Tips memilih komponen pada laptop

Spesifikasi laptop dapat sangat bervariasi tergantung pada kebutuhan anda pada suatu laptop. Banyak vendor laptop yang memproduksi berbagai varian laptop dengan spesifikasi yang berbeda-beda pula. KIta sebagai konsumen haruslah jeli untuk menentukan laptop mana yang mempunyai komponen-komponen terbaik dengan harga yang paling oke. Pada ulasan kali ini kami akan menonjolkan bagian komponen paling penting yang akan berpengaruh besar pada sebuah laptop. Dan anda dapat mengerti lebih jauh lagi seberapa kemampuan tiap-tiap komponen yang ada pada spesifikasi suatu laptop untuk memberikan kenyamanan berkomputer bagi anda.

 

Processor

Pada sebuah CPU (Central Processing Unit), processor dapat dikatakan sebagai otak dari sebuah komputer. Merupakan bagian paling penting yang mempengaruhi keseluruhan kinerja komputer. Pada laptop terdapat cukup banyak varian dan jenis processor menurut pada segmen-segmennya masing-masing baik ditinjau dari segi performa sampai ketahanan baterai. Tabel yang kami sajikan dibawah ini dapat membantu anda untuk melihat prosessor-prosessor yang paling sering dipakai pada laptop, yaitu varian AMD dan Intel.

Tabel dibawah ini merupakan perbandingan performa dan ketahanan baterai secara relatif dari berbagai varian processor AMD dan Intel. Perbandingan ini bukan merupakan perbandingan keseluruhan dari performa dan ketahanan laptop, karena masih banyak faktor yang menentukan performa dan ketahanan laptop seperti display, baterai, dan optimisasi lainnya.

 

Processor Notebook type Performance Battery life Price
AMD Turion 64 All types
AMD Turion 64 X2 Dual Core All types
Intel Celeron M Ultraportable and mainstream
Intel Core 2 Extreme Desktop replacement
Intel Core 2 Duo All types
Intel Core Duo All types
Intel Core Solo Ultraportable
Intel Pentium M Ultraportable and mainstream
Mobile AMD Sempron mainstream

 

Memory

Pada setiap komputer memiliki beragam jenis physical memory atau sering disebut dengan RAM (random access memory). Pada area inilah komputer menjalankan aplikasi maupun datanya. Untuk mengetahui seberapa kebutuhan standar RAM yang anda butuhkan pada laptop, mudah saja, anda tinggal melihat sistem operasi apa yang tertanam pada laptop anda. Untuk Sistem Operasi Windows Vista atau Mac OS X kami menyarankan RAM dengan kapasitas 1GB (2GB lebih baik), sementara untuk sistem operasi selain itu rata-rata RAM dengan kapasitas 512 MB sudah cukup memadai.

Jika anda merencanakan membeli laptop untuk pemakaian jangka panjang, anda perlu memperhatikan apakah laptop yang akan anda beli tersebut mempunyai akses yang mudah ke slot memori atau tidak. Karena pada umumnya komponen yang paling sering di upgrade untuk pertama kali adalah RAM. Jadi kemudahan upgrading RAM pada laptop anda harus mendapatkan perhatian lebih sebelum anda memutuskan untuk membeli laptop baru.

 

Display size

Tidak seperti desktop jenis lama yang masih menggunakan monitor CRT (cathode-ray tube), saat ini laptop sudah menggunakan teknologi LCD (liquid crystal displays) yang lebih tipis namun dengan performa yang jauh lebih bagus. LCD pada laptop berkisar rata-rata antara 7inch sampai 20inch. Besar kecilnya ukuran layar, akan sangat berpengaruh pada berat laptop tersebut. Untuk ukuran normal, banyak konsumen memilih ukuran 14,1 inch atau sedikit lebih besar, karena menurut mereka resolusi 1024×768 paling nyaman berada pada ukuran layar tersebut.

Namun saat ini teknologi display laptop telah berkembang cukup pesat, dan LCD laptop mulai berangsur berkurang penggunanya. Saat ini teknologi LED backlights lebih sering di adopsi oleh banyak varian laptop tipe terbaru. Karena LED backlights menyajikan display yang lebih terang, berkualitas, dengan berat yang lebih ringan, dan lebih menghemat pemakaian baterai. Walaupun LED backlights harganya lebih mahal daripada LCD, saat ini hampir semua vendor laptop telajh bermigrasi dari LCD ke LED backlights.

Incoming search terms:

komponen laptop, laptop hp terbaru, perbandingan laptop, harga komponen laptop, Jenis Processor Laptop, perbandingan laptop toshiba dan acer, komponen-komponen laptop, komponen komponen laptop, komponen leptop, laptop dengan spesifikasi terbaik, komponen dalam laptop, spesifikasi laptop terbaik, komponen pada laptop, mborong com

8 thoughts on “Tips memilih komponen pada laptop

  1. info menarik…thanks ijin sharing ya

  2. mcm ner nk thu komponen2 yg terdapat dlm laptop dan nk huraikan nye

  3. Sewa Laptop says:

    Tips yg bagus!!!!

  4. begini laptop saya kemarin saya instal dgn win.xp
    ketika mo booting ram tu bunyi….tetapi setelah selesai instal….
    saya hidupkan ram tu bunyi terus}bagaimana saya harus mengatasinya
    tolong bantu saya yeaaaa!!!!!!!

  5. makasih infonya…ngebantu banget, klo ada informasi tentang laptop lagi kirimin ya ke email saya, kebetulan gi cari laptop yg murmer and ok performancenya, di tunggu bro….

  6. Agus Wijaya says:

    trim’s :)informasinya…, saya bertanya, bagaimana cara memilih processor baru nd bekas yg diperbaharui ??

  7. Um..
    apakah sama antara core 2 solo dengan core duo?
    terimakasih

  8. makasi atas informasinya….
    klo bisa kirimkan ke e-mail aq dong jika ada perkembangan terbaru…….
    ok bro…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>