperti didalam mobil pada waktu siang hari
  • Pemakaian hingga habis tidak baik untuk baterai Li-Ion. Sebaiknya lakukan pengisian ulang ketika sudah mencapai level 10-20%.
  • Kalibrasi baterai Anda setiap 30 kali siklus pengisian. Biarkan baterai habis terpakai, untuk menjaga agar penunjuk di laptop tetap akurat.
  • Jika Anda akan menggunakan power listrik dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa memperpanjang usia baterai dengan melepasnya dan menyimpannya dalam tempat penyimpanan
  • Simpan ditemat yang kering dan dingin dengan kondisi baterai terisi 40%. Beberapa ahli menyarankan untuk menyimpannya di lemari es. Gunakan kantong plastik yang tertutup rapat untuk menyingkirkan kelembaban.
  • Jangan masukkan kedalam freezer hingga menjadi beku.
  • Jika ingin dipakai lagi, biarkan untuk menghangat pada suhu ruangan sebelum dipakai lagi.

Apakah Anda cukup jelas membaca Panduan Perawatan Baterai Notebook / Laptop diatas? Apakah ada pertanyaan yang ingin anda tanyakan seputar cara merawat baterai laptop? Atau anda punya pengalaman dalam hal merawata baterai laptop? Silahkan bagikan melalui comment.

Jika baterai laptop Anda terlajur rusak, Anda dapat membelinya di: Mborong.com

Incoming search terms:

PERAWATAN NOTEBOOK, panduan ipad, perawatan netbook, perawatan baterai laptop, definisi tentang tentang mborong com, merawat baterai notebook, perawatan baterai, cara merawat baterai notebook, merawat baterai laptop, cara merawat baterai laptop, merawat baterai netbook, baterai notebook, cara merawat baterai netbook, perawatan baterai notebook, tips merawat baterai netbook, cara merawat baterai laptop acer, tips merawat baterai laptop, perawatan battery laptop, cara memelihara baterei notebook, kalibrasi baterai, tips merawat baterai notebook, mana lebih baik baterai dilepas atau tetap terpasang saat laptop tidak digunakan, Perawatan batre laptop, cara perawatan notebook, cara perawatan baterai laptop, perawatan note book, perawatan baterai netbook, perawatan batere laptop, cara mengisi baterai laptop hp, berapa jam cas baterai laptop yg benar, cara perawatan baterai notebook, CARA MERAWAT BATRE NETBOOK, perawatan baterai nb hp mini, perawatan battery, MENCHARGE LAPTOP TANPA BETERE

79 thoughts on “Panduan Perawatan Baterai Notebook

  1. saya beru beli baterai laptop, setelah di pasang kok icon baterai di sudut kanan bateraix kosong klw d charge gambar icinx di silang merah. kira2 apanya ya gan mohon pencerahan…

  2. Berapa harga battery Li-ion Compaq 435 dan berapa lama masa garansi ?

  3. Mau tanya dong sambil nambah pengetahuan. Cara upgrade driver lama ke versi terbaru gimana yahh…??

  4. gan mau tanya, saya beli netbook axioo bulan april 2012 nah sekarang sekarang tuh kalo nyalain netbook pake batre kurang lebih sekitar 20menit tiba tiba mati sendiri ?? itu batrenya kenapa ya ??
    tolong dibales makasih :)))

    • bisa karena baterainya, atau bisa juga karena panas prosesornya
      karena masih garansi, mending segera dibawa ke service centernya

      • tapi sebelumnya gapernah mati kaya gini loh .
        kalo panas prosesor sih panas nya biasa aja .
        kira kira kalo beli batre lagi harganya berapa ya ?

  5. maz mau tanya,,,
    kira kalau batrai ngedrop masih bisa ganti elenya ga…?
    tp elemen yg ori gt……..?

