Sistem Operasi Terbaik: Mac OS X Lion VS Windows 7

Sistem Operasi Terbaik: Mac OS X Lion VS Windows 7Untuk membantu Anda memutuskan mana sistem operasi terbaik, kami akan membandingan setiap fitur Mac OS X Lin dan Windows 7.

1. Tampilan

Mac OS X Lion
Tampilan dari sebuah OS dibuat untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan aplikasi di dalamnya. Dengan penambahan Launchpad membuat tampilan Lion lebih mudah dari sebelumnya karena menampilkan ikon aplikasi sistem Anda. Untuk mengakses Launchpad, cubit tracpad menggunakan tiga jari dan ibu jari Anda atau tekan tombol khusus Launchpad pada MacBook Air terbaru.

Pada dasarnya Launchpad meniru tampilan iOS pada iPhone dan iPad. Anda dapat dengan mudah berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, dan Anda dapat menarik ikon aplikasi ke ikon aplikasi lainnya untuk membuat folder program yang bertema sama.Apple telah mengintgrasikan App Store Mac dengan Launchpad, sehingga ketika Anda melakukan pembelian di App Store maka secara otomatis muncul dan terinstal di Lunchpad.

Lion juga mempertahankan Dock ( dikenal sebagai taskbar di Windows) dari versi OS sebelumnya. Anda dapat menarik ikon dari Launchpad ke Dock untuk membuat aplikasi lebih mudah diakses.

Lion membuat program bawaan dan software pihak ketika ditampilkan di seluruh layar. Untuk beralih antar aplikasi secara langsung dapat dilakukan dengan menggeser dua jari ke kiri atau kanan pada touchpad. Namun dapat mengaburkan menu bar selama Anda menggunakannya.

Tampilan Mac OS X LionWindows 7
Tampilan Windows 7 tidak jauh berbeda dari versi Windows sebelumnya, tapi lebih bisa diterima. Sementara tombol Start tetap, Microsoft membuat taskbar terlihat lebih bagus dari sebelumnya.

Tombol terlihar lebih tajam dan dapat disusun dengan menggunakan drag mouse sederhana. Jika fungsi Aero Glass diaktifkan, Aero Peek akan membuat Anda melihat jendela-jendela aplikasi yang terbuka yang melayang di atas tombl taskbar. Demikian pula dengan Jump Lists, klik kanan tombol taskbar akan menunjukkan aplikasi yang sebelumya dibuka atau Windows yang sedang aktif atauk untuk mengakses halaman web dengan cepat.
Tampilan cerdas lainnya adalah ikon show Desktop di ujung kanan taskbar yang melayang di atas persegi panjang yang menyajikan desktop Anda setiap saat.

Tampilan Windows 7Pemenang: Mac OS X Lion
Dengan Launchpad, Dock yang lebih user friendly dan aplikasi yang ditampilkan di seluruh layar, membuat Lion memiliki tampilan lebih modern.

2. Multitasking dan Windows Management

Mac OS X Lion
Penyempurnaan dilakukan di Snow Leopard dengan mengenalkan Mission Control, yang menggabungkan fitur Expose dan Spaces. Expose menampilkan thumbnail dari semua jendela, sehingga memudahkan navigasi. Fitur Spaces mensetup beberapa desktop, membuat Anda menetapkan aplikasi spesifik untuk masing-masing desktop dan menghindari desktop berantakan. Sekarang semua dapat diakses pada satu layar.

Mission Control, diaktifkan dengan menggerakkan trackpad atau dengan shortcut menggunakan keyboard. Memungkinkan Anda melihat semua desktop di jendela mini diatas desktop yang sedang aktif. Mission Contol juga mengungkapkan aplikasi yang terbuka, sehingga mudah untuk beralih ke jendela atau aplikasi lain. Menekan shorcut “Tab + Alt” di keyboard juga dapat beralih antar aplikasi.

Sayangnya, Mission Control dapat membingungkan. Lion akan mengatur secara otomatis dan menumpuk jendela aplikasi yang berhubungan di tengan layar, layar akan penuh dengan jendela yang dipisahkan dengan spasi. Anda juga tidak dapat menutup aplikasi dari Mission Control.

Multitasking Mac OS X LionWindows 7
Multitasking pada Windows 7 tidak sebagus Lion, tapi lebih efektif. Selain menekan Alt + Tab untuk beralih antar aplikasi, juga dapat dilakukan dengan menekan tombol Win + Tab bila Anda mengaktifkan Aero Glass. Jendela aplikasi yang aktif akan ditampilkan secara 3D.

Sebagian multitasking di Windows 7 dilakukan melalui taskbar. Aero Peek menampilkan thumbnail aplikasi yang terbuka melayang di atas taskbar. Tambahkan aplikasi yang sering digunakan ke taskbar dengan mengklik kanan aplikasi tersebut dan pilih “Pin this program to taskbar” di menu dropdown. Namun, taskbar dapat menjadi semmpit.

Cara lain untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain adalah melakukan Snap. Ambil bagian atas jendela dan dorong ke samping. Kunci jendela ke samping dan ubah ukuran menjadi setengah layar. Ulangi di sisi lainnya. Klik dua kali bagian atas jendela untuk kembali ke ukuran penuh.

