Review Asus MeMO Pad ME172V

Pasar tablet di Indonesia sepertinya sedang menjanjikan. Banyak produsen, dari kecil hingga besar gencar melakukan promosi produk mereka di negeri ini. Asus juga tidak mau ketinggalan. Produsen tablet Asal Taiwan ini sekarang mencoba peruntungan mereka dengan merilis Asus MeMO Pad ME172V. Dengan harga Rp 1.599.000, apa saja yang menjadi unggulan dari produk ini? Pertama, tablet ini memiliki dengan layar 7 inci. Ukuran ini masih menjadi favorit tidak peduli apakah tablet tersebut termasuk budget tablet (tablet murah) atau tablet mahal. Layar 7 inci hadir dengan resolusi 1024 x 600. Jika anda merasa kurang, kembali lagi ke poin sebelumnya. Harga 1 jutaan tidak mungkin disamakan dengan fitur tablet 10 jutaan. Namun Asus MeMO Pad ME172V sudah dilengkapi dengan Android 4.1 Jelly Bean. Ini sudah lebih dari cukup untuk prosesor VIA WM8950 1GHz dan RAM 1 GB yang dimilikinya. Kapasitas penyimpanan sendiri dalah 8 GB.

Asus MeMO Pad ME172V

Flash back sedikit ke belakang, Asus sangat terkenal dengan Nexus 7 yang merupakan hasil kerjasama perusahaan ini dengan Google. Untuk rentang harga satu jutaan, vendor sekelas Acer dan Swipe juga mencoba memasarkan produk mereka di India. Namun bagaimana performa Asus MeMO Pad ME172V dibandingkan pesaingnya tersebut? Mari kita simak:

Desain Asus MeMO Pad ME172V

Desain akan selalu menjadi perhatian utama saat kita membeli tablet. Untuk tablet baru dari Asus ini, yang terlihat adalah desain yang elegan. Terbuat dari plastik tidak berarti sebuah tablet harus tampil murahan. Bodinya terlihat kokoh dengan bezel di bagian depan. Di bagian atas anda bisa melihat sebuah kamera, sementara di bagian bawahnya adalah logo Asus. Saat meletakkan tablet ini dalam posisi landscape, di sisi kiri anda akan menemukan port charging dan USB serta slot microSD. Sementara di sisi kananya terdapat 3.5mm audio jack. Panel di bagian atas memiliki volume rocker dan tombol power. Bagian belakang Asus MeMO Pad ME172V cukup lengang, hanya ada sebuah speaker di bagian bawah. Dimensi tablet ini adalah 11.2 x 119.4 x 196.4 mm dengan berat 340 gram. Ini tidak terlalu berat untuk sebuah tablet, mengingat layarnya juga tidak terlalu besar. Yang kurang menarik dari tablet ini adalah kontras yang terlalu tajam antara bagian depan dan belakang. Bagian depan tablet terlihat solid dengan warna hitam, namun di belakangnya putih.

Antarmuka dan software Asus MeMO Pad ME172V

Dengan Android Jelly Bean di dalamnya, kita bisa mengharapkan performa yang stabil. Ada sedikit pengaturan yang ditambahkan pada tablet ini, yaitu 7 ikon di bagian bawah layar, diantaranya adalah Gmail, gallery, Chrome, MyLibrary, Google Play Store, Play Music app, dan Menu. Ada beberapa aplikasi yang telah terinstal pada tablet ini, seperti aplikasi Amazon Kindle dan MyLibrary Lite app. Aplikasi lain yang cukup menarik adalah PressPreader yang memungkinkan anda untuk membaca surat kabar dari 95 Negara di seluruh dunia. Masih mau lagi? Beberapa aplikasi berikut ini mungkin menarik minat anda, Asus Studio, BuddyBuzz, AudioWizard, Play Music, Movie Studio, App Backup, SuperNote Lite, MyBit Cast dan masih banyak lagi. Terbukti dengan harga 1,5 jutaan rupiah, Asus MeMO Pad ME172V mampu memberikan lebih kepada penggunanya.

Dari sekian banyak fitur menarik yang ditawarkan, tablet ini memiliki kekurangan pada kameranya. Kamera hanya terdapat di bagian depan, yaitu dengan resolusi 1 megapiksel. Di bagian belakang benar-benar kosong, seharusnya terdapat kamera disana walaupun resolusinya kecil. Dengan kemampuan merekam 720p dengan 30fps, hasilnya standar. Pada kondisi minim cahaya, gambar yang dihasilkan buram dan agak kasar.

Nah, sekian review Asus MeMO Pad ME172V kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>