  6. aridhani says:

    gan ….. boleh nanya gak ?
    kenapa laptop ku kalau langsung pake charger (tanpa baterai) gak mau masuk windows….. tombol power nya tetep nyala…
    Mohon pencerhannya Gan,,,,

  7. mas mau nanya,NB aku aspira one 532h-2db,knp ya klu mau aku nyalain mesti dicas dulu,apakah baterainya sudah drop,atw minta ganti? thanks

  8. forbodden says:

    bang admin, mo tanya. netbook saya samsung nc-108. gara2 slah setting, netbook saya hanya charging sampe 80%, setelah itu ada tulisan ‘not charging’. bgmana supaya bisa charging mpe full 100% lg?help.

  9. kk
    maaf ne bru nimbrung skrang,aku mu nanya klo laptop cma d sleep gk d shut down ada efek ny gk??
    mksh mhon pncerhannya

    • pada mode sleep, baterai tetap terpakai, jika sleep dalam jangka waktu yang panjang, lama-lama baterai habis, dan ada kemungkinan data yang rusak. Jika memang tidak terpakai, mending di shutdown

  10. Terima kasih nih infonya…. saya akan praktekkan, lumayan bs buat referensi agar laptop jd awet

  11. gan, mau tanya……..
    kalo ada gambar “X” di indikator battery trus ada tulisan “CONSIDER REPLACING YOUR BATTERY” apakah battery sudah saatnya diganti?
    terimakasih atas pencerahannya dan semoga bisa menambah artikel2 yg banyak bermanfaat.

    • Maksudnya baterainya sdh waktunya di charge.. :)
      Kalo setelah di charge full, trus keluar peringatan itu lagi, ya berarti waktunya beli baterai baru :)

  12. Azmi Nur Nst says:

    mnurut ane… gak masalah klw charger truz dipasang walaupun baterai sudah full.
    karena sistem akan secara otomatis mengalihkan sumber listrik ke AC Power ketika baterai sudah penuh.
    malahan klw pake AC Power tapi baterai dilepas, akan mempercepat kerusakan komponen laptop, terutama motherboard. Dan klw motherboard rusak lmayan mahal gan gantinya, 2 jutaan.

  13. bintang gemintang says:

    Salam…
    gan mau tanya ni, kalau batre tetap terhubung ke listrik walau charger nya sudah full, tetapi dipasang pendingin colvan sehingga tidak menimbulkan panas yang berlebihan. apakah berbahaya….. trims atas jawabannya. GBU

  14. esi kariyadianto says:

    mas mau nanya nih. batery saya tidak terdeteksi oleh laptop ,kira2 apa permasalahanya ya ,thank sebelumnya

  15. numpang tanya mas, saya telat tau soal ini… =( dan laptop saya terlanjur kehilangan daya backup nya..

    waktu awal saya beli laptop, teman saya bilng kalo mau awet baterenya lepas aja dan colok ke listrik. sekarang saya coba utk pake baterai, gak mau hidup, kalo dicolok listrik baru hidup..

    Mohon bantuan dan solusinya giman mas agar bisa diperbaiki dan baterenya bisa berfungsi kembali?

    trimakasih bnyk atas jawabanya..

  16. kak, mau tanya :
    ketika laptop sedang menyala(low battery condition), terus saya charge,
    Terus dipake lagi sebentar, karena mau udahan dimataiin deh laptopnya (still charging condition) hingga penuh dalam kondisi dimatiin (lampu indikatornya berubah dari orange ke ijo)
    apakah mencharge baterai dengan kasus seperti itu bermasalah? atau baik2 ja?
    thx

  17. assalam,, mo nanya gang
    z bru beli notebook aspireone 722 tp koq cas.y g bisa 100% hx smpe 99% padahal belinya baru kemaren.
    mohon solusinya

  18. maaf mau tnya mas,,,, laptop sya acer 4738z. apakah kalau pas di carge bateray nya penuh tidak di cabut apakah dia akan memutus arus sendiri? Mksh