Multitasking Windows 7Pemenang: Windows 7
Sementara Mission Control terlihat lebih ambisius, multitasking lebih mudah dilakukan dalam Windows 7.

3. Touchpad dan Multitouch

Mac OS X Lion
touchpad Mac OS X LionLion mengurangi kemampuan trackpads yang tidak terpakai dengan mempersempit gerakan jari.

Trackpads sangat akrab bagi pengguna iPhone dan iPad, tapi Lion menambahkan tiga dan empat gerakan jari baru.

Misalnya, membuka Mission Control dengan menggesekkan tiga jari dan menggesek switch ke kiri atau kanan aplikasi di layar. Untuk memulai Lauchpad dapat dilakukan dengan mencubit tiga jari dan jempol, menyebarkan tiga jari dan jempol untuk menyajikan desktop. Bila Anda berada dalam sebuah aplikasi dengan beberapa jendela yang terbuka, menggeser dua jari ke bawah akan menampilkan semua jendela untuk beralih antar jendela. Untuk memperbesar dan keluar dari jendela apapun tidak hanya dapat dilakukan dengan mencubit dua jari, menekan dua jari juga memungkinkan Anda memperbesar bagian tertentu dari sebuah halaman gambar atau web.

Meskipun menggerakan jari untuk navigasi hal yang umum, namun Anda juga perlu megingatnya. Selain itu, standar menggerakkan dua jari sekarang merupakan modus default sebagaimana perangkat iOS bekerja, kebalikan dari proses Mac yang normal. Anda dapat mengubah pengaturan ini di Preferences.

Windows 7
touchpad Windows 7Gerakan multitouch pada Windows 7 sangat bervariasi sesuai dengan notebook dan perusahaan yang membuat touchpad. Secara umum, scrolling dengan dua jari bekerja dengan baik, tapi gerakan untuk zoom tidak semulus seperti pada Mac. Menggunakan tiga jari untuk membolak-balik foto juga dihilangkan. Namun, dapat memulai sebuah program dengan menekan tiga jari.

Pada Notebook Windows terbaru, seperti Samsung Seri 9, Anda dapat melakukan empat gerakan jari. Menggesek ke bawah akan meminimizes sesuatu dan menggesek ke atas akan mengaktifkan window manager Aero 3D.

Gerakan touchpad dapat disesuaikan, membuat perubahan memerlukan banyak gerakan klik ke bawah. Selain itu, beberapa vendor notebook Windows menonaktifkan fitur-fitur yang berguna secara default.

Pemenang: Mac OS X Lion
Apple memiliki hardware dan software yang benar-benar berbeda. Gerakan pada mousepad bekerja lebih baik pada Lion.

4. Search: Mac Spotlight VS Windows Search

Mac OS X Lion
Spotlight, search bar di Mac, menjadi lebih produktif di Lion. Untuk mengaktifkannya dengan cara mengkilk ikon kaca pembesar di sudut kanan atas atau menekan Command + Spasi, Spotlight akan mencari seluruh hard drive, web atau Wikipedia. Saat Anda mengetik karakter dalam search bar, Spotlight akan menemukan pilihan yang mungkin dan dikelompokkan menurut kategori (dokumen, musik, gambar) dan sering kali menemukan apa yang Anda cari sebelum Anda selesai mengetik. Anda dapat mempersempit cakupan pencarian untuk tipe data tertentu dengan menyesuaikan Spotlight di System Preferences.

Di Lion, skerang Spotlight menunjukkan preview dari item sehingga Anda dapat memeriksa apakah itu item yang Anda cari. Drag dan drop item ke email, desktop atau aplikasi lebih cepat dan mudah.

Lion juga mendukung pencarian file pada folder direktori, dengan search bar yang terletak di sudut kanan atas jendela folder.

search Mac OS X LionWindows 7
Sejak penampilan pertama pada Windows Vista semakin membaik, search box pada start menu akan mencoba menemukan permintaan Anda dengan menunjukkan hasil yang dikelompokkan menurut kategori (documents, e-mail, music, picture, dan lainnya) pada ssat Anda mengetik. Search box dapat Anda lihat setelah menekan tombol Windows atau klik tombol Windows di kiri bawah.

Pencarian di folder tertentu atau library dapat menemukan hasil yang terbatas pada isi folder saja. Pengguna dapat menerapkan pencarian lebih detai dengan menggunakan menu drop down search box. Sebuah panel pratinjau yang dihasilkan membuat Anda dapat melihat apakah itu hasil yang Anda cari.

search Windows 7Pemenang: Mac OS X Lion
Baik Lion dan Windows 7 melakukan pekerjaan pencarian dengan sangat baik, tetapi Lion lebih baik dengan membuat Anda dapat melihat pratinjai file dari dalam Spotlight. Linga juga bekerja lebih cepat dan memungkinkan Anda memperluas pencarian Anda ke web.

