Posisi Duduk Yang Benar Saat Menggunakan Komputer

Posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer adalah hal penting yang harus anda perhatikan saat bekerja berjam-jam di depan komputer. Posisi duduk yang salah bisa mengakibatkan salah urat, nyeri punggung, hingga kelainan tulang. Selain untuk menghindari sakit pada otot dan tulang, posisi duduk yang benar juga menambah konsentrasi dan fokus saat bekerja menggunakan komputer. Lalu apa saja posisi duduk yang baik dan benar saat mengoperasikan komputer?
Posisi Duduk
Setidaknya ada tiga aspek yang mempengaruhi posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer; yaitu posisi duduk (dengan atau tanpa kursi), posisi meja, dan layar monitor. Apabila anda menggunakan komputer dengan meja pendek, dimana tempat duduknya adalah lantai (tanpa kursi), gunakan bantal sebagai alas duduk.
duduk yang benar saat menggunakan komputer
Agar kaki tidak tertekuk, gunakan meja yang memiliki rongga di bawahnya. Bila anda menggunakan kursi, posisi paha harus sejajar dengan lantai, dan telapak kaki harus menapak ke lantai. Gunakan bantal duduk untuk menjaga punggung bawah agar tetap tegak. Usahakan berada dalam posisi punggung dan kepala yang santai, tapi tidak membungkuk. Rubah posisi duduk secara berkala, seperti 20 menit sekali untuk menghindari otot dan sendi kaku. Untuk kenyamanan extra saat menggunakan komputer, pertimbangkan untuk membeli kursi komputer: selain dibuat dari bahan yang berkualitas dan extra nyaman, kursi ini biasanya dilengkapi dengan fitur canggih seperti loudspeaker.
Posisi Meja
Salah satu aspek penting dalam posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer adalah posisi meja –tempat dimana kita meletakkan keyboard. Pertama-tama, usahakan meja komputer yang anda gunakan memiliki tatakan kaki, yang akan sangat berguna bagi pengguna komputer yang kaki-nya tidak bisa menjangkau lantai.
Agar posisi duduk nyaman, keyboard harus diletakkan pada posisi yang membuat lengan anda merasa santai/rileks. Saat menggunakan keyboard, pergelangan tangan harus pada posisi lurus, netral, dan senyaman mungkin; sedangkan posisi siku harus membentuk sudut sekitar 90derajat. Posisi mouse/tetikus pada meja juga penting, dimana posisinya harus dekat dengan keyboard: khusus bagi yang kidal, letakkan mouse pada sebelah kiri keyboard.
Pengaturan Monitor
Posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer juga berhubungan dengan kenyamanan mata, dan kenyamanan mata berhubungan erat dengan layar monitor. Untuk menjaga kenyamanan mata, pastikan layar monitor bersih dari debu.
Selain itu, atur kontras dan tingkat kecerahan layar, sehingga tidak menyilaukan mata. Selain itu, atur jarak monitor dari mata, dimana mata dan monitor harus sejajar dan jarak antara keduanya paling tidak satu lengan orang dewasa.

Tagged with 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>