Tips Mengatur Waktu Antara Kerja dan Online

Tips Mengatur Waktu Antara Kerja dan Online - Dunia maya menawarkan hiburan yang tak terbatas, ada beragam sumber hiburan yang dapat kita temukan di dunia maya mulai sosial media, berita, video, gambar, musik hingga obrolan. Kesemua fitur layanan tersebut menawarkan hiburan yang tidak pernah berhenti, 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, sepanjang hari sepanjang tahun. Ditambah lagi saat ini ketersediaan jaringan internet yang semakin luas semakin memudahkan akses layanan-layanan tersebut sehingga sedikit banyak dapat mengancam produktifitas kerja kita.

Percaya atau tidak kita telah mengorbankan waktu produktif kita di dunia nyata demi eksis di dunia maya. 5 menit sekali perhatian kita teralihkan dari pekerjaan karena adanya notifikasi facebook, BBM, Twitter, atau email atau bahkan sekedar mengupdate status media sosial. Kebiasaan tersebut dapat mengurangi produktifitas kita sebagai makhluk yang harus bekerja dan mengembangkan diri baik karir maupun bisnis. Diperlukan langkah konkrit berupa Tips Mengatur Waktu Antara Kerja dan Online sehingga tercipta keseimbangan antara keduanya.

Nah, berikut ini adalah 5 tips mengatur waktu antara kerja dan online:

Tips Mengatur Waktu Antara Kerja dan OnlineBuatlah To Do List Setiap hari

Siapkan sebuah buku atau stiker yang dapat Anda tempel di depan komputer atau meja kerja, di mana Anda telah membuat sebuah daftar kerja yang harus Anda selesaikan pada hari itu. Susun daftar kerja berdasarkan prioritas dan berikan tenggat waktu sehingga setiap list akan memperoleh porsi sesuai dengan tingkat kepentingan dan juga beban tugas. Selalu selesaikan daftar kerja yang Anda buat, pastikan pula bahwa daftar kerja tersebut masuk akal dan mampu Anda lakukan, namun demikian meningkatkan produktifitas dengan memberikan beban yang lebih juga merupakan tindakan yang positif.

Matikan Nofitikasi Tidak Penting

Untuk beberapa saat, lebih tepatnya saat Anda bekerja matikan berbagai macam notifikasi yang dapat mengalihkan perhatian Anda seperti BBM, notifikasi chat facebook, new yahoo messenger buzz, atau notifikasi lain yang bersifat live dan dapat mengganggu konsentrasi Anda walaupun hanya 30 detik. Karena kehilangan 30 detik pada saat performa kerja Anda dalam keadaan maksimal akan menghilangkan fokus dan irama kerja Anda.

Tips Mengatur Waktu Antara Kerja dan Online

Hentikan Kebiasaan Menunda-nunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan bukanlah ciri khas seseorang yang siap menggapai sukses. Ingatlah bahwa pencapaian sebuah pekerjaan hanya dapat dijangkau dengan keberhasilan melakukan pekerjaan item demi item. Menunda pekerjaan-pekerjaan kecil justru akan membuat pekerjaan Anda semakin besar dan lebih berat. Apalagi jika menunda pekerjaan hanya karena harus membalas email teman lama Anda. Yakinlah, dia akan memahami posisi Anda saat ini.

Berhentilah Merasa Tidak Bisa dan Mengecilkan Kemampuan Diri

Sebagian dari diri kita cenderung berpikir negatif dan mengerdilkan diri sendiri ketika menghadapi suatu pekerjaan yang “terlihat” sulit sehingga mencari pelampiasan lain dengan memilih melakukan kegiatan yang kita sukai. Misalnya ketika harus mengerjakan pekerjaan rumah pelajaran Fisika yang notabene tidak kita sukai, pengalihan yang paling mudah dan paling sering dilakukan adalah bermain game, browsing, dan membuka aplikasi obrolan dan mencoba melupakan pekerjaan rumah yang memberatkan pikiran. Hindari dan berhentilah merasa tidak mampu karena merasa “melihat” tugas tersebut berat.

Berikan Waktu Khusus untuk Online

Bekerja secara produktif bukan berarti benar-benar melupakan dunia maya, bagaimana pun juga dunia maya merupakan tempat terbaik melepaskan lelah dan mendapatkan update informasi. Namun, memang porsinya harus dikendalikan dan diseimbangkan. Untuk itu, aturlah waktu terbaik untuk Anda berada di dunia maya, tentu saja dengan batasan yang jelas, prioritas kerja yang tidak duakan dan tidak lupa daratan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>