5. Web Browsers Bawaan

Mac OS X Lion
Safari 5.1 sedikit berkembang di Lion, termasuk navigasi browsing yang lebih efisien dengan gerakan multitouch dan kemampuan melihat secara penuh di layar. Gerakan menekan dua kali untuk memperbesar teks atau gambar dan menggesekkan ke kiri dan kanan untuk navigasi halaman.

Fitur baru Reading List memungkinkan Anda menyimpan artikel untuk dibaca lain waktu. Untuk melakukannya, tekan Command + Shift +D, atau tarik URL ke ikon kacamata di sebelah kiri toolbar. Atau pilih Add To Reading List dari menu Bookmarks. Klik ikon kacamata untuk membuka list Anda di sidebar. Sayangnya, halaman tidak disimpan untuk membaca secara offline.

Ikon Reader di addres bar memformat setiap URL halaman untuk memudahkan membaca dan pencetakan, Anda akan mendapatkan teks bersih dan semua gambar dan iklan dibuang.

browser Mac OS X LionWindows 7
Internet Explorer 9 adalah pemenang LAPTOP Editor’s Choice kategori browser berbasis Windows. Berkat akselerasi hardware, halaman muncul dengan cepat, dan teks, gambar dan video yang ditempilkan lebih banyak dan bagus. Integrasi yang mulus dengan Windows 7 memungkinkan IE9 memanfaat fitur sistem operasi sbagai snap untuk melihat dua sisi halaman web berdampingan. Dengan mengklik kanan pada tombol taskbar IE9, Anda dapat mengakses Jump Lists untuk memilih dari halaman yang baru dilihat.

IE9 benar-benar merenovasi tampilan maximize layar browser dengan meminimalkan toolbar dan membuat kontrol navigasi lebih mudah ditemukan dan digunakan. Menambah tab halaman semakin cepat. Klik tombol New Tab di sebelah kanan tab halaman terakhir dan halaman baru akan terbuka dan menampilkan kode warna history halaman yang dibuka sebelumnya dan refresh address bar untuk mengetik URL lain. Tab dapat diseret ke taskbar untuk diaskses secara offline.

IE9 memungkinkan Anda melakukan pin pada situs, sebuah fitur yang terintergrasi langsung dengan Windows 7. Setelah Anda pin situs ke taskbar, Anda dapat memberikan pemberitahuan, seperti pesan baru. Pengguna juga dapat mengklik kanan ikon untuk mengakses Jump List dari berbagai shortcut.

browser Windows 7Pemenang: Windows 7
Berkat perbaikan tampilan, kinerja dan fitur taskbar, IE9 mengalahkan Safari 5.1 sebagai web browser yang lebih baik.

6. Multimedia

Mac OS X Lion
Mac OS lama dilengkapi versi iLife’09 yang meliputi iDVD, iMovie, iPhoto, iWeb dan kreator musik GarageBand. Tapi untuk upgrade ke iLife’11, Anda harus membeli di Apple Store seharga $49 atau download setiap aplikasi secara sendiri-sendiri di App Store dengan harga $14,99 per aplikasi.

Versi upgrade menambahkan beberapa fitur baru, termasuk tampilan fullscreen dan link instan Facebook dan beberapa penambahan peforma yang ditingkatkan. Pengguna yang sering menggunakan versi lama akan melihat perbedaannya.

Apple QuickTime Player telah ditingkatkan dengan kemampuan lebih interaktif. Pengguna dapat menggabungkan beberapa klip menjadi satu film, berbagi audio video dengan pengguna lain dan mengambil gambar di layar. Berbagi video ditangani di QuickTime melalui satu tombol link untuk email, Facebook, Flickr, iMovie dan Vimeo. Sayangnya, Mac masih belum mendunkung Blu-ray.

Multimedia Mac OS X LionWindows 7
Microsoft Windows 7 tampaknya menciptakan banyak sekali fitur untuk menampilkan multimedia. Disertakan pada banyak laptop dan tersedia sebagai aplikasi gratis, Windows Live Essentials yang mencakup Messenger, Movie Maker, Photo Galery, Windows Mail dan Writer (untuk blogging), semua diaktifkan untuk mendukung cloud Microsoft.

Untuk menjaga konsistenisi, aplikasi ini mengandalkan toolbar model ribbon yang pertama kali muncul di Microsoft Office 2007 dan di situlah letak kekurangannya. Fitur powerhouse block muncul di bagian atas setiap layar. Hal ini membuat pengguna kesulitan menemukan fungsi tertentu.

Bahkan pada Windows Media Player yang tidak menggunakan ribbon interface, penggunana akan menemukan berbagai kolom dan tab untuk musik, foto, video dan media lainnya yang membuat pengguna baru kebingungan. Setidaknya di Movie Maker, link langkah demi langkah dapat membantu Anda membuat dan mengedit video.

Multimedia Windows 7Pemenang: Mac OS X Lion
iLife pada Apple lebih mudah digunkan dari pada Microsoft Windows Live.

