Tips Memilih Printer

Tips Memilih PrinterTips memilih printer. Memilih printer yang tepat bisa jadi sulit, karena begitu banyak variasi dalam fitur yang tersedia dan hampir semua printer mempunyai kombinasi variasi tersebut. Berikut adalah beberapa tips memilih printer untuk membantu Anda memilih printer sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kategori printer apa yang Anda perlukan?
Ada tiga cara paling efektif untuk mengkategorikan printer yaitu berdasarkan tujuannya (umum atau khusus), penggunaan (rumah atau kantor) dan teknologi. Tentukan kebutuhan Anda sesuai dengan ketiga kategori tersebut, dan Anda akan menemukan printer yang tepat.

Tujuan umum printer adalah untuk mencetak teks, grafis dan foto. Sedangkan tujuan khusus printer  termasuk printer portabel, digunakan untuk mencetak foto dan label. Jika Anda sedang mencari printer untuk mencetak, misalnya foto, pertimbangkan apakah Anda ingin mencetak foto saja atau ingin printer yang dapat mencetak jenis lain.

Tujuan umum printer cenderung berfokus pada foto jika printer dimaksudkan untuk digunakan di rumah atau teks jika dimaksudkan untuk kantor. Sejumlah printer multifungsi dimaksudkan untuk peran ganda yaitu untuk printer rumah dan printer kantor (terutama untuk home office), tetapi pada umumnya mendukung satu peran atas yang lain. Pertimbangkan untuk di mana Anda menggunakan printer dan pilih printer yang dirancang untuk peran itu.

Kategori ketiga adalah teknologi, laser dan inkjet semakin tumpang tindih dalam kemampuan, namun masih ada perbedaan. Yang paling penting bahwa semua printer laser ( printer jenis laser dengan tinta solid dan printer berbasis LED) mencetak teks berkualitas tinggi dibandingkan inkjet apapun, dah hampir semua inkjet mencetak foto berkualitas tniggi dibandingkan laser. Tanyakan kepada diri Anda apakah teks atau foto yang lebih penting dan pilih teknologi yang sesuai.

Apakah Anda butuh printer dengan fungsi tunggal atau printer multifungsi?
Pertimbangkan apakah Anda hanya perlu untuk mencetak atau membutuhkan sesuatu yang lebih. Misalnya untuk printer foto, kemampuan tambahannya bisa cukup memori untuk menyimpan ratusan foto, sehingga Anda bisa membawa printer dengan Anda, menampilkan foto Anda kemudian mencetaknya.

Printer untuk keperluan umum, kemampuan tambahan berarti memilih printer multifungsi atau juga dikenal sebagai All In One. Fungsi tambahan termasuk scanner, menyalin, fax dari PC Anda, fax mandiri dan scan ke email. Printer kantor juga biasanya menambahkan Automatic Document Feeder (ADF) untuk meng-scan dokumen dengan banyak halaman dan halaman ukuran legal.
Beberapa printer multifungsi juga menawarkan pilihan tambahan untuk pencetakan. Printer web diaktifkan, baik model di rumah dan kantor, dapat terhubung langsung ke internet melalui WiFi untuk mengakses dan mencetak konten yang dipilih tanpa perlu untuk bekerja melaui komputer. Beberapa model memungkinkan dokumen email terhubung ke printer, yang kemudian akan mencetak mereka.

Apakah anda benar-benar membutuhkan warna?
Untuk printer rumah Anda mungkin perlu warna. Tapi untuk sebuah printer kantor, jika Anda tidak pernah mencetak apa pun kecuali surat-surat dan dokumen monokrom, tidak ada alasan untuk menghabiskan uang pada warna. Perlu diingat, bagaimanapun banyak warna laser dapat mencetak pada kualitas cukup tinggi untuk mencetak handout iklan Anda sendiri. Yang dapat menghemat uang dibandingkan mencetak dalam jumlah kecil di toko cetak.

