Review Sony Xperia SP

Sony hadir dengan gebrakan baru, Sony Xperia SP. Ini adalah salah satu Smartphone unggulan saat ini, dengan fitur utama yaitu layarnya yang luas. Smartphone berlayar besar semakin diminati oleh pecinta ponsel. Sepertinya agak sulit bagi Sony untuk mencari tandingan dari Sony Xperia Z karena Smartphone tersebut memiliki spesifikasi tinggi dan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Sony Xperia SP tidak seperti pendahulunya tersebut, hadir tanpa fitur anti air, kamera 13 MP, atau layar full HD 5 inci. Namun ada beberapa hal yang membuat Smartphone ini layak untuk dicoba.

Desain Sony Xperia SP

Kesan pertama saat melihat ponsel pintar ini cukup baik. Desainnya atraktif dengan bentuk yang agak melengkung. Walaupun tidak terlalu slim, Smartphone ini cukup nyaman saat digenggam. Bodinya mengandung karet yang semakin membuat ponsel terasa nyaman saat dipegang. Kesan ekslusif bisa dirasakan dengan hadirnya kaca yang agak mengkilap. Smartphone ini memiliki dimensi 130.6 x 67.1 x 10 mm, lebih pendek dan sempit dibandingkan dengan Xperia Z. Beratnya adalah 155 gram, ada 3 pilihan untuk anda, yaitu merah, hitam, dan putih. Banyak Smartphone keluaran terbaru memakai sistem casing terkunci, sehingga anda tidak bisa mengganti baterai. Ponsel ini memiliki cover yang bisa dibuka di bagian belakang, hanya saja tidak ada akses untuk baterai. Yang ada hanyalah akses untuk kartu microSD.

Smartphone ini hadir dengan layar 4,6 inci, cukup besar namun pas untuk golongan Smartphone menengah ke atas. Walaupun bukan full HD, namun resolusi 720p sudah lebih dari cukup untuk ukuran layar segitu. Kerapatan layarnya adalah 319 PPI, lebih rendah dari Samsung Galaxy S4, namun lebih tinggi dari iPhone 5. Layarnya terlihat bagus, dengan warna yang tampak hidup dibungkus dengan latar hitam yang mengesankan. Sepertinya Sony tahu benar bagaimana mengaplikasikan warna yang nyata dan tajam pada perangkat buatannya.

Fitur Sony Xperia SP

Berbicara soal fitur, anda mungkin tidak bisa menemukan fitur sebanyak yang terdapat pada Smartphone Samsung. Namun itu bukan berarti Sony Xperia SP kekurangan fitur. Ada beberapa fitur yang cukup menarik untuk dicoba, seperti Sony Music Unlimited. Cara kerjanya hampir sama dengan Spotify. Fitur lain yang juga menarik adalah Video Unlimited, memungkinkan anda untuk menonton film-film favorit. Dengan dukungan fitur TrackID, anda bisa mengetahui musik apa yang sedang diputar. Ada pula Album, sebuah fitur yang bisa anda pergunakan untuk mengelola gambar. Masih ada banyak fitur lain yang akan membuat anda tertarik untuk mencobanya. Untuk kamera, anda tidak akan kecewa dengan kamera beresolusi 8 MP nya. Memang lebih kecil daripada yang dimiliki oleh Xperia Z, namun hasil jepretannya tidak kalah bagus. Ada tombol shutter di samping Smartphone, sehingga mengambil gambar terasa lebih mudah. Kemampuan merekam video juga sudah bagus, yaitu 1080p.

Performa Sony Xperia SP

Didukung oleh prosesor dual-core 1.7GHz Snapdragon S4 Pro (MSM8960), 1GB of RAM, Sony Xperia SP lebih seperti produk andalan yang seharusnya dikeluarkan tahun 2012 lalu. Namun begitu, spesifikasi ini pada dasarnya sudah cukup solid. Kapasitas penyimpanan internalnya adalah 8 GB, terlihat kecil memang apalagi yang benar-benar “bebas” untuk menyimpan data hanya sekitar 5,5 GB saja. Namun tenang saja, ada slot microSD yang memungkinkan anda untuk menambahkan memori eksternal hingga 32 GB. Sistem operasi yang bekerja di dalamnya adalah Android Jelly Bean versi 4.1.2. Memang bukan versi terbaru, namun sudah cukup untuk mendukung Smartphone dengan spesifikasi seperti ini. Untuk daya tahan baterai, Sony Xperia SP bisa dibilang luar biasa. Smartphone ini bisa bertahan hampir seharian dengan pemakaian intens.

Nah, sekian review Sony Xperia SP. Semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>