7. Game

Mac OS X Lion
Selama bertahun-tahun pengguna Mac tidak dapat bermain game terbaru. Tetapi pengenalan sistem berbasis Intel dan peluncuran Mac OS X Lion membantu mengubah itu semua. Hari ini para gamer bisa memainkan judul-judul game terbaik. Namun yang menjadi permasalahan banyak game terbaru dibuat menggunakan software Microsoft Direct X, sehingga mereka tidak kompatibel dengan Lion. Untuk membuat mereka kompatibel, pengembang game harus secara substansial mengubah software permainan mereka.

Itu bukan berarti tidak ada permainan yang tersedia untuk pengguna Mac. Valve Software misalnya, menawarkan beberapa judul yang paling laris, seperti Half Life dan Portal untuk Mac. Blizzard Entertainment, pembuat Warcraft, juga telah membuat versi untuk Mac. Kemudahan pada App Store membantu pengguna mencari permainan yang mereka inginkan, tetapi game di desktop tidak sekuat game di ponsel.

games Mac OS X LionWindows 7
Selama bertahun-tahun Windows digunakan oleh pengembang game. Sebagian besar judul yang laris di pasaran dibuat untuk platform Windows. Selain itu, Microsoft’s Games untuk Windows Marketplace memudahkan pengguna untuk membeli game secara online dan mencoba demo.

Untuk memainkan sebuah game memerlukan sistem yang kuat, dan game Windows 7 memiliki akses ke hardware lebih baik dari Mac. Sebuah game berbasis Windows 7 mampu dimainkan perangkat yang memiliki grafis baik, seperti Alienware 17 inci M17 x dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 2.2GHz, RAM 8GB,chip grafis AMD Radeon HD 6970M akan dikenakan biaya sekitar $2.000. Sebuat MacBook Pro 17 inci dengan spesifikasi yang sama dikenakan biayah lebih tinggi yaitu sekitar $2.699. jelas itu perubahan yang positif bagi pengguna Windows 7.

games WIndows 7Pemenang: Windows 7
Pilihan permainan yang lebih banyak menjadi salah satu keunggulan Windows. Meskipun mengalami kemajuan, pilihan permainan pada Mac OS X Lion masih tertinggal.

8. Keamanan

Mac OS X Lion
Sistem operasi Apple memang jarang menjadi target malware karena pangsa pasarnya lebih kecil. Tapi baru-baru ini software Mac Defender Trojan tidak benar-benar aman. Untuk melindungi dari orang jahat, Lion menggunakan fitur keamanan baru, seperti aplikasi sandboxing dan runtime perlindungan ditingkatkan.

Sandboxing dirancang untuk mengurangi dampak dari berbagai ancaman. Termasuk mengakses jaringan atau membuka dokumen yang mungin berisi data sensitif.
Sementara itu, Addres Space Layout Randomization (ASLR) sekarang tersedia untuk membuat aplikasi lebih kuat terhadap serangan. Pada dasarnya, ini adalah teknik yang terus menerus mengubah lokasi memori sistem aktif dan software aplikasi. Idenya adalah untuk menggagalkan serangan serangan yang ditujukan untuk mengakses komputer melalui komponen software tertentu.

Terakhir dan tidak kalah penting adalah full disk engkripsi FileVault 2, yang memungkinkan pengguna untuk mengienkripsi file-file penting dengan mudah. Anda bahkan dapat mengenkripsi seluruh drive.

Keamanan Mac OS X LionWindows 7
Microsoft telah meningkatkan kemampuan fitur keamanan di Windows 7 untuk membantu meminimalkan kerusakan yang disebabkan virus dan malware lainnya, tetapi akan lebih aman lagi bila ditambah dengan software antivirus yang terpisah. Action Center akan memberitahu Anda apakah antivirus up to date dan apakah firewall Anda aktif. Windows Updates akan otomatis tersetting default, tapi Anda juga dapat mengubah settingannya. Sayangnya, proses update sering terjadi di waktu yang tidak tepat, sehingga Anda juga dapat mengubah pengaturan sehingga komputer dapat mendownload update antivirus dan Anda dapat memilih apakah akan menginstalnya atau tidak.

Untuk membantu melindungi notebook Anda, Anda dapat mendownload program Microsoft Security Esentials secara gratis, yang dapat melindungi sistem dari virus, spyware, trojan dan banyak lagi. Anda juga akan memerlukan beberapa jenis software keamanan karena Windows menjadi target terbesar para pembuat malware. Software keamanan premium cenderung menawarkan fitur lebih baik.

Keamanan Windows 7Pemenang: Mac OS X Lion
Meskipun Mac sering menjadi sasaran hacker, tapi Windows masih lebih rentan terhadap malware. Selain itu peringatan software keamanan dan update Windows sangat mengganggu.

9. Parental Control

Mac OS X Lion
Apakah Anda merasa was-was bila anak Anda menggunakan MacBook Air? Lion memberikan rasa aman bagi orang tua dengan memasukkan sejulah kontrol. Anda dapat membatasi aplikasi yang dapat anak Anda akses. Anda juga dapat mencegah anak Anda membuka email dari orang yang tidak merekan kenal dan menyesuaikan kontak untuk iChat.

Seperti dengan Windows 7, Anda dapat mengatur batas waktu untuk mengakses komputer. Tetapi Lion berjalan selangkah lebih maju dengan membiarkan orang tua dapat mengatur akses hanya ke situs-situs tertentu.

