Tips Hemat Baterai Android

Tips Membuat Baterai Android Tahan Lama

Tips hemat baterai Android sangat penting kita ketahui, mengigat sekarang makin banyaknya aplikasi yang kita pakai di tablet / ponsel android kita. Entah itu untuk main game, membuat laporan, membuat email atau sekedar berinternet ria. Kalo baterai android kita cepat habis, pasti suasana hati menjadi bete. Tips hemat baterai Android akan memberikan tips-tips agar baterai Android bisa hemat dan daya tahannya lebih lama.

Ketika Anda membaca email, mengatur kalender, surfing web dan bermain Angry Birds pada ponsel Android Anda, Anda pasti berharap baterai Anda tetap hidup. Kami telah menemukan tips membuat baterai Android tahan lama, semoga bisa membantu Anda.

Tips Hemat Baterai Android

Berikut ini tips menghemat baterai Android agar baterai Android Anda lebih awet:

1. Matikan Data Roaming
Tidak semua orang tinggal di daerah yang mempunyai coverage sempurna. Jika Anda sering bepergian ke daerah yang sinyalnya lemah, kadang-kadang Android Anda akan menuju mode roaming, yang menggunakan daya yang lebih. Jika Anda dapat hidup tanpa email dan update jejaring sosial sementara, non aktifkan fitur di bawah Settings > Wireless Networks > Mobile Networks. Kemudian hapus centang Data Roaming.

2. Use Packet Data Seperlunya
Di beberapa daerah yang dii luar coverage area dari provider Anda, sebaiknya Anda matikan packet data, untuk meminimalkan pengunaan data yang berlebihan. Masuk ke Settings > Wireless Networks > Mobile Networks. Kemudian hapus centang Use Packet Data.

3. Gunakan signal 2G
Packet data 3G memang kecepatannya lebih tinggi dari pada koneksi 2G, tapi koneksi 3G di Indonesia masih sangat terbatas, membuat Android anda sering berpindah-pindah antara 2G dan 3G. Hal ini akan membuat baterai gadget Android anda cepat habis. Karena itu, jika anda tidak memerlukan kecepatan data, gunakan 2G saja. Masuk ke Settings > Wireless Networks > Mobile Networks, pilih Use Only 2G Network. Dijamin baterai droid Anda akan lebih awet dan bertahan lama.

4. Menonaktifkan atau mengubah frekuensi auto sinkron
Aplikasi untuk update di web, seperti email, jejaring sosial, cuaca dan berita akan membuat baterai cepat habis. Pengguna dapat mematikan auto sinkron dan memilih untuk update secara manual: Settings > Accounts & Sync. Hapus tanda centang Background Data untuk menonaktifkan data Google yang otomatis dan hapus centang Auto Sync untuk semua aplikasi lainnya.

Jika ini terlalu berlebihan, cobalah menurunkan frekuensi sinkronisasi dari akun pribadi dan aplikasi.

5. Mematikan haptic feedback
Haptic feedback kadang-kadang sangat berguna dan menyenangkan, tapi dapat mengurangi daya tahan baterai Android, terutama jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengetik. Jika Anda tidak memerlukan fitur ini, matikan getaran untuk keyboard pada layar saja atau semuanya.

Untuk mematikan getaran keyboard , lihat di bawah Language & Keyboard di menu Main Settings, dan hapus centang pada Vibrate on Keypress, Vibrate When Typing atau pilihan-pilihan yang serupa. Untuk mematikan haptic sama sekali, di bawah Settings > Sound (atau Sound & Display) > Haptic Feedback.

6. Menghapus Widget
Widget memberikan akses cepat ke player control, informasi status baterai telepon Anda, cuaca atau waktu. Tetapi beberapa widget memerlukan daya yang besar dibanding yang lain, terutama jika tersambung dari web. Gunakan aplikasi battery monitor untuk melihat widget mana yang memakai daya paling besar di telepon Anda dan menghapusnya. Untuk menghapus widget, tekan ke bawah sampai mincul bin di bagian bawah layar kemudian drag dan drop.

7. Jangan membiarkan Wi-Fi dalam posisi idle
Untuk menjaga baterai Andorid tidak terkuras saat ponsel dalam posisi idle, ubah Wi-Fi Sleep policy to Never di bawah Settings > Wireless & Networks > Menu > Advanced.

Apakah Anda memiliki tips hemat baterai Android yang lain? Silahkan sharingkan melalui komen dibawah ini.

Tagged with 

One thought on “Tips Hemat Baterai Android

  1. Android update says:

    boleh nih di coba,
    sapa tahu majur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>