  19. gan nanya nih..
    gw pake laptop nyalain matiin bgtu seterusnya sepanjang hr soalnya mmng begitu kebutuhannya..
    nah setiap mw w nyalain 5mnt sblmnya gw colokin tu adaptornya dan w pake tanpa lepas batt…
    pertanyaan : apa pengaruhnya kl w sk matiin nyalain,trs bagaimana pula dngn cara perawatan battre w.apa udah baik atw gmn??
    thnx

  20. Mas saya mw nanya
    saya klo lgi main hmpir gk prnah pke batre
    tpi ktika saya pke,,kok gak kuat smpe 2 jam??
    pdahal umur notebook saya terbilang msih muda

    mhon pncerahanya???

  21. nabil arrifai says:

    bos,laptop gue lo dinyalain harus di cas,lo tanpa dicas ga bisa,tapi lo dah nyala cas dicabut ga masalah

  22. robinsar sitanggang says:

    boleh2 aja tidak masalah tapi kalo sudah selesai batterynya langsung di lepas ya biar jangan panas,ingat musuh terbesar battery adalah panas..kalo terlalu panas bisa membuat battery itu meledak dan mempercepat penuaan.

  23. robinsar sitanggang says:

    bro.saya mau tanya nech…laptop gw acer aspire 4738 baru saya beli.saya mau tahu berapa jam lamanya battery laptop saya kalo di pakek terus sampe batterynya habis.saya pernah coba main games sambil buka aplikasi lain/browsing bertahannya sampai 2 jam 10 menit.apa iya tahannya memang segitu…saya lihat di keterangannya 6 cell,jadi saya pikir tahan 6 jam.tolong balas cepat ya bro.

    • yup kurang lebih 2 jam
      makin berat aplikasi yang dijalankan, baterainya makin boros.
      coba kalo dinyalain sj, tanpa dipakai jalanin program, pasti lebih lama

  24. gan mau nanya nii, aku kan tiap hari nyalain leptop rata2 8jam s/d 12jam /hari dan saya selalu menggunakan dengan cara lepas batre dan tancep charger,

    menurut agan bagai mana?
    terimakasih

  25. mas mau tanya kenapa musti 40 persen kenapa tidak di charge full aja 100 persen baterainya baru disimpan di suhu yang dingin dan kering soalnya saya barubeli baterai notebook begitu mas terima kasih

    • di charge sampe 100% sebelum disimpan jg ok..
      Yang penting kalo disimpan, mesti sdh ada isi-nya..
      kalo nyimpen-nya lama banget, mending 1 bulan 1x di cek lagi & di charge lagi bila perlu

  26. mau nanya, indikator lampu batre menunjukkan orange (charging) begitu juga saat saya perhatikan di power options properties, tertulis, Total battery power remaining: 100% (charging), padahal seharusnya jika sudah 100% lampu indikator berwarna hijau dan berhenti mencharger batre dan saat charger dilepas, laptop saya langsung mati. kenapa bisa begitu? mohon penjelasannya. thx.

  27. Mas, tanya yach……..
    setiap nylain laptop pasti ada peringatn “pertimbangkan untuk ganti baterai” kira2 baterai laptopQ knpa ya???? apa Q haruS secepatnya ganti baterai ataukah baterainya masih bisa digunakan,,,, soalnya gak bisa bertahan lama, apa yang harus Q lakukan???????? berikan solusi ya mass……..
    makace ^_^

  28. notebook sy msih baru CQ42
    liat artikel diatas “Secara umum untuk notebook baru, baterai akan bertahan sekitar 2 jam.”

    trnyata benar notebook sy tahan baterai nya cm smpe 2jam
    trus kira2 kpan bs tahan lebih dari 2jam????

    penggunaannya slalu saya Charge dgn baterai trpasang walau udah lebih dari 100% ttp msih sy pasang tuh adaptornya…karena katanya Laptop zaman sekarang sudah canggih. Jadi, kalau misalnya lagi dicharge terus sampai penuh, dia bakal memutus arus dengan sendirinya. Jadi tidak perlu dicabut adaptornya.
    apa itu benar??