Parental Controls Mac OS X LionWindows 7
Microsoft Parental Control menjaga anak Anda tetap aman dengan membatasi akses mereka hanya pada program tertentu, serta menghalangi mereka dari bermain game berdasarkan peringkat. Anda juga dapat memblokir atau memperbolehkan permainan sesuai nama. Jika Anda ingin anak Anda dapat mengakses notebook Anda hanya pada waktu tertentu dan hari-hari tertentu, Windows 7 membuat mengatur jadwal lebih mudah.

Namun, Windows 7 tidak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan website yang dapat anak Anda gunakan seperti pada Lion. Untuk menambahkan fitur ini, Anda harus memiliki notebook yang pre-loaded dengan Windows Live atau download softwarenya.

parental Controls Windows 7Pemenang: Mac OS X Lion
Dalam kategori ini Lion lebih unggul dari Windows 7 karena Anda tidak perlu software tambahan untuk membatasi surfing web anak Anda.

10. Back Up

Mac OS X Lion
Time Machine adalah fitur yang hebat di Mac OS X dan lebih baik lagi di Lion. Aplikasi ini memungkinkan Anda mem-backup seluruh sistem Anda (documents, photos, system files, dan lainnya) dan untuk me-restorenya kembali cukup mudah. Pertama kali Anda menghubungkan harddrive ke komputer Mac Anda, ini akan menanyakan kepada Anda jika Anda ingin menggunakannya sebagai drive cadangan dengan Time Meachine. Time Machine juga bekerja baik dengan Time Capsule, kombinasi jaringan wireless dan base station 802.11n.

Sekarang dengan Lion, Time Machine menyimpan salinan copy yang Anda buat atau memodifikasi saat Anda berada jauh dari backup drive atau Time Capsule. Dengan cara itu, jika Anda menghapus sesuatu tanpa sengaja, Anda dengan mudah dapat memulihkannya. Lion juga menawarkan enkripsi backup dengan FileVault 2.

backup Mac OS X LionWindows 7
Mengamankan file dan folder yang berharga mudah dengan Windows 7 sangat mudah. Anda hanya perlu membuka “Backup and Restore”, kemudian pilih tujuan untuk backup. Tampilan langsung memandu Anda melalui semua proses, termasuk memutuskan apakah Anda ingin membiarkan Windows 7 memilih apa untuk membuat cadangan pada jadwal yang teratur atau memilih file atau folder sendiri. Sayangnya backup ke jaringan hanya tersedia di Windows 7 Professional dan Ultimate.

Fitur System Restore di Windows 7 membantu merestore sistem file PC Anda ke sebelumnya. Ini akan membantu Anda membatalkan perubahan sistem tanpa menyentuh file Anda.

backup Windows 7Pemenang: Mac OS X Lion
Dengan menggabungkan backup file dan sistem menjadi satu program, Lion membuat semuanya menjadi lebih mudah. Lion bahkan membuat lebih sederhana dengan membuat pengguna untuk membackup melalui Time Machine saat menghubungkan drive eksternal.

11. Fitur Spesial

Mac OS X Lion
Salah satu langkah yang dilakukan Apple adalah mengintegrasikan App Store ke Lion. Dari kesuksesan luar biasa dari App Store iPhone, App Store Mac dibangun ke dalam Dock untuk satu kali akses. Setelah sebuah aplikasi dibeli, langsung download dan instal pada Launchpad untuk segera digunakan.
Fitur Resume pada Lion akan mengembalikan semua aplikasi terbuka, dokumen dan halaman web ketika Mac dimatikan dan restart saat ditinggalkan pengguna. Fitur lainnya adalah AutoSave, seperti namanya aplikasi ini akan secara otomatis menyimpan perubahan ke documentasi atau aplikasi yang dikembangkan dengan AutoSave bahkan jika Anda menutup aplikasi tanpa menyimpannya secara manual. Jika Anda perlu kembali ke versi sebelum perubahan yang dilakukan, perintah Revert akan membawa Anda ke sana.

Fitur Spesial Mac OS X LionFaceTime berfungsi untuk panggilan video ke Mac lain, iPhone dan iPad 2, secara otomatis menyesuaikan penggunaan format landscap ke portrait sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan. faceTime tidak hanya memaksimalkan gambar namun memungkinkan Anda beralih dari panggilan ke layar aplikasi.

Fitur Spesial Mac OS X Lion FaceTimeAplikasi Mail pada Lion juga lebih baik daripada yang Anda temukan di Windows Live, berkat tampilan percakapan yang bersih dan terdapat fungsi pencarian. Terakhir dan tidak kalah pentingya adalah AirDrop, yang membuat berbagi file antara Mac melalui jaringan peer to peer lebih sederhana.

Windows 7
Fitur Spesial Windows 7 Jump ListBukan rahasia lagi jika Microsoft memimpin dalam jumlah program yang mendukung Windows 7. Ada ribuan aplikasi yang mendukung Windows 7 yang tidak akan Anda temukan di Mac. Tapi bukan itu yang membuat Windows 7 menarik.