Ukuran printer
Pastikan Anda memilih ukuran printer sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda hanya perlu untuk mencetak dokumen, printer dengan ukuran kecil sudah cukup.
Koneksi apa yang Anda gunakan?
Selain port USB, sebagian besar printer kantor dan beberapa printer rumah menggunakan port Ethernet, sehingga Anda dapat berbagi printer dengan mudah. Banyak juga yang memiliki kemampuan Wi-Fi. Bahkan sekalipun mereka tidak memiliki jaringan Wi-Fi, jika Anda memiliki akses wireless pada jaringan Anda, Anda dapat mencetak secara nirkabel ke printer yang terhubung dengan jaringan tersebut, apakah printer itu sendiri menawarkan koneksi nirkabel atau tidak.
Kualitas hasil cetakan apa yang Anda perlukan?
Printer memiliki kualitas output atau hasil cetakan yang berbeda-beda. Baik teks, grafiks dan foto bisa berbeda, karena kualitas tinggi untuk satu jenis output tidak selalu berarti kualitas tinggi untuk yang lain.

Kecepatan cetak printer
Jika Anda hanya sering mencetak satu atau dua halaman, Anda mungkin tidak perlu printer yang cepat. Namun jika Anda mencetak banyak dokumen, kecepatan yang lebih penting, yang berarti Anda mungkin ingin sebuah printer laser. Printer laser mengklaim bahwa mereka sangat cepat dalam mencetak dokumen teks dan tidak memerlukan banyak waktu pemrosesan. Printer inkjet sering mengklaim mereka lebih cepat dari laser yang lebih mahal.

Berapa banyak Anda mencetak?
Jika Anda mencetak hanya beberapa halaman sehari, Anda tidak perlu khawatir tentang berapa banyak printer di rancang untuk mencetak. Perkirakan berapa banyak dan seberapa sering Anda mencetak. Kemudian pilihlah printer yang dirancang untuk mencetak banyak dan sering.
Pertimbangkan juga ukuran kertas minimum dan maksimum dan apakah Anda memerlukan duplekser untuk mencetak pada kedua sisi halaman.

Berapa biayanya?
Yang terakhir, pastikan untuk memeriksa total biaya kepemilikan. Total biaya kepemilikan ini berfungsi agar Anda dapat mengetahui apakah printer yang akan Anda beli irit atau tidak dan seberapa efisien dalam mencetak. Untuk mendapatkan biaya total kepemilikan, menghitung biaya per tahun untuk setiap jenis output (monokrom, dokumen warna, foto) dengan mengalikan biaya per halaman untuk jenis output dengan jumlah halaman tersebut Anda mencetak per tahun. Tambahkan tiga jumlah yang sama untuk mendapatkan total biaya per tahun. Kemudidan kalikan dengan jumlah tahun yang Anda harapkan untuk memiliki printer dan menambahkan biaya awal printer. Bandingkan biaya total kepemilikan tiap printer untuk mengetahui printer termurah dalam jangka panjang.

Incoming search terms:

tips memilih printer, memilih printer, tips membeli printer, cara memilih printer, pilih printer

Tagged with 

5 thoughts on “Tips Memilih Printer

  1. Untuk usaha cetak foto digital print apa yang bagus dan punya kwalitas hasil cetak yang tahan lama?

  2. [...] Anda mengalami kesulitan untuk memilih printer inkjet yang cocok untuk Anda, Anda dapat membaca Tips Memilih Printer yang telah kami ulaskan beberapa waktu lalu. Pada artikel kali ini kami akan memberikan daftar 5 [...]

  3. Cukup terbantu untuk memilih printer yang akan dibeli.. Tapi kalau ada review produk yang lebih spesifik Mantab Banget nih…

  4. Jika ada review mengenai satu-dua atau beberapa merek printer yang direkomendasikan sebagai referensi, apalagi dengan acuan harga, wah… pembaca akan sangat terbantu. Saya intip review Anda tentang review printer (?) Epson ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>