Review Samsung Galaxy Note 8.0

Di tengah ketatnya persaingan gadget saat ini, setiap produsen membawa ciri khas mereka sendiri-sendiri. Samsung hadir dengan S-pen yang sedikit banyak telah menjadi standar bagi banyak produk Samsung, baik tablet maupun Smartphone. Samsung Galaxy Note 10.1 sudah cukup baik dari segi kualitas. Namun seri terbaru, Samsung Galaxy Note 8.0 mungkin akan membuat anda terkesan terutama dengan fitur multitasking serta fitur panggilan Dom Joly-style nya.

Samsung Galaxy Note 8.0

Desain Samsung Galaxy Note 8.0

Berbicara soal desain, tablet ini memiliki beberapa kemiripan dengan Galaxy S3 dan S4, kemungkinan besar memang kedua tablet ini menginspirasi desain Galaxy Note 8.0. Tablet ini memiliki bentuk yang agak berlekuk dengan bodi plastik dan bezel putih. Dari sisi estetis, Smartphone ini terlihat cukup menarik, namun sayangnya masih ada kesan “murah” terutama jika dibandingkan dengan Nexus 7 atau iPad Mini. Dengan berat 345 gram dan ketebalan 7,95 mm, tablet ini terasa cukup ringan untuk digenggam. Dibandingkan dengan S3, tablet ini lebih tipis sehingga lebih nyaman untuk dipakai dengan satu tangan. Di sisi kiri terdapat slot MicroSD, sementara di sebelah kanan terdapat tombol volume dan IR blaster. Port lain yang terdapat pada tablet ini adalah headphone jack, kemudian di bagian bahwa terdapat kotak stylus dan speaker.

Fitur Samsung Galaxy Note 8.0

Jika anda ingin merasakan menulis di atas tablet seperti menulis dengan pensil di atas kertas, maka sensasi tersebut bisa anda rasakan pada tablet ini. Fitur S pen semakin baik, dan tentunya terasa semakin “real” pada seri-seri terbaru Samsung. Ada beberapa aplikasi kompatibel yang disematkan ke dalam tablet, seperti Awesome Note HD dan Paper Artist. Dengan begitu, menulis dengan S pen akan semakin produktif. Dari semua fitur yang ditawarkan, salah satu yang paling menarik adalah Multi-Window. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk menjalankan 2 aplikasi sekaligus secara vertikal atau horizontal. Namun begitu, membuka aplikasi secara bersamaan tidak akan mengganggu performa tablet. Penambahan IR blaster membuat tablet ini semakin fungsional karena bisa dijadikan remote universal, yaitu dengan menginstal aplikasi Peel. Fitur lain yang cukup menarik adalah eReader yang fungsinya adalah untuk menyinari layar agar anda lebih nyaman saat membaca dengan tablet.

Performa Samsung Galaxy Note 8.0

Tablet ini hadir dengan layar 8 inci beresolusi 1280×800, sama seperti yang terdapat pada Samsung Galaxy 2 10.1. Paparan warnanya jernih dan tajam, cukup nyaman untuk menonton video. Dengan kerapatan 189 PPI, kejernihannya lebih baik dibandingkan dengan iPad Mini atau Galaxy Note 10.1. Anda akan merasa cukup nyaman untuk membuka berbagai file multimedia atau browsing. Tablet ini didukung oleh prosesor quadcore Exynos 1.6GHZ dengan RAM sebesar 2 GB. Dengan dukungan spesifikasi ini, anda bisa menjalankan fitur multi-tasking dengan nyaman. Dibungkus dengan Android Jelly Bean 4.2.2, tablet mampu bekerja sesuai dengan ekpektasi anda. Browsing terasa sangat cepat terutama saat memakai browser ringan seperti Chrome.

Fitur Samsung Galaxy Note 8.0

Kamera yang disematkan pada perangkat ini sudah cukup besar, yaitu 5 MP. Hanya saja kapasitas sebesar itu tidak didukung dengan lampu flash. Sementara kamera depannya adalah sebesar 1,3 MP, sedikit menurun dari seri Galaxy Note lain yang mencapai 1,9 MP. Kualitas gambar bagus, namun tidak spektakuler. Kemampuan kamera semakin bertambah dengan fitur Auto Focus. Merekam video sudah bisa dengan kualitas 720p HD. Untuk semua fitur yang dimiliki, tablet ini didukung oleh baterai berkapasitas 4,600maH, berada diantara Note 2 dan Note 10.1. Dengan baterai tersebut, tablet diklaim bisa bertahan selama sekitar 9 jam.

Sekian review Samsung Galaxy Note 8.0 kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>