Jika Anda memiliki windows yang terbuka dan ingin fokus pada satu, klik bagian atas panel yang ingin anda simpan dan gerakan mouse akan membuat windows lainnya langsung menghilang dari layar. Namun, tab masih ada di taskbar.

Jump List adalah fitur untuk mendapatkan akses cepat ke situs favorit, musik, documen dan foto hanya dengan mengklik kanan tab taskbar. Sebuah menu windows baru terbuka dan membawa Anda langsung ke aplikasi yang Anda pilih.

Device Stage adalah semacam switchboard untuk mengendalikan perangkat ekternl terhubung ke PC. Baik itu printer multifungsi, kamera atau telepon. Device Stage otomatis load dan memungkinkan Anda menangani tugas-tugas yang berlaku untuk perangkat tersebut. Hanya produk-produk dengan firmware Device Stage yang dapat bekerja dengan fitur ini, yang akan terbuka secara otomatis ketika produk yang kompatibel terhubung ke laptop Anda.

Fitur Spesial Windows 7 Device StagePemenang: Imbang
Sulit untuk mengalahkan penyimpanan dokumen di Liom. App Store Mac atau Lauchpad menjadi nilai lebih lainnya. Di sisi lain, Windows 7 masih unggul dalam jumlah aplikasi.

12. Harga

Mac OS X Lion
Harga Komputer MacMac OS X Lion memberikan sesuatu yang baru, aplikasi yang user friendly dan perbaikan hardware untuk upgrade dengan harga $29,99. Menimbang bahwa Mac sudah lebih efisien dangan waktu booting yang cepat dan kinerja yang menonjol penawaran ini bahkan bisa lebih. Untuk membeli MacBook yang terinstal Lion paling mahal setidaknya sekitar $999.

Windows 7
Harga Komputer WindowsMembeli laptop Windows 7 memiliki pilihan lebih banyak dan harga yang kompetitif. Anda bisa mendapatkan notebook yang dilengkapi dengan prosesor generasi kedua Intel Core i3, RAM 4GB dan harddisk 500GB dengan harga kurang dari $600.

Pemenang: Windows 7
Ya, MacBook Air dan MacBook Pro memberikan harga yang bervariasi dan sulit untuk membandingkan antara design dan ergonomi, tapi tidak ada yang menyangkal bahwa laptop Windows menawarkan spesifikasi yang lebih baik untuk kantong Anda.

Perbandingan Harga WIndows 7 dan Mac OS X LionKesimpulan
Kesimpulan Mac OS X Lion VS Windows 7Dari hasil perbandingan di atas dapat disimpulkan bahwa sistem operasi terbaik saat adalah Mac OS X Lion. Lion unggul 7 poin dari Windows 7 yang hanya unggul 5 poin.

LionLion lebih unggul karena memiliki tampilan yang lebih menarik, unggul dalam navigasi touchpad/multitouch dan fungsi pencarian yang lebih baik. Lion juga mengalahkan Windows dalam hal multimedia, keamanan dan parent control, dan backup sistem Anda dan file penting.

Meskipun Lion lebih unggul, namun dalam beberapa hal Windows 7 lebih baik. Multitasking dalam Windows lebih mudah dan menawarkan pengalaman browsing lebih baik melalui IE9 dengan memanfaatkan taskbar. Windows 7 juga lebih unggul dalam Game dan harga.

Lion menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik, Resume dan AutoSave, belum lagi keamanan dan stabilitas membuatnya selangkah lebih maju dari Windows. Tugas berat bagi Microsoft untuk membuat Windows 8 lebih baik.

Incoming search terms:

sistem operasi terbaik, mac os vs windows 7, mac vs windows, harga mac os x lion, os terbaik, windows 7 vs mac os x lion, mac atau windows, tampilan mac os x lion, mac os x lion vs windows 7, mac vs windows 7, download sistem operasi mac os, sistem operasi mac os, game operasi sorry you must register before using this feature!, artikel tentang sistem operasi komputer windows mac os, os x lion vs windows 7, windows 8, macbook pro terbaik, sistem operasi terbaik saat ini, windows 7 vs mac os, mac os vs windows, apa perusahaan membuat mac os x

21 thoughts on “Sistem Operasi Terbaik: Mac OS X Lion VS Windows 7

  1. Kristianto says:

    Info yang bagus Bro.
    Amat berguna bagi mereka yang masih memilih Mac atau Windows, sebab keduanya sama2 memiliki kelebihan dan kekurangan.
    Saya pengguna Mac dan Windows, namun saya lebih dominan di Mac.
    Terima kasih

  2. inget aja beli yang mahal jangan yang gratis bajakan

  3. Pengen nyoba Mac, sayangnya Mac eksklusif hardware apple yg harganya mahal…

  4. Gw baru pake mac box pro dgn OS X lion…(mau up grede ke Mountain Lion)
    kayaknya laen banget…masuk ke kelas exsecutif gitu lho…enggak pasaran,…

  5. Kevin Samara says:

    Wow… Untuk memory sich… Mac Os lebih irit… Kalo Mac Os cuma 20 gb…

    Admin, mw nanya cara buat sidber bergerak tuch gmana ya thx…

  6. yang paling baek ya yang sesuai kebutuhan dan daya beli, jangan kata os, sendal jepit juga beda2….
    pis ah…..V

  7. wehhh wehhh Gila :D reviewnya panjang dan Hampir Komplit..
    memang untuk keunggulan , dalam segi Operating System secara Singkat akan terlihat MAC OSX lah yang paling dan lebih baik ,
    tapi dalam kenyataannya akan berbanding terbalik ..