  29. bagaimana cara memperbaiki batrai leptop yang suda drop

  30. mas mo nanya ne tpi bkan msalah bateray… bleh ngak ya….
    kmaren gue bli laptop acer aspire 4820T dg intel core i5 ram 2GB & HDD 500GB..
    bru 1 blan saya pke, tiba” tadi malam kipas nya dan CPU meternya naik hingga 70% sbenar saya tdk memberi beban apa” sama CPUnya.dan satu hal lagi dgn hal dmikian otomatis n=baterainya tidak tahan lama, biasanya bisa than hingga 8jam skarang hnya bsa 2jam sja..
    tolong mas kasih saya solusinya, apa harus saya bawa k garansi aja,,,,

    • hal yg sob alamin sama kyk adk gw…
      coba sob “Restore your computer and reinstall windows”
      dan isya allah akan nrmal kmbli…

  31. jimmy gestu says:

    mau nanya ni pak… saya pernah baca di bebrapa blog…
    di mengatakan bahwa… “Jangan Melakukan sistem CdC (Charge Discharge) = “Apabila batrei penuh cabut adaptor, Dan setelah habis pasang adaptor”

    apkah pndpat speri ini emang benar…???
    mkasih bnyak Pak….

    • Baterai mempunyai keterbatasan untuk cycle charge-discharge. Dan makin sering digunakan, cycle tersebut berkurang dan baterai tidak bisa mencapai kapasitas awalnya lagi. Jadi sesekali saja lakukan discharge hingga baterai benar-benar habis, bisa 1-2 bulan 1x.

  32. jimmy sukrida says:

    mas mo nanya ne….
    ada yg blang
    Setiap Menggunakan Laptop lebih baek jika power adaptor tetap terpasang (di Cas terus) Karena batrei tipe-tipe BARU SEKARANG mempunyai CONTROLL BATTERY artinya “jika Full, batrei akan stop charging (stand by) jadi laptop otomatis langsung pakai power listrik, Dan Juga Tidak Membuat Batrei Soak/Kembung”.
    apkah pndapat sperti ini bner Mass…..
    thanks ea mas……

    • Memang baterai laptop baru punya control baterai yang lebih baik. Tapi pengalaman membuktikan bahwa overcharge menyebabkan baterai lebih cepat drop/rusak, dibandingkan jika tidak overcharge…
      Mau buktikan? Silahkan dibuktikan, dan silahkan sharingkan disini hasilnya bgm.. :)

  33. makasi…ats info’a…

  34. gan ….. boleh nanya ya…!!! kenapa laptop aku (Toshiba satellite pro m200) kalau langsung pake charger (batery dilepas) gak mau masuk windows….. cuma restrat melulu…….!!!!!!!!! mhn pencerahan…….Trim`s

  35. mau sekedar nanya tentang laptop, sayah baru beli laptop seken hp dv-5-1 125 segel udah pernah di buka, kondisi laptop baru setahun dan kondisi baterai udah ngedrop banget.

    pertanyaan nya sangat simpel aja, apakah laptop sayah masih bagus ? dan bisa bertahan lama ?

    tha’kz

  36. Tolong tanya, saya sudah melakukan prosedur2 yg disarankan oleh IBM ( saya pengguna setia IBM TPad sejak dulu ) dan ternyata juga sudah sejalan dgn advise & tips anda. Tetapi kali ini, saya K.O. dgn Batt. Payah benar dgn
    Notebook IBM model Z60M , Type : 2531 Model A11 karena meski prosedur2 sudah dijalankan, masih saja umur Batt. nya mati setelah sekitar 1(satu) tahunan. Saya sudah menggantinya 2(dua) kali sejak beli NB baru. Jadi NB z60M ini “makan” 3 batt. Too much. padahal NB IBM kami ( kantor) yang sudah2 biasanya bisa lebih 2 thn, bahkan bisa nyaris 3 thn.
    Oleh karena benar2 boros, maka terpikir oleh saya untuk mengganti Cell nya sendiri. Apakah Anda bisa berikan advise cara membongkar Plstic Case nya ?.
    Untuk ke Harco/Glodok, saya tak begitu mantap dengan ‘tingkat kepercayaan’.
    Sebelum dan sesudah nya , saya sampaikan banya terima kasih atas saran2 nya.

    Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

  37. ka,boleh g saya klo pke netbook sambil di isi batrenya dan tidak mencabut batrenya?

  38. Bang Aku Main gak pakai baterai, kata temen langsung aja colokkan pakai charger. boleh gak tuh ???

  39. kak saya mau tanya. saya kan baru beli mini notebook baru, truz di buku petunjuknya kalo ingin merawat baterainya, maka baterai harus di pakai sampai benar2 habis, lalu di charge kembali…. jadi saya ingin tanyakan yang mana cara yang betul kak? makasih sebelumnya ya kak. GBU

  40. saya mau tanya, knpa notebook saya bila di charge kok gak bisa full sampe 100% ya? hanya sampe 80% aj. padahal biasanya sudah bisa penuh. apa usia batreinya sudah pendek? trims

  41. nice inpo fan,,,
    makasih atas pencerahannya nih,,,walau batrey laptopku udah terlanjur nge-drop,,,
    haha,,,

  42. Jamz D. Mozac says:

    pak, saya ijin copas artikel ini iah… ^_^
    http://www.facebook.com/topic.php?topic=14843&uid=93757736393

  43. mustaqim says:

    Wah, terimakasih infonya, :)

  44. thanks for sharing :) sangat berguna

  45. Militan JUVENTUS says:

    thank’s brad….
    d tunggu info yg laennye

  46. kak, mw tnya..
    sebaiknya mencharge baterai notebook hp mini itu berapa jam ?

    6-8 jam atau hanya menunggu lampu indikator menyala??

    terima kasih sblmnya ,,, ^_^

  47. hmm kak mau nnya,,,apa yg menyebabkan program software agak berat ska susah dbka,,soal netbook aq ska ssah,,,stiap ngenet…..hardisk aj skita 17% terpakai,,,mnurut kk gmn cra penanggulangan nya kak,,,mkasih ya sblmnya……….

  48. nice info ^_^

  49. Saya baru beli laptop dan kata penjual laptopnya pada pemakaian awal / charge yang pertama sampai charge yang kelima baterai di biarkan habis (kosong) baru di charge ulang, nanti setelah lewat yang kelima baru bisa di charge seperti biasa, yang ingin saya tanyakan apa betul pendapat itu ? sekedar informasi merk laptopnya Acer 2930

  50. Mas mau nanya…
    kalo charger laptop itu pemakaian maksimal perharinya berapa jam???
    dan gimana cara merawatnya untuk bisa diapke jangka panjang..???
    makasih

  51. Bolehkah laptop dinyalakan langsung dr power listrik tanpa baterai (baterai dilepas) ?? apa pengaruhnya?? soalnya toko tempat sy beli laptop tidak menganjurkan baterai dilepas.
    Thanx

    • itu tergantung dari pemakaiannya.
      jika laptop akan digunakan dalam jangka waktu yang lama, lebih baik baterai di lepas dan disimpan di tempat yang dingin dan kering. hal ini dapat menambah daya tahan baterai lebih lama.
      sedangkan untuk pemakaian yang tidak begitu lama misalnya sekitar 2-3 jam lebih baik biarkan baterai laptop tetap tertancap. hal ini tidak akan merusak pengunci baterai laptop. tetapi jangan lupa cara pengisian dan penggunaan baterai yang benas dan sesuai prosedur seperti diatas.

  52. kk,
    maav ngrepotin….
    cm mw tnya klo laptop sering di hidupkan dan dimatikan apa pengaruh’ny?
    cz laptop’Q g aQ ja yang pake
    join ma sodara2′Q

    pngaruh’nya parah g?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>