    1. System Pengaplikasian Operasi :

    MAC selalu dan cenderung untuk mendapatkan Aplikasi , harus berbayar dan ternyata MAC OS x lebih banyak BUG atau Kelalaian dalam Pengoperasian apilkasi , contoh nya Kernel Panic , dan inilah kelemahan dari OSX yaitu Kernel ,

    Pada Windows kernel hanya digunakan untuk menhyokong system saja dan tidak berpengaruh besar pada semua aplikasi, bahkan Kernel hanya difungsikan untuk Networking.
    2. Mac OSx dalam setiap setiap software tidak efisien dalam SIze dan ukuran , intinya MAC OSX selalu membutuhkan DISK SIZE yang lebih besar karena File APlikasinya cenderung tidak Kompleks dan tidak High Efeicient, intinya tidak efisien.

    3. Update : mac OS tidak seefisien Windows apabila dalam melaukan Update, seperti halnya Windows dalam melakukan Update bisa dijadwalkan dan dapat dilakukan Otomatis , serta dalam Penginstallannya Mudah dari pada mac OSx..

    4. Installing dan Module : penginstallan MAC OSX membutuhkan keahlian yang super dan duper khusus bahkan untuk command prompt sangat sulit dipahami untuk Seorang pengguna Komputer.

    5. Pengoperasian dan Management serta Tekhnologi :

    Windows je;as menang dalam hal ini , malah jauh , Macd OSX tidak selalu dan setiap hari melakukan penyempurnaan berkala kepada konsumen, tekhnologipun hanya dikembangkan oleh beberapa kalangan saja, sedangkan windows, dalam setiap harinya pasti ada , update terbaru , BUG FIXED from WIndows Developer ,dan Dalam pengoperasian management dll, Windows memberikan sebuah kemudahan kepada Konsumen , tidak diperlukan keahlian yang benar khusus dalam menjalankannya,

    6. Tampilan : kalau saya bilang tampilan sekilas menang MAC OSX , tapi OSX hanya berbatas pada itu itu saja , sulit untuk rearrange Display nya..
    sedangkan Windows memberikan kebebsan kepada pelanggannya untuk dapat memodifikasi Sysytem dan operasi itu sendiri sehingga memberikan kepuasan kepada pelanggan ..

    Berarti Windows Unggul :

    14 Poin :D
    hehehehehe..

    dan 1 lagi untuk masalahg security sebenarnya Windows Seven lebih Unggul , seperti Contoh WINDOWS DEFENDER and BITLOCKER nya, tapi dalam kenyataannya Windows cenderung sering terkena VIRUS < << kenapa?

    karena programmer dan pencipta Virus lebih Fokus pada Windows , Karena WINDOWS telah Merajai OS di Dunia, dan Mayoritas pengguna Komputer sebanyak kurng Lebih 70% di Kuasai oleh Windows.

    coba kalau yang berada di posisi mayoritas adalah MAC OSX pasti, Virus MAC OSX akan Banyak Terseba, Mac OSX juga hanya Punya 1 perlindungan saja..

    WINDOWS DEFENDER + USER ACCOUNT CONTROL = PERLINDUNGAN GANDA !!

    dan LINUX <<

    saya sedikt memprediksi ketidak tertarikan terhadap LINUX :

    Untuk Display LINUX kurang MAKSIMAL , dan LINUX dalam Networking harus bekerja Lebih Maksimal, karena yang digunakan adalah software OPen source , jadi rata2 penggunaaanya ada Limit dan batasnya.

    1 lagi, Untuk segala macam setting LINUX sangat di beratkan pada banyak pilihan yang sulit, yaitu SSH/Command PRompt.

    dan serta untuk penataan File System Serta Penempatan Drive dan Organizing Filenya sangat disibukkan Dengan Keanehan dan penempatan yang tidak teratur ,

    Untuk Software nya rata2 harus dibutuhkan Koneksi Internet, sya pernah punya pengalaman pribadi mnggunakan LINUX selama 1 tahun lebih wal hasil kembali Ke WINDOWS ,bagaimana tidak karena untuk mengaplikasikan sesuatu atau operasi saja dibutuhkan Waktu dan pikiran ekstra, bagi kaum awam seperti saya :D hehehe
    Internet? gimana mau Ambil Software , sedangkan Detek Modem aja kagak Bisa , mau Browsing Putus mulu , gara2 Update Softwarenya Otomatis , dan dimana tempat mau eksekusi Update tersebut :P

    ya Windows lagi deh :D
    Voliaaaa .. !!!!!!!!! :D hahaha

    WINDOWS numero Uno m, efisien , Easy and Most Compatible

    thanx sob wkwkwkwkw

    • “LINUX dalam Networking harus bekerja Lebih Maksimal, karena yang digunakan adalah software OPen source, jadi rata2 penggunaaanya ada Limit dan batasnya”

      LOL……………

      dalam hal networking gua acungin jempol buat LINUX, gratis dan lebih powerfull…

  8. rudi setiakawan says:

    memang sulit untuk mengakui mana yang terbaik.

    UI mac lebih menarik dan atraktif
    UI windows memang tidak atraktif, tapi mudah dan simple untuk diterapkan semua orang.
    soal keamanan data, windows harus tunduk dengan eklusifitas mac os yang sangat tertutup.
    tapi soal format dokumen, windows lebih universal dengan ms. office-nya.
    dan untuk program aplikasinya, mac os users patut bangga karna semuanya asli.
    pengguna windows juga bisa senang, karna bisa menikmati program aplikasinya banyak yang bisa di nikmati tanp harus membeli ynag asli, yaitu cukup di crack saja.
    dan banyak lagi ..
    kalau aku milih keduanya heheheheheeeeeeeeeeeeeeeeeeeee….

  9. Kaga setuju kalo Safari dikalahin sama IE, safari lebih keren :D

    • Memang bener bro..safari 5.1 masih kalah performnya dg IE-9, namun jika dibanding dg Safari 6.2 sudah mengejar kekalahn itu sehingga skrg bersaing dg IE 10 di win8
      sejauh ini ane mash nyaman make safari 6.2 lebih speed.

  10. Kalo gw kan Gamers beratt,, jadi gw memang paling suka ma Windows,, agar menambah keringanan bermain game nya gw pake Win.XP aja,, cz hgampir smua game masuk ke Win.Xp.

  11. gan coba compare ama windows 8

  12. saya pengguna kedua os ini,saya lebih suka mac os x dan terkadang juga menggunakan windows,saya rasa mac memang lebih unggul,tapi ya buat nggame cuma dikit,menurut saya terserah pengguna,,

  13. windows 7 lover says:

    linuc maksudnya linux!
    hehehehehe

    • dah pernah pake linux? linux skrg easy to use kok. cobain mandriva,, ya…11-12 lah ma win7. cman untuk game ga recommended. n menurut ane di windows terbaik itu win 8 consumer 64bit. win 7 bentar lgi juga senasib ma win xp.

      • Yosh,, linux…
        lebih indah dari mac, lebih cepat dari windows…
        mudah dan sesuai keinginan, mau yg tampilannya keren ada (desktop GNOME).. mau yang ringan & modern? bisa (desktop LXDE & XFCE), mau oprek sendiri? jelas dong, linux kan open source
        dan yg penting gratis :D :D
        #sales Man

  14. windows 7 lover says:

    gila aja masak windows kalah sama mac os!
    ya menang windows kemana-mana bro!
    windows bisa melakukan tampilan dan fungsi mac! bahkan bisa lebih baik!
    punya saya bisa pakai skinpack xbox, backgroud folder, video walpaper, rocket dock, dll. saya bisa bebas mengganti tampilan windows!
    orang yang buta teknologi saja yang menganggap mac os, or linuc lebih bagus dari windows!
    lihat tampilan windows saya:
    http://www.4shared.com/photo/uxvsMj2h/skin.html
    http://www.4shared.com/photo/S19KVZkQ/interface.html
    http://www.4shared.com/photo/gVYmxXee/internvace.html

    ne browser scornya:
    http://www.4shared.com/photo/w6XnZdfR/browser_scor.html
    http://www.4shared.com/photo/tGMi9SJ9/iphone-4.html

    • gw dulu penggemar windows,, tpi gw skrg dah naek level ke mac. gile windows gw kena hack mulu,, itu yg ori. palagi yg bajakan… parah bgt deh,, dah coba win 8 ttp aja ga memuaskan masih jauh di banding mac os x lion. cobain dulu ente install mac os baru comment. windows tuh diukur bkn dari tampilanx doang bro… palagi pake skin!! apa tuh skin?? ga level bgt nyedot memori iya.

    • Menurut saya, klasifikasi tersebut diatas adalah logika dan berdasarkan real, sy melihat penilaian antara mac dan win tidak memihak ataupun pro manapun! selanjutnya terserah kepada pengguna, kl komentar anda sy liat hanya mengandalkan pro dan sebatas penilaian pribadi bukan penilaian secara teknikelnya.
      kl toh win bs menjlnkan aplikasi mac itu krn win mau tdk mau hrs memaksa utk bs menjalankan fasilitas win, utk menutupi kekurangan2 yg ada pada win. secara logika, berarti mac adalah aplikasi yg tdk bisa dg mudah mengadop os lain dan tetap pada prinsip bertahan pada kualitas mac sendiri, artinya “Biarkan fasilitas di Mac diterapkan di OS lain tapi Mac tdk mau menerapkan OS lain ke Mac. itulah prinsip Pionner” dan kl saya liat Win 8 sendiri juga mengadop style2 nya mac” dan harus di akui itu “Terima Kasih.

  15. untuk tampilan , saya lebih suka sama Windows 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>